Connect with us

Lifestyle & Sport

Minum Air Dingin Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Published

on

Channel9.id-Jakarta.Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih memang dianjurkan selama Kamu mengikuti program diet. Sebab bisa mengontrol nafsu makan dan membuatmu cepat kenyang.

Namun, ada anggapan yang beredar bahwa minum air putih dingin karena dipercaya bisa membakar lebih banyak kalori. Apa betul demikian?

Air putih memang dipercaya membantu menurunkan berat badan. Sementara itu, perihal minum air dingin lebih efektif untuk membakar kalori, tak sepenuhnya salah. Bahkan, American College of Sports Medicine and the International Society of Sports Nutrition menganjurkan minum air dingin setelah berolahraga. Hal ini membantu mengurangi kenaikan suhu tubuh yang bisa menghambat tingkat ketahanan tubuh saat berolahraga.

Kemudian penelitian di Jerman–yang fokus pada efek air dingin pada tubuh–mendapati bahwa meminum air dingin 500 ml bisa meningkatkan aktivitas tubuh untuk bakar kalori hingga 30% dalan satu jam lebih.

Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh reaksi tubuh yang terpicu untuk bekerja lebih keras guna menghangatkan air. Untuk itu, tubuh membutuhkan energi dari kalori.

Di lain sisi, kekhawatiran tentang air dingin yang akan menghambat sistem pencernaan juga tak terbukti. Sebab saat masuk ke tubuh, air dingin akan mengalami penyesuaian dengan suhu tubuh. Dengan demikian, air justru akan menjadi hangat setelah diminum.

Air dingin tidak memberi dampak yang signifikan untuk bakar kalori
Memang, air dingin bisa membantu membakar kalori. Namun, efek yang diberikan dari air dingin tak signifikan jika dibandingkan dengan meminum air biasa.

Sebuah penelitian kemudian dilakukan untuk menguji perbedaan pengaruh yang diberikan dari keduanya. Ternyata, air dingin hanya bisa membakar sekitar 5 kalori lebih banyak dibandingkan dengan air biasa.

Studi lain dari University of Washington kemudian menemukan bahwa proses kerja tubuh dalam membuat satu gelas air dingin menjadi hangat juga hanya membakar 8 kalori.

Jika dihitung dengan anjuran minum air putih 8 gelas perhari, Kamu hanya membakar paling banyak 64 kalori. Hasilnya sama dengan apa yang akan Kamu peroleh setelah berolahraga ringan sekitar 5 sampai 15 menit.

Perlu Kamu catat, sedang diet atau tidak, memenuhi cairan tubuh dengan minum air putih dalam sehari sejatinya penting untuk kesehatan. Asupan air putih yang cukup adalah kunci untuk membuat metabolisme tubuhmu berfungsi sempurna.

Kendati baik bagi kesehatan, Kamu tak disarankan minum air putih secara berlebihan. Konsumsi air putih juga harus seimbang dengan elektrolit. Pasalnya, jika dikonsumsi berlebihan, kemungkinan terkena hiponatremia–yang bisa menyebabkan serangan jantung bahkan kematian–semakin tinggi.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Alasan Kamu Harus Batasi Makan Gorengan

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Duh, siapa sih yang tidak tergoda dengan kelezatan dan gurihnya gorengan? Tentu rasanya sayang sekali kalau jajanan ini dilewatkan.

Makanan yang dimasak melalui proses penggorengan memang membikin makanan, seperti gorengan, nikmat dimakan. Pun biasanya makanan menjadi lebih garing, sehingga akan terasa renyah saat digigit.

Baca juga : Berisiko Bagi Kesehatan, Berikut Kiat Atasi Ketagihan Gorengan

Namun, dibalik kenikmatan gorengan itu, ada berbagai risiko yang bisa membahayakan kesehatanmu. Apalagi jika gorengan dimakan sering-sering. Nah, memangnya apa saja yang membikin gorengan berbahaya?

1. Buruknya kualitas minyak goreng
Seringkali gorengan dimasak dengan minyak yang sudah berkali-kali dipakai. Minyak ini biasanya berwarna coklat kehitaman. Ini berbahaya bagi kesehatanmu.

Pasalnya, minyak tersebut sudah berkali-kali mencapai mencapai suhu maksimum, yang membuat minyak berasap (smoke point). Padahal, sekali mencapai titik tersebut, kualitas minyak sudah rusak dan tak layak lagi pakai.

