Channel9.id-Jakarta. Perselihan panjang antara Telkom dan Netflix akhirnya tiba pada perdamaian. Baru-baru ini, keduanya menyepakati kerja sama. Mereka berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman hiburan digital terbaik di Indonesia.
Untuk diketahui, hubungan keduanya tak akur sejak Netflix hadir di Indonesia pada 2016. Saat itu, Telkom menilai Netflix tak patuhi regulasi di Indonesia dan akhirnya diblokir. Alhasil, pelanggan Telkom tak bisa mengakses Netflix.
Empat tahun berlalu, barulah pada Juni 2020, blokir tersebut dibuka. Namun, pelanggan Telkom kerap mengeluhkan lambat dan buruknya kualitas video Netflix. Masalah ini terjadi lantaran penyaluran konten video Netflix memakan banyak bandwidth.
Direktur Wholesale & International Service Telkom Dian Rachmawan menjelaskan bahwa layanan video streaming bisa mendominasi konsumsi bandwidth hingga 70% dari total trafik internet.
Ditopang dengan kerja sama itu, Telkom secara kontinyu akan meningkatkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi kenaikan traffic video streaming.
“Kerja sama ini akan meningkatkan kualitas layanan dibandingkan dengan yang kita miliki saat ini dan akan secara positif berdampak pada optimasi bandwidth domestik. Ke depannya, semua pelanggan Telkom dan Telkomsel di Indonesia akan dapat menikmati layanan berkualitas premium hasil dari kerja sama Telkom dan Netflix,” terang Dian, belum lama ini.
Senada dengan Dian, VP Business Development Netflix Tony Zameczkowski kemudian menambahkan bahwa kerja sama pihaknya dengan Telkom akan memudahkan konsumen untuk berlangganan Netflix.
“Kami berharap bisa menghibur lebih banyak penikmat hiburan di Indonesia melalui berbagai tayangan berkualitas Netflix, mulai dari serial, dokumenter, stand-up, konten untuk anak-anak, film hingga konten lokal di jaringan Telkom,” lanjut dia.
(LH)