Techno

Komitmen Netflix yang Membuat Blokirannya Dibuka Telkom Group

Channel9.id-Jakarta. Mulai Selasa (7/7) ini, Telkom Group membuka blokir layanan streaming Netflix. Dengan demikian seluruh pengguna IndiHome, Telkomsel hingga Wifi.id bisa mengakses Netflix.

Diketahui, Juni lalu, kedua belah pihak tengah mendiskusikan perihal pembukaan blokir Netflix.

Akhir diskusi itu kemudian membuahkan pembukaan blokir Netflix. Sebab, sepada Telkom Group, Netflix berkomitmen untuk menyesuaikan konten dan kebijakan di Indonesia.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” tutur Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/7).

Adapun perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix di antaranya sebagai berikut.

Satu, Netflix akan menambah fitur parental control atau pembatasan akses bagi tayangan yang sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan.

Kedua, layanan ini pun telah menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan.

Ketiga, menurut keterangan Telkom, Netflix sesegera mungkin mendengar saran dan bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam, atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Keempat, Netflix menyepakati komitmen kepatuhan pada “Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN”.

Satu di antaranya mengatur agar tidak menayangkan prohibited content, yaitu konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

Arif melanjutkan, kemitraa ini ditujukan untuk mengembangkan bisnis digital dan menjaga excellent customer experience TelkomGroup, yakni dengan memberi kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses konten-konten berkualitas.

“Ke depannya Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tayangan produk konten lokal,” harapnya.

Lebih lanjut, Arif menjelaskan bahwa pembukaan blokir Netflix dilakukan secara bertahap. Jadi, masih ada kemungkinan pengguna layanan Telkom Group belum bisa mengakses Netflix.

“Struktur jaringan atau network kita, hal ini dilakukan bertahap,” imbuhnya.

Diketahui, Netflix diblokir Telkom Group per 27 Januari 2016 .

Direktur Consumer Telkom Dian Rachmawan menuturkan, pihaknya memblokir Netflix karena layanan ini tidak memiliki izin atau tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

“Kami memblokir Netflix karena tidak memiliki izin dan memuat konten yang tidak diperbolehkan. Kami ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN), harus menjadi contoh dan menjunjung tinggi Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI) dalam berbisnis,” jelasnya, dilansir dari liputan6 (29/1/16).

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  10  =  11