Nah, residu minyak yang masuk ke tubuh itu akan membentuk senyawa serta radikal bebas yang bahaya bagi kesehatanmu, lho.

2. Mengandung banyak minyak
Lapisan tepung pada gorengan menyumbang banyak lemak. Pasalnya, tepung memiliki sifat menyerap minyak saat digoreng. Belum lagi fakta bahwa semakin lama makanan digoreng, maka semakin banyak pula minyak yang terserap ke dalamnya.

3. Menambah asupan lemak trans
Perlu Kamu ketahui, lemak trans terdiri dari dua jenis, yaitu lemak trans alami—yang sudah ada dalam makanan, dan lemak trans buatan—yang terbentuk dari hasil penggorengan.

Nah, lemak trans buatan gorengan lebih sulit dicerna. Lemak inilah yang berisiko membahayakan kesehatan. Mulai dari meningkatnya risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga obesitas.

4. Berisiko memunculkan penyakit kronis
Terlalu sering makan gorengan meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Menurut sebuah penelitian, makan makanan yang digoreng bisa meningkatkan risiko terkena diabetes melitus tipe 2 dan penyakit jantung. Risiko ini semakin meningkat bila semakin banyak mengonsumsi gorengan.

Selain itu, makanan yang digoreng mengandung kalori yang lebih banyak daripada yang tak digoreng. Artinya, asupan kalori akan semakin banyak bila mengonsumsi gorengan. Tentu dalam jangka panjang akan memengaruhi kenaikan berat badan.

5. Tinggi acrylamide
Acrylamide yang tinggi biasanya terdapat pada makanan bertepung, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan lain sebagainya. Adapun Acrylamide sendiri ialah senyawa yang terbentuk di dalam makanan ketika dimasak pada suhu tinggi, salah satunya digoreng

Sebuah penelitian mendapati bahwa acrylamide meningkatkan risiko terkena kanker ginjal, kanker endometrium, dan kanker ovarium.

Menimbang risikonya, Kamu sebaiknya membatasi dan mengontrol hasrat untuk makan gorengan.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Sistem Kandang Modern Ayam Petelur Menjadi Ramah Lingkungan

Published

on

By

Kandang Ayam Petelur Menggunakan Sistem Modern Menjadi Ramah Lingkungan

Channel9.id-Banyuwangi. Kebutuhan telur selama pandemi meningkat, karena berhubungan dengan daya imunitas, selain juga kebijakan stay at home yang banyak membuat ibu-ibu memproduksi berbagai olahan telur.

Untuk itu kandang ayam petelur juga harus bersih agar para ayam petelur sahat dari penyakit. Salah satunya di Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi perlu dicontoh peternak ayam lainnya. Kandang yang dikelola Wijoyo Farm ini sangat ramah lingkungan.

Wijoyo Farm merupakan salah satu peternakan ayam di Banyuwangi yang dikelola secara modern menggunakan mesin. Tiap hari peternakan yang memiliki 75.000 ekor ayam ini, bisa memproduksi 20.000 butir telur, atau 2 ton telur.

“Dengan memakai sistem modern seperti ini, peternakan ayam yang biasanya dikenal bau, menjadi tidak berbau,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat berkunjung ke kandang ayam Wijoyo Farm.

Peternakan ayam ini terdiri dari tiga lantai. Lantai paling atas digunakan sebagai kandang ayam. Kandangnya bersih dan terdapat pendingin udara yang disesuaikan dengan suhu ruangan. Ayam dibersihkan tiap hari. Demikian juga untuk pakan tiap hari dilakukan sterilisasi agar tidak terdapat lalat.

“Tiap hari kami lakukan sterilisasi terhadap ayam dan pakannya, agar ayam sehat tidak mudah terserang penyakit,” kata Agus Wijaksono, Direktur Wijoyo Farm.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Arief Setiawan, mengatakan keberadaan peternakan ini kian menambah produksi telur di Banyuwangi.

Kandang ini menggunakan mesin yang bisa langsung mengambil telur, dan mengirimkan ke lantai dua. Di lantai ini dilakukan sortirisasi memilih dan meletakkan telur yang telah disterilisasi sebelumnya. Sementara limbah seperti kotoran ayam langsung diturunkan ke lantai dasar dan dikeringkan sehingga tidak berbau, yang selanjutnya dikirim ke pengepul pupuk.

