Politik

Jokowi Tak Ingin Kaesang Maju Pilgub Jakarta, Begini Kata Zulhas

Channel9.id – Jakarta. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengaku sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas peluang Kaesang Pangarep maju dalam Pilgub Jakarta. Zulhas mengatakan, Jokowi tidak setuju jika Kaesang maju dalam Pilgub Jakarta 2024.

“Tadi saya tanya sama Bapak (Jokowi) habis rapat, ‘Pak, gimana kalau Kaesang maju wagub Jakarta?’. ‘Waduh’, gitu, ‘Jangan Pak Zul’, katanya,” ujar Zulhas di DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (3/6/2024).

Zulhas sendiri meyakini bahwa Kaesang adalah sosok yang tepat untuk memimpin Jakarta. Ia menyebut bahwa dibutuhkan pemimpin muda di masa sekarang.

Ia pun mengaku pernah mengusulkan Kaesang berpasangan dengan Zita Anjani sekitar satu tahun yang lalu.

“Kaesang kan anak muda, saya malah sudah pernah ngusulkan dulu, ‘Pak saya kan pernah ngusulkan dulu, setahun lalu, gimana Pak kalau Jakarta anak muda saja gitu kan, Kaesang’. Setahun lalu kalau tak salah,” tutur Zulhas.

Zulhas mengaku kembali bertanya kepada Jokowi soal peluang Kaesang maju dalam Pilgub Jakarta setelah adanya putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengubah aturan batas usia calon kepala daerah. Namun Jokowi, kata Zulhas, tetap bersikeras melarang Kaesang maju.

“Dulu kira-kira begitu. ‘Sekarang sudah bisa, Pak’ tadi saya bilang, iya terus siapa yang anu katanya gitu, yang apa itu yang gugat, gitu yah. ‘Sekarang udah boleh Pak, digugat’. ‘Jangan Pak Zul’, kira-kira itu,” sebutnya.

Kaesang sebelumnya digadang-gadang untuk maju sebagai cawagub Jakarta di Pilkada 2024 berpasangan dengan keponakan presiden terpilih Prabowo Subianto, Budi Djiwandono. Namun, Budi mengaku diminta Prabowo untuk meneruskan sebagai anggota DPR 2024-2029.

Kaesang dapat maju Pilgub lantaran MA telah mengubah ketentuan soal syarat usia calon kepala daerah. Semula minimal berusia 30 tahun terhitung sejak penetapan pasangan, menjadi setelah pelantikan pasangan terpilih.

Jika pelantikan dilakukan setelah Desember 2024, maka putra bungsu Presiden Joko Widodo ini memenuhi syarat untuk maju dalam Pilkada 2024. Kaesang baru akan berusia 30 tahun pada 25 Desember mendatang.

HT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10  +    =  15