Jangan Terlalu Lama Tidur Siang, Bahaya!
Lifestyle & Sport

Jangan Terlalu Lama Tidur Siang, Bahaya!

Channel9.id-Jakarta. Hayo, lo! Kamu baru bangun tidur siang? Kalau dihitung-hitung, Kamu sudah tidur siang lebih dari satu jam. Mungkin Kamu merasa ini tak masalah lantaran lelah akibat begadang atau sejak pagi banyak kegiatan. Bisa jadi, hal ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang.

Baca juga: Bahaya, Ini Nih Dampak Kurang Tidur Bagi Otak

Tapi, sebetulnya, apakah kebiasaan tidur siang dengan waktu lama itu aman bagi kesehatan? Jawabannya, tidak. Menurut penelitian dari Jepang, tidur siang terlalu lama, atau merasa sangat mengantuk di siang hari, berkaitan erat dengan meningkatnya risiko berbagai penyakit. Utamanya penyakit ini:

1. Diabetes tipe 2
Terlalu lama tidur siang atau sering merasa ngantuk di siang hari berhubungan dengan diabetes tipe 2. Tidur siang lebih dari sejam bisa meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 46%. Selain itu, merasa sangat lelah di siang hari juga menunjukkan tingginya risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 56%.

2. Penyakit jantung
Selain itu, tidur siang lebih dari sejam akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga 82% dan meningkatkan risiko kematian hingga 27% .

3. Sindrom metabolik
Terlalu lama tidur siang berkaitan dengan meningkatnya risiko sindrom metabolik, termasuk peningkatan tekanan darah tinggi, penumpukan lemak di perut, serta kenaikan kadar gula darah, kolesterol, dan trigliserida. Risiko ini akan meningkat bila seseorang tidur siang lebih dari 40 menit. Dikatakan pula bahwa mereka yang tidur siang 1,5-3 jam meningkatkan risiko terkena sindrom metabolik hingga 50%.

Meski demikian, para peneliti mengatakan masih perlu riset lanjutan untuk mengonfirmasi hasil penelitian ini. Ini untu memastikan apa keuntungan tidur siang singkat untuk jantung. Selain itu, perlu dipastikan juga apakah ada risiko penyakit lain karenanya.

Namun, The National Sleep Foundation sudah menarik kesimpulan, dengan merekomendasikan jangka waktu tidur siang terbaik yang bisa mengembalikan atau meningkatkan ketajaman performa ialah 20-30 menit.
(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10  +    =  14