Perusahaan Teknologi Bergabung untuk Bikin Standard Metaverse
Techno

Perusahaan Teknologi Bergabung untuk Bikin Standard Metaverse

Channel9.id-Jakarta. Sejumlah perusahaan teknologi bergabung untuk membentuk Metaverse Standards Forum, lapor Engadget, Rabu (22/6). Forum ini dibuat untuk mengembangkan standard dalam mewujudkan metaverse terbuka. Adapun pendiri forum ini antara lain Meta, Microsoft, Huawei, NVIDIA, Qualcomm, Sony Interactive Entertainment, Epic Games, Unity, dan Adobe.

Menurut Reuters, satu perusahaan yang tak ada di daftar adalah Apple. Padahal sejumlah laporan di beberapa tahun terakhir ini menyebutkan bahwa Apple juga akan mengembangkan headset virtual atau augmented reality-nya sendiri, dan diprediksi bakal menjadi pemain utama dalam metaverse.

Perusahaan besar lain yang tak ada di daftar adalah Google. Sama halnya dengan Apple, Google dilaporkan sedang mengerjakan headset AR dengan kode nama Project Iris. Selain itu, Niantic, pengembang Pokémon Go, dan Roblox juga tak ada dalam daftar anggota.

Sementara itu, keanggotaan forum terbuka untuk organisasi mana pun, sehingga akan ada lebih banyak perusahaan yang bakal bergabung nanti. Seperti standard lainnya, standard metaverse ini baru bisa dikatakan sukses bila perusahaan, terutama pemain terbesar di industri, mengadopsinya. “Beberapa pemimpin industri telah menyatakan bahwa potensi metaverse akan terwujud dengan baik jika dibangun di atas dasar standard terbuka,” tulis forum di siaran persnya.

Forum itu juga mengatakan bahwa mereka akan fokus pada “proyek berbasis aksi yang pragmatis.” Ini termasuk melakukan hackathon dan mengerjakan alat yang dirancang untuk mempercepat pengujian dan penerapan standard metaverse.

Untuk saat ini, perusahaan bisa bergabung ke forum kapan saja, dan semua anggota forum ini diharapkan bisa mengikuti pertemuan forum pada Juli nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

8  +  2  =