Connect with us

Ekbis

Kerja Sama dengan Kadin Kota Bandung, PBA Launching Cafe Lupba

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) kembali meluncurkan program pemberdayaan UMKM Alumi Unpad. Kali ini bekerjasama dengan Kadin Kota Bandung, PBA membuka Lupba Cafe yang berlokasi di Gedung Graha Kadin Kota Bandung, Jalan Talagabodas, Bandung.

Dalam kesempatan itu, Ketua PBA Ary Zulfikar mengatakan, tujuan pembukaan Lupba Café ini adalah menciptakan UMKM yang mandiri secara finansial dan mampu  bersaing dengan produk lain dalam skala nasional maupun internasional.

“Kesuksesan besar selalu didahului oleh langkah kecil. Salah satunya adalah langkah kecil dengan membuka Lupba Cafe ini, bila dikelola dengan baik, kedepan akan banyak muncul Lupba Cafe ditempat lain,” kata pria yang biasa disapa Kang Azoo ini.

Baca juga: Mengenal Lupba, Merek Kolektif UMKM dari PBA 

Ia menuturkan, Lupba Cafe ini merupakan langkah bersama antara pelaku UMKM Alumni Unpad yang tergabung dalam komunitas PBA dan Kadin Bandung untuk mengenalkan produk UMKM Alumni Unpad langsung kepada konsumen.

“Diharapkan, Lupba Cafe ini menjadi cikal bakal lahirnya gerai-gerai Galeri Cafe yang akan dikembangkan oleh PBA yang akan menampung dan menjual produk-produk pelaku UMKM Alumni Unpad,” imbuh Kang Azoo.

Kepala Bidang Antar Lembaga PBA Dewi Tenty menjelaskan, Lupba Cafe merupakan kelanjutan dari launching merek kolektif PBA pada kegiatan ekshibisi UMKM dan Golf Tournament di pertengahan bulan Desember 2020 bertempat di Emeralda Golf Course.

“Lupba merupakan merek kolektif untuk ketiga produk UMKM, yaitu keripik pisang, bawang goreng dan kopi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Bandung Iwa Gartiwa  menyambut baik dengan dibukanya Warung Lupba Cafe, dan diharapkan sebagai embrio dari warung-warung lainnya yang akan didirikan oleh PBA.

Apalagi, sambungnya, saat ini Kadin Bandung telah diberi mandat oleh Pemda Bandung untuk mendorong pemulihan ekonomi kota Bandung akibat dari adanya pandemi ini. “Banyak toko-toko yang tutup tapi justru omzet warung-warung tradisional malah meningkat”, ujar Iwa.

Iwa menyebut, Gerakan Komunitas UMKM Alumni Unpad yang yang dikelola oleh PBA itu sangat meringankan tugas Kadin Bandung dalam membantu pemulihan ekonomi Kota Bandung. Hal ini karena warung UMKM merupakan salah satu potensi ekonomi yang bertahan dimasa pandemi.

“Kedepan, Kadin Bandung akan membuat toko oleh-oleh untuk menjual produk-produk UMKM. Jika di Bali ada toko oleh-oleh Krisna, maka di Bandung juga nantinya akan ada toko oleh-oleh seperti itu, dan diharapkan PBA dapat berpartisipasi,”tandasnya.

Sebelum acara Grand Launching Lupba Cafe, PBA melakukan aktivitas Gowes Santai menyusuri Kota Bandung yang diikuti oleh kurang lebih 30 anggota komunitas/hobi gowes, tentu saja dengan menerapkan prosedur kesehatan.

Sebagai informasi, Cafe Lupba yang beroperasi mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 05.00 sore hari ini menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman, oleh-oleh khas Bandung,  aneka cemilan produksi anggota UMKM Bumi Alumni, Perkumpulan Bumi Alumni.

Acara launching Café Lupba ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pengawas PBA, James Ibrahim, dan juga tokoh nasional yang juga anggota Dewan Pengawas PBA, Ferry Mursyidan Baldan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekbis

Akhir Pekan, Emas Antam Turun Rp4.000

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) kembali terkoreksi. Logam mulia Antam dibanderol Rp957.000 per gram atau turun Rp4.000 pada perdagangan di akhir pekan, Sabtu, 23 Januari 2021.

Sebelumnya, emas Antam dijual Rp961.000 per gram pada Jumat (22/01). Sementara itu, harga buy back atau beli kembali juga ikut turun sebesar Rp4.000 menjadi Rp838.000 per gram.

