Hukum

KPK Akan Hadapi Praperadilan yang Diajukan Mantan Karutannya terkait Pungli

Channel9.id – Jakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kesiapannya menghadapi permohonan praperadilan yang diajukan oleh mantan Kepala Rutan (Karutan) Cabang KPK Achmad Fauzi.

Untuk diketahui, Fauzi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pungutan liar (pungli) di lingkungan rutan KPK. Kini, dia diketahui mengajukan permohonan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa semua dalil yang dimohonkan oleh pemohon akan dijelaskan dan ditanggapi oleh pihaknya di depan hakim. Biro Hukum KPK nantinya akan mewakili KPK pada persidangan.

“Prinsipnya sekali lagi, silakan saja ajukan praperadilan, kami hargai dan siap hadapi karena kami sangat yakin apa yang kami sedang selesaikan KPK terkait penyidikan dugaan korupsi di rutan cabang KPK ini pasti mematuhi aturan yang berlaku,” ujarnya kepada wartawan, dikutip Rabu (17/4/2024).

Adapun Fauzi mengajukan permohonan praperadilan untuk melawan status tersangka dari KPK pada 5 April 2024. Nomor perkara yang diajukan Fauzi yakni No.46/Pid.Pra/2024/PN JKT. SEL. Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Selatan, KPK dan pimpinannya menjadi pihak termohon.

“Klasifikasi perkara: Sah atau tidaknya penetapan tersangka,” demikian dikutip dari SIPP PN Jakarta Selatan.

Berdasarkan penetapan oleh PN Jakarta Selatan, sidang pertama praperadilan mantan kepala rutan KPK itu dijadwalkan pada pekan depan, Senin (22/4/2024). Fauzi merupakan salah satu tersangka dalam kasus pungli tersebut. Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan dan melakukan penahanan terhadap Fauzi sebagai salah satu dari 15 orang tersangka.

IG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  24  =  25