Connect with us

Hot Topic

Jaksa Tuntut Benny Tjokro Hukuman Seumur Hidup

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Jaksa Penuntut Umum menuntut Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro dengan pidana penjara seumur hidup. Tak hanya itu, Benny juga dihukum membayar denda Rp 5 miliar subsider 1 tahun kurungan.

Jaksa menilai Benny terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) atas kasus pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya.

“Menghukum terdakwa Benny Tjokrosaputro dengan pidana penjara seumur hidup,” ucap Jaksa Roni saat membacakan amar tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (15/10) malam.

Baca juga: Mantan Direktur Utama Jiwasraya Hendrisman Dituntut 20 Tahun Penjara 

Selain itu, jaksa juga meminta agar majelis hakim yang mengadili perkara ini menghukum Benny dengan pidana uang pengganti senilai Rp 6.078.500.000.000,00. Jika tak dibayar dalam waktu satu bulan setelah memperoleh hukuman tetap (inkrah), maka harta bendanya disita dan dilelang oleh jaksa untuk menutup uang pengganti.

“Jika terpidana dinyatakan bersalah dan dihukum pidana selain pidana seumur hidup atau mati dan Terpidana tidak mempunyai harta yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka akan diganti dengan pidana penjara selama 10 tahun,” kata jaksa.

Adapun hal-hal yang memberatkan Benny antara lain perbuatannya tidak mendukung program pemerintah dalam upaya memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Selanjutnya, perbuatan Benny bersama terdakwa lain juga telah menimbulkan kerugian negara yang sangat besar yaitu Rp 16,8 triliun, serta Benny tidak mengakui perbuatannya.

“Tidak ada hal yang meringankan,” tegas jaksa.

Benny Tjokrosaputro bersama-sama dengan lima terdakwa lain didakwa telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 16,8 triliun atas korupsi di tubuh PT Asuransi Jiwasraya.

Angka ini berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Investigatif dalam Rangka Penghitungan Kerugian Negara Atas Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi pada periode Tahun 2008 sampai 2018 Nomor: 06/LHP/XXI/03/2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Benny didakwa melanggar Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Benny juga didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) atas kejahatan yang telah diperbuatnya. Jaksa mengatakan uang yang diterima Benny dengan mengatasnamakan nominee.

Jaksa menuturkan, Benny berupaya menyembunyikan atau menyamarkan hasil kekayaan itu, di antaranya dengan membeli tanah di Maja, Kabupaten Lebak Banten, membayar bunga Mayapada, membeli saham dan membayar kepada nominee terdakwa Benny atas nama PO Saleh yang dikendalikan Jimmy Sutopo.

Selanjutnya pada 2015,  Benny membuat kesepakatan dengan Tan Kian selaku pemilik PT Metropolitan Kuningan Properti untuk pembangunan apartemen dengan nama South Hill, di Kuningan, Jakarta Selatan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Mendagri Imbau Masyarakat Tidak Mudik Peringati Maulid Nabi Muhammad

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengimbau masyarakat tidak mudik ke kampung halaman menjelang libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad yang jatuh pada Kamis 29 Oktober 2020.

Diketahui, pemerintah menetapkan cuti bersama pada 28 dan 30 Oktober 2020. Artinya selama tiga hari, mulai Rabu 28 hingga Jumat 30 Oktober, akan libur panjang.

“Tiga hari itu bisa berlanjut ke Sabtu Minggu, jadi libur panjang. Apalagi kalau ada yang ngambil cuti Senin dan Selasanya,” kata Tito dalam konferensi pers di Kantor Kemendagri, Selasa (20/10).

Mendagri Tito berharap masyarakat tidak perlu mudik. Masyarakat cukup berlibur di rumah saja atau melakukan liburan di daerahnya saja. Imbauan ini disampaikan untuk mencegah penyebaran covid-19 dari daerah ke daerah.

“Apalagi yang di Jakarta, tolong kalau bisa berlibur di tempatnya saja. Enggak usah pulang kampung. Kita beres-beres rumah dan beres-beres lingkugan. Apalagi berdasarkan prediksi BMKG nanti akan ada banjir, longsor dan itu sudah terjadi di beberapa hari belakangan,” kata Tito.

Namun, jika terpaksa melakukan mudik karena terdesak, Tito meminta masyarakat untuk melakukan Tes PCR atau Rapid Tes sebelum mudik. Pun selama perjalanan harus mematuhi protokol kesehatan dengan ketat supaya tidak ada penularan dari perjalan dan di tempat tujuan.

