Politik

PDIP Usung Kaesang di Pilkada Jateng? Begini Kata Puan Maharani

Channel9.id – Jakarta. Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan bahwa partai-nya ikut mempertimbangkan nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, yang juga putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), pada Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024.

“Iya dong, (Kaesang) jadi salah satu pertimbangan juga,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa

Ia pun menanggapi positif hasil survei teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menempatkan Kaesang di urutan kedua dengan dukungan terbanyak dalam simulasi top of mind mengenai kandidat bakal calon Gubernur Jawa Tengah.

Puan bahkan mengaku tidak mempersoalkan nama Kaesang yang meraih dukungan lebih tinggi dari Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul pada survei tersebut.

“Enggak apa-apa, bagus Kaesang,” tuturnya.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei terbaru terkait Pilgub di Jawa Tengah. Ketua Umum PSI sekaligus anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep berada di urutan kedua di bawah nama Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan pada simulasi top of mind calon gubernur, mayoritas pemilih belum menentukan pilihan.

Ahmad Luthfi paling banyak dipilih dengan 5,2 persen, lalu Kaesang Pangarep 2,5 persen, Sudaryono 2,1 persen, Bambang Wuryanto (Pacul) 1,8 persen, Dico Ganinduto 1,7 persen, dan Taj Yasin Maimoen 1,5 persen, Ganjar Pranowo 1 persen, dan lainnya di bawah 1 persen.

Sementara, dalam simulasi semi terbuka dengan menyajikan 21 nama, Kaesang duduk di posisi pertama dengan raihan 15,9 persen. Lantas disusul Ahmad Luthfi 12,9 persen, Abdul Wachid 7,8 persen, Raffi Ahmad 6,8 persen.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden pada periode 21-26 Juni 2024. Populasi survei adalah WNI di Provinsi Jawa Tengah yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/telepon seluler.

Sampel survei sebanyak 1.200 responden dipilih melalui metode double sampling. Metode ini adalah pengambilan sample secara acak dari kumpulan data hasil survei tatap muka yang dilakukan sebelumnya.

HT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  62  =  69