Lifestyle & Sport

Mau Akhir Pekan, Saatnya Bayar Utang Tidur dengan Efektif

Channel9.id-Jakarta. Sahur di bulan Ramadan saja sudah mengubah pola tidurmu. Durasi tidurmu bakal terpangkas karenanya. Namun, di waktu yang bersamaan, beban kerja atau tugas sekolah yang harus dikerjakan pada malam hari membuatmu melek lebih lama. Hal ini tentunya bakal memperpendek durasi tidurmu juga.

Nah, kiranya Jumat malam ini jadi kesempatan Kamu untuk membayar utang tidur kemarin-kemarin. Apalagi esok hari dan lusa, Kamu masih ada waktu untuk istirahat. Karenanya, Kamu ingin tidur sepuasnya dengan harapan tubuhmu kembali prima. Namun demikian, tidur sepuasnya justru sama buruknya dengan kekurangan tidur—termasuk meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, hingga stroke.

Nah, lantas bagaimana sih cara bayar utang tidur yang benar dan efektif? Simak pemaparan berikut ini.

1. Tambah jam tidur di akhir pekan
Kelamaan tidur di akhir pekan tak baik bagi kesehatanmu. Meski demikian, Kamu boleh menambah jam tidurmu. Namun, pastikan tambahan waktunya tak berlebihan, yakni hanya satu hingga dua jam saja dalam sehari.

Sementara itu, jika tambahan waktunya berlebihan, Kamu bisa kesulitan tidur di malam hari karena sudha terlalu lama tidur pada siang hari. Ujung-ujungnya, Kamu malah jadi punya utang tidur lagi.

2. Tambah jam tidur setiap hari
Coba tambah jam tidur dengan tidur lebih awal atau bangun lebih lama dari waktu biasa. Sebelum itu, hitunglah berapa jam utang tidurmu. Kemudian atur utang tidur untuk dibayar di beberapa hari ke depan. Namun, pastikan penambahan jam tidur Kamu tak berlebihan, misalnya tidur 30 menit lebih awal setiap hari. Lakukan kiat ini hingga utang tidurmu dibayar tuntas.

Jika utang tidur sudah menumpuk hingga bertahun-tahun lamanya, Kamu disarankan untuk tak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Kemudian tidurlah seperti biasa. Jangan nyalakan alarm dan biarkan tubuh bangun sendiri. Dengan cara ini, lama-kelamaan, jam tidurmu akan kembali normal seiring telah dibayarnya hutang tidur.

3. Komitmen pada jadwal
Setelah tahu berapa banyak hutang tidurmu, saatnya Kamu mengatur ulang jadwal kegiatanmu, termasuk tidur. Pikirkan dan susunlah. Bisa jadi Kamu harus mengubah gaya hidupmu secara total. Ingat, jangan mengorbankan jam tidur untuk kegiatan lain yang tak penting, seperti binge-watching. Perlu Kamu sadari bahwa durasi tidurmu akan memengaruhi kesehatanmu.

4. Tidur siang
Utang tidur bisa dibayar dengan istirahat di siang atau sore hari sekitar 15—30 menit, menurut penelitian di Journal Sleep Research. Sebaiknya, jangan melebihi durasi yang disarankan ini jika tak ingin kesulitan tidur di malam hari. Pasalnya, ini pada ujungnya bisa membuat utang tidur bertambah.

Nah, itu dia kiat-kiat membayar utang tidur. Ingat, Kamu sebaiknya tidurlah dengan cukup dan berkualitas agar imun tubuhmu terjaga. Sementara itu, kurang tidur bisa memperlemah imunmu, lo. Kondisi ini membuatmu lebih rentan terhadap penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

29  +    =  32