Nasional

PBA Launching Maskot Kelinci Putih dan Jingle untuk Merek Kolektif Lupba

channel9.id – Bogor. Perkumpulan Bumi Alumni (PBA), organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan dan penguatan UMKM, resmi meluncurkan maskot dan jingle untuk merek kolektif Lupba. Maskot dengan ikon kelinci putih yang diberi nama ‘Lupi’ ini diluncurkan secara resmi oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina PBA, Bambang Soesatyo alias Bamsoet.

Maskot dan jingle untuk merek kolektif Lupba ini diluncurkan di sela-sela acara Exhibition & Golf Tournament UMKM Bumi Alumni III Tahun 2023 di Golf Estate Bogor Raya, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (29/10/2023). Acara bertajuk ‘Bersama Pemuda UMKM Bangkit dan Tumbuh’ ini diselenggarakan oleh PBA, Koperasi UMKM Alumni Indonesia (Kuali) dan UMKM Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad).

Dalam acara tersebut, Bamsoet bersama Ketua Umum PBA Ary Zulfikar secara resmi meluncurkan maskot Lupba dengan membuka tudung hitam yang berada di depan panggung. Diiringi jingle yang juga diluncurkan pada kesempatan tersebut. Di balik tudung hitam itu, terlihat maskot kelinci putih bernama Lupi sedang memegang salah satu produk Lupba berupa keripik pisang.

Adapun Lupba merupakan merek kolektif one branding untuk produk UMKM yang dinaungi oleh PBA. Sejak diluncurkan pertama kali pada 20 Februari 2020, hingga saat ini Lupba sudah memiliki lebih dari 30 produk yang terdiri dari kopi, bawang merah goreng, kripik pisang, kripik dari gedebok pisang, pupuk organik cair, dan sebagainya. Keuntungan mendaftar merek kolektif Lupba akan memperoleh joint marketing sebab Lupba memiliki gerai offline dan online.

Penggagas merek Lupba, Dewi Tenty Septi Artiany menyampaikan alasan kelinci putih dipilih sebagai ikon maskot Lupba. Berkaca dari filosofi negara Tiongkok, Dewi mengatakan kelinci merupakan simbol kesuburan.

“Untuk maskot namanya Lupi. Maskot ini sengaja kita membuat dalam bentuk kelinci. Di Tiongkok, kelinci itu selain binatang keramat juga mempunyai wisdom sebagai simbol kesuburan,” kata Dewi dalam sambutannya.

Dengan simbol kelinci ini, Dewi berharap anggota PBA yang merupakan UMKM dari 16 provinsi di Indonesia, dapat terus subur dan berkembang. Sejak berbadan hukum, jumlah anggota PBA hingga saat ini lebih dari 1.600 UMKM.

“Kita berharap bahwa UMKM ini tidak hanya sebatas 16 provinsi dengan seribu lebih anggota tetapi akan beranak banyak,” harap Dewi.Lebih lanjut, ia mengatakan maskot ini diberi nama Lupi dengan maksud agar produk Lupba dapat dengan mudah diingat masyarakat.

“Ini adalah menunjang supaya brand ini mudah diingat di masyarakat. Kenal Lupba, ingat Lupi. Lihat Lupi, ingat Lupba,” terangnya.

Sebagai informasi, kegiatan Exhibition & Golf Tournament UMKM Bumi Alumni III Tahun 2023 ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan oleh PBA. Acara Exhibition & Golf Tournament tahun ini turut dimeriahkan oleh lebih dari 20 UMKM yang menjajakan dagangannya, mulai dari produk makanan, pakaian, hingga kerajinan tangan (handcraft).

Ketua Umum PBA Ary Zulfikar yang juga menjadi ambassador WUSME, yaitu organisasi dunia yang berpusat di Italia, mengatakan kegiatan pameran dan turnamen golf ini memang rutin diselenggarakan tiap tahun guna mendorong para pelaku UMKM untuk berani memperkenalkan dagangannya. Ary mengatakan, kegiatan ini juga untuk membangun keberanian para pelaku UMKM untuk menjual barangnya ke luar negeri.

“Ini merupakan kegiatan yang ketiga PBA, suatu organisasi nirlaba yang memang fokus pada pengembangan dan penguatan UMKM. Pelaku wirausaha kita dorong untuk berani go ekspor,” ujar pria yang akrab disapa Azoo ini di sela-sela acara, Minggu (29/10/2023).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  31  =  33