Techno

Menkominfo: Peringkat ICT di Indonesia Semakin Meningkat

Channel9.id, Jakarta – Bicara soal perkembangan infrastruktur jaringan teknologi telekomunikasi (ICT) di Asia Tenggara, Indonesia boleh jadi salah satu negara yang sangat agresif dalam meningkatkan adopsi di lahan ini. Bahkan, peringkat ICT Indonesia diklaim semakin meningkat.

Pencapaian ini tentu sejalan dengan keinginan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, di mana Indonesia akan dijadikan sebagai negara dengan potensi ekonomi digital yang dapat meraup kontribusi dengan nilai US$ 130 miliar pada 2020.

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pada diskusi media Forum Merdeka Barat 9 bertema 4 Tahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla: Pengembangan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing, di kantor Sekretariat Negara, di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

“Peringkat infrastructure communication technology (ICT) Indonesia menempati urutan keempat setelah Singapura, Malaysia dan Philipina. Memang kami terus mempercepat dan memfokuskan pada pembangunan ICT di Indonesia,” ujar Rudiantara dalam keterangan resminya.

Agar pembangunan ICT semakin luas dirasakan, pihaknya telah memberikan dan mendorong affirmative policy dengan menyediakan akses internet ke sekolah, kantor desa, kelurahan dan Puskesmas di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal) melalui satelit Palapa Ring. 

Dilanjutkan olehnya, Kemkominfo telah menargetkan rampungnya seluruh program satelit Palapa Ring di wilayah barat Indonesia pada akhir April 2018, sedangkan wilayah tengah sudah 99 persen selesai. 

Adapun kawasan timur Indonesia, yaitu Papua dan Papua Barat merupakan tantangan yang dirasakan harus diselesaikan sebab sebanyak 41 kabupaten di Papua, yang harus dihubungkan lagi dengan internet broadband backbone.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  31  =  40