“Tapi saya mendorong PCR karena lebih akurat ketimbang rapid tes,” ujarnya.

Tito pun meminta kepala daerah menyiapkan sistem pertahanan untuk mengantisipasi jika ada pemudik yang datang. Alangkah baiknya, semua pemudik yang datang diminta hasil tes PCRnya.

“Kalau belum tes, keluarganya mendorong sebelum pulang kampung. Ini untuk keselamatan kita semua,” pungkasnya.

(HY)

Continue Reading

Hot Topic

Mendagri: Tidak Ada Korelasi Peningkatan Angka Covid-19 dengan Daerah yang Gelar Pilkada 2002

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menegaskan, tidak ada korelasi antara peningkatan angka Covid-19 dengan daerah yang melaksanakan Pilkada 2020. Bahkan, sejumlah daerah yang melakukan Pilkada turun satu tingkat dari zona Pandemi Covid-19.

“Beberapa daerah Pilkada yang tadinya zona merah berubah menjadi oranye. Kemudian yang oranye berubah menjadi kuning. Kungin menjadi hijau. Artinya penyelenggaraan pilkada yang dianggap jadi media penularan tidak bisa dibuktikan,” kata Mendagri dalam Konferensi Pers Webinar Nasional untuk pembekalan kepada Seluruh Pasangan Calon dan Penyelenggara Pemilu di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (20/10).

Tito menyampaikan, meningkatnya angka Covid-19 di suatu daerah tidak ada hubungannya dengan Pilkada. Namun, meningkatnya angka itu berhubungan dengan ketat atau tidaknya pemda menerapkan dan mengawasi protokol kesehatan.

“Jadi sepanjang daerah melakukan pilkada atau tidak, sepanjang protokol dilakukan secara ketat bisa menekan angka penyebaran,” katanya.

Bahkan, Tito menilai, Pilkada 2020 bisa menjadi ajang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya Covid-19. Dalam hal ini, calon kepala daerah bisa membagikan hand sanitizer dan masker gratis untuk masyarakat. Selain mempromosikan paslon tersebut, tindakan itu juga bisa meningkatkan kedisiplinan untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Sekarang banyak sekali pembagian masker dan hand sanitizer. Salah satu paslon di Sumbar membagikan masker sampai 1 juta dengan gambar paslon mereka. Ini jauh lebih efektif daripada baliho. Baliho statis. Tapi kalau masker masuk ke gang-gank, pasar, ke tempat ibadah. Jadi sebetulnya yang pakai masker dia, jadi ajang promosi juga. Banyak teman-teman paslon enggak sadar, ini efektif di tengah pandemi yang enggak bisa ngumpulin orang banyak,” pungkasnya.

(HY)

Continue Reading

Hot Topic

Disiarkan Langsung Lewat Zoom, UNJ Wisuda 1911 Mahasiswa

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mewisuda sebanyak 1911 mahasiswanya pada Selasa 20 Oktober 2020. Prosesi Wisuda itu disiarkan langsung melalui zoom dan channel resmi Youtube UNJ.

Dalam sambutannya, Rektor UNJ Komarudin mengucapkan selamat kepada para mahasiswa dan keluarga karena berhasil menyelesaikan studi di UNJ. Komarudin berharap, keilmuan mereka memberikan manfaat dan kontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Dengan gelar dan kompetensi yang diraih kami harapkan lulusan UNJ bisa terus berkarya memberikan manfaat dan kontribusi bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Komarudin dalam sambutanya dalam Wisuda Tahun Akademik 2019/2020.

Adapun 1911 mahasiswa yang diwisuda itu berasal dari jenjang D3 hingga S3. Untuk D3 sebanyak 1311 mahasiswa yang diwisuda. Kemudian, S1 sebanyak 1311 yang terdiri dari lulusan pendidikan sebanyak 1027 dan lulusan non pendidikan sebanyak 304.

“Kemudian, magister sebanyak 292 yang terdiri dari lulusan pendidikan sebanyak 253 dan non pendidikan sebanyak 39. Sedangkan S3 jumlah lulusan 232,” kata Komarudin.

“Atas nama UNJ, saya mengucapkan selamat kepada saudara-saudari para wisudawan. Saudara-saudari telah berhasil dengan baik studi di kampus ini. Pencapaian saudara adalah bukti kerja keras, dedikasi saudara tidak terlepas dari motivasi, doa, dan dukungan banyak pihak yang terlibat dalam kerja keras itu dan orang-orang tercinta,” pungkasnya.

(HY)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC