Nasional

Pilot Pesawat T-50i Golden Eagle yang Tergelincir Meninggal

Channel9.id-Madiun. Pesawat tempur milik TNI AU jenis T-50 Golden Eagle dilaporkan tergelincir saat menjalani latihan di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur pada 10 Agustus 2020.

Pesawat yang tengah dalam misi latihan dipiloti seorang siswa pilot TNI AU bersama salah seorang instruktur dan tergelincir setelah keluar landasan ketika akan lepas landas dan di laporkan pesawat mengalami kerusakan yang berat.

Karena insiden ini salah seorang pilot pesawat tempur jenis T-50 Golden Eagle milik TNI AU yang menjadi korban yaitu letkol Pnb Anumerta Luluk Teguh Prabowo akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta, pada Rabu (2/9) usai menjalani perawatan.

“TNI AU berduka, salah satu penerbang Pilot pesawat T-50i Golden Eagle yang tergelincir di Madiun, Letkol Pnb Anumerta Luluk Teguh Prabowo meniggal dunia, usai menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, jenazah akan dimakamkan di Madiun, kota kelahirannya,” ujar Kadispe TNI AU, Marsma Fajar Adriyanto dalam keterangan tertulis pada hari Rabu.

Letkol Pnb Anumerta Luluk tercatat sebagai lulusan Akademi TNI Angkatan Udara 2003. Pemakaman jenazah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Madiun, Rabu malam hingga dini hari tadi diiringi isak tangis keluarga.

“Udah jangan nangis ya ndhuk, lhe,” ujar seorang wanita menenangkan istri almarhum, Kamis (3/9/20)
Tidak hanya keluarga, Danlanud Iswahjudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra juga tak kuasa menahan tangis saat memberikan sambutan. Menurutnya, Letkol Pnb Anumerta Luluk Teguh Prabowo merupakan pahlawan yang gugur dalam tugas.

“Beliau gugur dalam tugas, artinya sedang melaksanakan kegiatan pendidikan latihan dan kecelakaan 10 Agustus 2020 dan sudah dilakukan pengobatan di RSPAU dan dirujuk ke RSPAD. Namun Tuhan berkehendak lain lebih sayang ke saudara Luluk. Mari kita doakan almarhum khusnul khotimah,” ujarnya.

Prosesi pemakaman secara militer yang dipimpin Danlanud berlangsung mulai Rabu pukul 22.30 WIB sampai sekitar pukul 00.30 WIB.

Sebelum pemakaman, jenazah disemayamkan di rumah duka Jalan Merpati 2 Nomor 33, Perumahan Lanud Iswahjudi, Magetan. Diketahui, almarhum meninggalkan seorang istri dan dua anak laki-laki dan perempuan.

Letkol Pnb Anumerta Luluk merupakan anggota satuan dari Skuadron 15 Lanud Iswahjudi Magetan. Luluk merupakan pilot dari pesawat tempur milik TNI AU jenis T-50i Golden Eagle yang tergelincir di Lanud Iswahjudi, Sebelum meninggal dunia kondisinya sempat membaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5  +  3  =