Lifestyle & Sport

Penyanyi Cilik Azkha Zein Rilis Lagu ‘Kuda Renggong’

Channel9.id-Jakarta. Sebuah lagu tak hanya hiburan semata tapi juga bisa menyampaikan pesan untuk melestarikan budaya Nusantara. Demikian penyanyi cilik Azkha Zein yang merilis lagu ‘Kuda Renggong’.

Azkha memang bukan hanya memberi hiburan, namun juga memperkenalkan budaya Nusantara. Ialah tradisi pertunjukan asal Sumedang yang menampilkan kuda-kuda terlatih yang menari dengan hentakkan kakinya.

Diungkapkan Rezy Ruki selaku pencipta lagu, langkah ini menjadi salah satu pelestarian dari budaya yang telah jarang ada.

“Lagu ini terinspirasi dari tradisi pertunjukan Kuda Renggong asal Sumedang,” ujarnya lewat keterangan resminya, beberapa waktu yang lalu.

“Yang mana kuda yang beraksi sudah terlatih dan dapat melakukan hentakkan kaki sesuai iringan musik seperti sedang menari,” tambahnya.

Mengambil budaya dari Sumedang, Jawa Barat, penyanyi 13 tahun itu juga membawakan karyanya dengan bahasa Sunda. Diramu dengan karakter vokal yang khas dari Azkha, single Kuda Renggong ini siap mewarnai lagu anak Indonesia.

“Azkha punya karakter vokal yang kuat, makanya lagu ini punya tempo agak cepat, juga kesan ceria, dan easy-listening,” tutur Rezy Ruki.

“Selain musik, pada video klipnya, Azkha juga memakai pakaian daerah yang membuat budaya sundanya lebih kental,” sambungnya.

Bukan kali pertama, sebelumnya Azkha telah merilis karya berbahasa Sunda seperti Hayang Jajan dan Domba Kuring.

Kini bersama Milana Musik, single Kuda Renggong tercipta dan telah dapat dinikmati di berbagai platform musik digital. Video klipnya juga dapat ditonton melalui kanal YouTube Azkha Zein Official.

Baca juga: Diamond Cinema Abadi dan Maha Cinta Sadaya Luncurkan Web Series ‘Sajadah Terakhir’

Kontributor: Akhmad Sekhu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4  +    =  7