Kamu Mungkin Tak Sadar, Ini Penyebab Berat Badan Naik Selama Puasa
Lifestyle & Sport

Kamu Mungkin Tak Sadar, Ini Penyebab Berat Badan Naik Selama Puasa

Channel9.id-Jakarta. Bulan puasa diyakini sebagai momen yang tepat untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, seseorang tak boleh makan dan minum sejak fajar hingga matahari terbenam, dan hal ini dilakukan selama sebulan penuh. Namun, alih-alih berat badan turun, timbanganmu malah bergeser ke kanan. Kok bisa?

Nah, bisa jadi Kamu punya kebiasaan yang tak disadari, namun ternyata buruk dan bisa membuat berat badan naik. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. Kurang tidur
Kurang tidur sering kali dikeluhkan oleh banyak orang selama bulan puasa. Ini karena mereka harus bangun dini hari untuk menyiapkan dan menyantap sahur. Hal ini tak hanya membikin seseorang rentan mengantuk, tetapi juga bisa menyebabkan berat badan naik. Pasalnya, saat kurang tidur, hormon ghlering yang memicu rasa lapar cenderung meningkat. Oleh karena itu, saat buka puasa tiba, Kamu cenderung makan lebih banyak karena lapar hebat.

Belum lagi, kurang tidur juga menyebabkan seseorang lebih memilih makanan berkalori tinggi (menurut Sleep Foudation). Jadi, itulah sebabnya kurang tidur bakal menyebabkan berat badan naik.

2. Tidur setelah sahur
Apakah Kamu bisa langsung tidur setelah sahur? Jika demikian, maka tak heran berat badanmu jadi bertambah. Berat badanmu bakal naik karena kalori yang baru saja Kamu dapatkan dari makanan tak digunakan, yang pada akhirnya malah menyebabkan penumpukan lemak. Nah, inilah yang membuat berat badanmu naik selama bulan puasa.

Sementara itu, kalau Kamu mau tidur lagi, sebaiknya beri jeda minimal dua jam antara waktu makan dan tidur. Pada waktu jeda itu, coba lakukanlah aktivitas lain seperti membaca atau beres-beres rumah. Kalau kiranya tak sempat tidur setelah sahur, Kamu disarankan untuk tidur siang sekitar 20-30 menit.

3. Malas bergerak
Tak makan dari fajar hingga terbenamnya matahari memang membuat tubuh lemas. Kamu pun merasa perlu membatasi diri untuk tak banyak beraktivitas agar bisa berpuasa dengan lancar. Misalnya, Kamu yang biasanya olahraga jadi berhenti melakukannya. Padahal tak banyak aktivitas malah membuat berat badan naik, karena kalori yang Kamu dapat malah menumpuk jadi lemak. Untuk mencegah hal itu terjadi, Kamu bisa berolahraga intensitas ringan dan melakukannya di sore hari menjelang buka puasa.

4. Makan berlebihan
Kelebihan kalori menjadi faktor utama penyebab berat badan naik. Dari sekian banyak jenis makanan, kalori paling banyak ditemukan pada makanan tinggi gula dan makanan tinggi lemak. Nah, jenis makanan ini banyak dikonsumsi di waktu bulan puasa, seperti kolak pisang, es buah, dan sebagainya. Belum lagi, jika dibarengi dengan konsumsi makan berat. Asupan kalori jadi lebih banyak.

Jika kalori itu tak dibakar menjadi energi, tubuh akan menyimpannya sebagai lemak dan menyebabkan berat badan naik.

Itulah berbagai penyebab yang mungkin tak Kamu sadari jadi kebiasaan selama bulan puasa, yang malah membuat berat badan naik. Jika Kamu tak ingin hal ini terjadi, sebaiknya hindari kebiasaan buruk tersebut.

Selain itu, Kamu juga harus memperhatikan porsi makan saat sahur dan berbuka. Batasi makanan yang tinggi gula dan lemak saat berbuka. Lalu hilangkan kebiasaan malas bergerak dengan tetap olahraga secara rutin saat puasa. Terakhir, cukupi waktu tidurmu. Mengingat Kamu harus bangun lebih pagi untuk sahur, pastikan Kamu untuk tidur lebih cepat di malam harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  50  =  56