Baca juga: Turun Tipis, Emas Antam DIbanderol Rp961.000 

Berikut daftar harga emas Antam pada Sabtu, 23 Januari 2021:

  1. Emas batangan 1 gram Rp957.000
  2. Emas batangan 2 gram Rp1.854.000
  3. Emas batangan 3 gram Rp2.756.000
  4. Emas batangan 5 gram Rp4.560.000
  5. Emas batangan 10 gram Rp9.065.000
  6. Emas batangan 25 gram Rp22.537.000
  7. Emas batangan 50 gram Rp44.995.000
  8. Emas batangan 100 gram Rp89.912.000
Continue Reading

Ekbis

IHSG Ditutup Melemah 1,66%, Sektor Tambang Terjun Bebas

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup melemah pada akhir perdagangan hari ini, Jumat (22/01). Indeks turun 1,66 persen atau 106,77 poin ke level 6.307,13.

Sepanjang perdagangan hari ini, indeks bergerak di rentang 6.283,31-6.428,49. Pada penutupan sesi I, IHSG ditutup melemah 1,49 persen atau 96,03 poin ke level 6.317,86. Namun, penurunan IHSG makin dalam pada sesi II.

Seluruh sektor saham anjlok bersama dengan indeks. Sektor tambang terjun paling dalam 4,09%, disusul sektor infrastruktur yang anjlok 2,82%. Kemudian sektor konstruksi dan properti melorot 2,60%, sektor perkebunan amblas 2,15%, dan sektor industri dasar turun 2,06%.

Baca juga: IHSG Ditutup Melemah 0,25%, Sektor Keuangan Turun Terdalam

Selanjutnya, sektor manufaktur merosot 1,58%, sektor aneka industri tergerus 1,38%, dan sektor barang konsumsi turun1,29%.  Tak ketinggalan, sektor keuangan turun 0,99% dan sektor perdagangan dan jasa melemah 0,94%.

Investor asing tercatat paling banyak melepas saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM). Aksi jual atau net sell asing terhadap saham TLKM mencapai Rp99,3 miliar.

PT PP Tbk (PTPP) menjadi top loser LQ45 hari ini dengan terjun bebas 6,94%. Kemudian PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) amblas hingga 6,80% dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) melemah 6,67%.

Di sisi lain, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) melaju menjadi top gainer LQ45 dengan menguat 1,31% dan PT Bank Central Asia (BBCA) naik tipis 0,07%.

 

Continue Reading

Ekbis

Usai RUPSLB, BRI Ganti 4 Direktur

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Kamis, 21 Januari 2021. Hasilnya, BRI melakukan perombakan manajemennya.

Berdasarkan usulan keputusan RUPSLB, pemegang saham memberhentikan Haru Koesmahargyo sebagai Direktur Keuangan, Priyastomo sebagai Direktur Bisnis dan Ritel, dan Herdy Rosadi sebagai Direktur Human Capital BRI. Sementara Wisto Prihadi yang sebelumnya diangkat sebagai Direktur Kepatuhan diberhentikan karena tidak lulus fit and proper test di OJK.

Baca juga: Bank Mandiri Siap Gelar RUPSLB, Siapa Calon Pengganti Dirut?

Sebagai pengganti,  Viviana Dyah Ayu Retno diangkat sebagai Direktur Keuangan, Amam Sukriyanto sebagai Direktur Bisnis Kecil dan Menengah, Arga Mahanana Nugraha sebagai Direktur Jaringan dan Layanan, dan Agus Winardono sebagai Direktur Human Capital.

“Anggota dewan direksi dan komisaris yang tidak disetujui dalam penilaian fit and proper tes , maka anggota direksi dan komisaris diberhentikan dengan hormat oleh OJK. Dengan putusan RUPSLB dan perubahan pengurus menegaskan fokus BRI membantu UMKM yang berupaya bangkit di tengah pandemi yang belum berakhir,” ujar Direktur Utama BRI Sunarso.

Berikut ini adalah susunan lengkap susunan Direksi BRI :

Direktur Utama : Sunarso

Wakil Direktur Utama : Catur Budi Harto

Direktur Keuangan : Viviana Dyah Ayu Retno

Direktur Kelembagaan dan BUMN : Agus Noorsanto

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah : Amam Sukriyanto

Direktur Digital dan Teknologi Informasi : Indra Utoyo

Direktur Bisnis Mikro : Supari

Direktur Jaringan dan Layanan : Arga Mahanana Nugraha

Direktur Kepatuhan : Achmad Solichin Lutfiyanto

Direktur Manajemen Risiko : Agus Sudiarto

Direktur Konsumer : Handayani

Direktur Human Capital : Agus Winardono

Selain penggantian Direksi, disebutkan pula jika BRI juga akan melakukan pengalihan saham hasil pembelian kembali saham (buyback) selama masa pandemi. Saat ini saham hasil buyback ini masih disimpan sebagai saham treasuri.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC