Techno

Layanan Digital Kian Diminati, Grab Disebut Paling Memuaskan

Channel9.id-Jakarta. Sebuah riset menyebutkan bahwa Grab merupakan brand e-commerce paling diminati dengan tingkat kepuasan tertinggi di Indonesia dan menduduki peringkat ketiga di Asia Tenggara.

Riset ini dilakukan oleh Blackbox Research dan Tolun pada Juni 2020 terhadap 4.780 pelanggan di Asia Tenggara, di mana 799 di antaranya berasal dari Indonesia. Periset menganalisis pola konsumsi masyarakat Asia Tenggara, serta memberi pandangan tentang pergeseran kebiasaan konsumen selama masa pandemi Covid-19.

Hasil riset kemudian terbit dengan judul ‘Into the Light: Understanding What has Changed for the ASEAN Consumer During COVID-19’.

“Ini menunjukkan bahwa ekspektasi pelanggan terhadap layanan e-commerce semakin tinggi dan alasan utama mereka memilih layanan ini adalah karena kenyamanan. Ulasan serta ongkos kirim juga menjadi pertimbangan pelanggan dalam memilih e-commerce pilihan mereka,” tulis Grab melalui keterangannya, Jumat (25/9).

Baca juga : Peluang Layanan dan Usaha Digital di Masa Pandemi

Berdasarkan riset, didapati bahwa 84% responden di Indonesia mengaku nyaman menggunakan layanan online. Dipaparkan pula perihal peningkatan tren telemedicine, layanan pengantaran makanan, hingga belanja online. Lebih dari sebagian pelanggan mengaku akan tetap menggunakan seluruh layanan ini, kendatipun pandemi telah berakhir.

“Riset ini menunjukkan pentingnya menjaga hubungan dengan pelanggan secara digital, transformasi rumah yang kini menjadi pusat aktivitas masyarakat. Di sisi lain, konsumen juga mencari cara untuk mendukung usahawan lokal di tengah situasi yang menantang ini,” ungkap Grab lagi.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

69  +    =  76