Lifestyle & Sport

Jangan Coba-Coba Maskeran Wajah Setiap Hari Kalau Tak Mau Begini!

Channel9.id-Jakarta. Hari Jumat lalu Kamu maskeran wajah. Lalu kemarin pun baru maskeran, dan hari ini Kamu mau maskeran lagi. Besok dan seterusnya, Kamu mau maskeran lagi.

Dengan maskeran setiap hari, Kamu berharap wajahmu bakal mendapat khasiat masker secara maksimal. Pun Kamu mengharapkan perubahaan yang cepat. Namun, alih-alih manfaat itu yang Kamu dapat, maskeran setiap hari ternyata berebahau bagi kulit wajahmu, lo. Untuk lebih jelasnya, coba simak ulasan berikut ini.

1. Kulit menjadi kering
Maskeran setiap hari bakal mengurangi minyak pada wajahmu. Mungkin memang ini yang Kamu harapkan, karena Kamu percaya tanpa ada minyak, maka masalah kulit bisa dihindari. Padahal tanpa minyak, kulitmu bakal bermasalah karena kulit kehilangan kelembabannya dan kering. Maka dari itu, Kamu sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan masker.

2. Wajah menjadi lebih berminyak
Selain itu, saat kulit kering karena kehilangan minyak, kulit wajah secara otomatis akan melembabkan kulit agar tak kekeringan. Skenario terburuk, kulit wajahmu bisa jadi lebih berminyak dan meningkatkan risiko terkena masalah kulit lain.

3. Berisiko menimbulkan jerawat
Jika Kamu tak membersihkan masker dengan sempurna dari wajah, sisa masker ini bisa menyumbat pori-pori. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat.

4. Iritasi kulit
Masker pada umumnya mengandung alkohol. Jika digunakan setiap hari, alkohol ini bisa membuat kulit iritasi. Sementara itu, jika sudah iritasi, kulit jadi rentan terkena masalah kulit lainnya.

5. Kulit jadi sensitif
Kulit lebih cepat menipis jika terlalu sering memakai masker. Kondisi ini bisa membikin kulitmu menjadi sensitif. Jika kulitmu sensitif, maka masalah kulit lainnya bisa muncul—seperti kulit kemerahan, mengelupas, dan beruntusan.

6. Penuaan dini
Sebelumnya sudah dikatakan bahwa maskeran setiap hari bisa membuat kulit kering. Nah, jika kulit tak mampu memproduksi keringat untuk mengembalikan kelembaban, risiko munculnya penuaan dini semakin meningkat. Jadi, kulit yang diharapkan jadi bersih dan sehat justru malah mengerut lebih cepat.

Itu dia efek maskeran setiap hari. Kamu sebaiknya menggunakan masker 1—2 kali dalam seminggu. Lebih dari itu, sebaiknya Kamu pertimbangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

7  +    =  13