“Di Banyuwangi kebutuhan telur mencapai 193 ton per pekan. Sementara produksi telur mencapai 218 ton per pekannya setara dengan 872 ton perbulan. Sehingga untuk stok kebutuhan telur masih relatif aman di Banyuwangi, Semuanya sudah pakai mesin. Hanya mengolah pakannya saja yang masih memakai cara manual,” tutur Arief.

Agus mengatakan peternakannya ini masih berjalan selama 6 tahun, dan baru memenuhi kebutuhan pasar di Banyuwangi saja. “Untuk distribusinya masih seputar Kota Banyuwangi dan Banyuwangi wilayah selatan,” pungkas Agus.

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Hati-hati, Berlebihan Olahraga Bisa Bikin Berat Badan Naik

Published

on

By

Berlebihan Olahraga Bisa Bikin Berat Badan Naik

Channel9.id-Jakarta. Apakah olahraga masuk ke dalam agenda harianmu? Jika ya, apa tujuanmu untuk berolahraga? Jika Kamu berolahraga untuk mendapat berat badan yang ideal, ada satu hal yang mesti ditanam di pikiranmu: olahraga berlebihan bisa menaikkan berat badanmu.

Lho, kok bisa?

Perlu Kamu ketahui, setiap aktivitas fisik bisa berpengaruh terhadap beragam fungsi dan proses yang terjadi dalam tubuh. Namun, pengaruh ini berbeda-beda bagi tiap orang. Salah satu penyebab perbedaan ini ialah adanya perbedaan kadar hormon, yang memengaruhi laju metabolisme.

Baca juga : Tanamkan Hal Ini Untuk Terhindar dari Rasa Malas Berolahraga

Adapun metabolisme merupakan proses bagaimana kalori pada makanan atau minuman yang dikonsumsi diubah menjadi energi, agar tubuh bisa menjalankan peran dan fungsinya. Istilah familiarnya ialah proses membakar lemak.

Nah, karena itulah hasil pembakaran lemak bagi setiap orang berbeda-beda, meski melakukan jenis dan waktu olahraga yang sama.

Kendati begitu, ada sejumlah hal lain yang membikin berat badan naik jika berlebihan berolahraga, yaitu berikut ini.

1. Makan banyak setelah olahraga
Kamu biasanya akan merasa lapar setelah olahraga. Pasalnya, energimu telah terkuras selama berolahraga.

Nah, kondisi tersebut membikin Kamu ingin makan dengan porsi yang lebih banyak. Belum lagi pilihan makanmu yang bisa saja salah, seperti makanan tinggi lemak, gula, dan karbohidrat. Jika sudah demikian, jangan harap berat badanmu jadi ideal. Justru kemungkinan besar akan bertambah.

Maka dari itu, Kamu disarankan untuk menyeimbangkan porsi latihan dan jumlah asupan kalori.

2. Massa otot bertambah
Penambahan berat badan setelah olahraga bukan berarti karena Kamu menggemuk. Sebab bisa jadi massa ototmu bertambah. Bahkan, bisa saja massa ototmu lebih berat daripada lemak.

3. Stres
Olahraga juga bisa juga membuat tubuhmu stres, lho. Jika Kamu berolahraga secara berlebihan, keseimbangan tubuh akan hilang. Sehingga memicu munculnya masalah termasuk menaikkan berat badan.

Hal itu terjadi karena pelepasan hormon kortisol—penyebab stres, tak terkendali. Dampaknya, bisa meningkatkan pengumpulan lemak di sekitar perut sehingga berat badanmu jadi naik.

Oleh karenanya, lakukanlah olahraga secara benar dengan dukungan nutrisi yang baik, istirahat cukup, dan lakukanlah pemulihan dengan tepat.

4. Tak teratur olahraga
Kamu mungkin sudah lama berolahraga dengan intensitas tinggi. Namun, Kamu tak melakukannya secara rutin. Hal ini justru membikin usahamu sia-sia karena tubuhmu kurang tertantang dalam membentuk otot dan membakar kalori. Hal ini membuat lemak di dalam tubuhmu tetap saja menumpuk dan pada akhirnya berat badan malah menaik.

(LH)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC