Komisi AS Desak IOC Untuk Tak Ada Kerja Paksa Dalam Produksi Seragam Olimpiade
Internasional

Komisi AS Desak IOC Untuk Tak Ada Kerja Paksa Dalam Produksi Seragam Olimpiade

Channel9.id-Amerika Serikat. Komisi Eksekutif Kongres Cina (CECC) dari Amerika Serikat mengirim surat kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk menyuarakan keprihatian terhadap sistem kerja paksa dalam produksi seragam olimpiade menjelang ajang olahraga terbesar di dunia tersebut, Kamis (13/1/2022)

CECC khawatir kalau Anta Sports dan Hengyuanxiang (HYX) Group, yang mana dikontrak oleh IOC untuk membuat seragam Olimpiade, menggunakan katun dari Daerah Otonom Uyghur Xinjiang (XUAR).

“Katun yang diproduksi dari XUAR itu berkaitan erat dengan sistem kerja paksa dan penindasan yang sedang terjadi di sana,” tulis surat tersebut

“Kerja paksa memainkan peranan penting terhadap genosida yang terjadi kepada Uyghur dan kaum Muslimin lainnya yang menempati daerah tersebut,” lanjutnya.

IOC masih belum memberikan komentarnya terhadap surat tersebut.

Pemerintah AS dan kelompok pembela HAM menuduh Cina telah melakukan genosida di daerah Xinjiang. Cina membantah tuduhan tersebut dan mendesak mereka untuk tidak ikut campur dalam urusan internal negaranya.

“Karena Anta dan HYX group tetap terus menggunakan katun dari XUAR, ada kemungkinan yang mengkhawatirkan kalau personil IOC atau siapapun yang hadir di Olimpiade 2022 akan menggunakan seragam yang dibuat oleh tangan-tangan kerja paksa,” tambah CECC di suratnya.

Di antara permintaan CECC kepada IOC adalah dipublikasikanya “sertifikat sumber” dari HYX dan Anta kepada IOC bahwa tak ada sistem kerja paksa terhadap produksi seragam Olimpiade yang akan dikenakan nanti.

CECC juga meminta IOC untuk secara public memberikan kejelasan dan kepastian kalau Anta Sports dan produksinya tidak dibuat oleh tangan-tangan orang yang dipaksa bekerja.

Olimpiade Musim Dingin Beijing akan berlangsung dari tanggal 4 Februari-20 Februari.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7  +  1  =