Connect with us

Lifestyle & Sport

PON XX di Papua, PLN Selesaikan Pekerjaan Kelistrikan Agustus 2021

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Jayapura (18/6) – PLN siap menyukseskan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan digelar Oktober mendatang. Progres pekerjaan kelistrikan untuk mendukung pagelaran tersebut di keempat lokasi telah mencapai 95% dan ditargetkan selesai bulan Agustus 2021.

Kegiatan yang akan dipusatkan di Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura ini, memiliki 41 venue pertandingan dan 223 lokasi yang perlu disuplai listrik secara aman dan andal guna kelancaran kegiatan tersebut.

“Hingga saat ini, pekerjaan kelistrikan untuk PON XX secara keseluruhan hampir selesai. Kami telah menyelesaikan pembangunan jaringan baru dan penguatan sistem kelistrikan di sebagian besar lokasi,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid.

Selain fokus dalam penyelesaian pekerjaan fisik, PLN juga menjamin suplai daya dari pembangkit di masing-masing lokasi cukup. Dengan total daya yang dibutuhkan untuk melistriki seluruh venue pertandingan PON diperkirakan mecapai 16,21 MW, pembangkit yang ada masih mampu menyuplainya.

Saat ini total beban puncak di tiga kabupaten dan satu kota penyelenggara berkisar 126 MW dengan daya mampu pembangkit mencapai 204 MW. Jumlah tersebut masih menyisakan cadangan daya sebesar 78 MW.

Baca juga: Polda Papua Akan Simulasi Pengamanan PON XX di Papua

“Untuk daya mampu listrik di keempat lokasi tersebut rata-rata surplus sekitar 38% dari beban puncak saat ini. Dengan kebutuhan daya tambahan untuk PON XX, kami perkirakan surplus daya masih berkisar 30%,” lanjut Farid.

PLN juga telah menyiapkan peralatan pendukung untuk memastikan suplai listrik tetap aman apabila terjadi gangguan pada sistem utama. Peralatan yang disiapkan antara lain: Unit Gardu Bergerak (UGB), Unit Kabel Bergerak (UKB), Unit Kabel dan Kubikel bergerak (UKKB), UPS Mobile serta Mobile Genset.

“Peratalan pendukung tersebut akan kami siagakan di lokasi-lokasi venue dan titik-titik strategis saat PON XX berlangsung sehingga suplai listrik tetap terjaga,” ucap Abdul Farid.

Sementara itu dari sisi kesiapan personel, PLN akan menyiapkan 564 petugas untuk mengamankan pasokan listrik gelaran 4 tahunan tersebut. Para personel tersebut akan bertugas mulai 19 September hingga 17 Oktober 2021 nanti.

“Kami upayakan pekerjaan fisik dan kesiapan lain dalam hal kelistrikan dapat selesai secepatnya. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan apa yang kami siapkan sesuai dengan kebutuhan listrik PON XX nanti,” tutup Farid.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Tumbangkan Argentina, Voli Putra Prancis Hadapi ROC di Final

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bola voli putra Prancis berhasil mengalahkan Argentina pada babak semi final Olimpiade Tokyo 2020, Kamis 5 Agustus 2021.

Dengan kemenangan ini, Prancis berhak melaju ke babak final. Prancis akan berhadapan dengan ROC (Komite Olimpiade Rusia) untuk merebut medali emas.

ROC lebih dahulu lolos ke babak final usai mengalahkan Brasil dengan skor 3-1 (18-25, 25-21 26-24, 25-23).

Adapun Prancis melaju ke partai puncak setelah mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 (25-22, 25-19, dan 25-22) dalam pertandingan di Ariake Arena, Tokyo.

Prancis, yang hanya menempati peringkat kesembilan di Olimpiade Rio 2016, tampil meyakinkan di babak semifinal.

Jean Patri tampil menonjol di antara pemain Prancis lain. Dia menyumbang 15 poin, termasuk 11 dari smash dan 2 dari block. Pemain lain yang juga berperan besar adalah Trevor Clevenot yang menyumbang 14 poin.

Di kubu Argentina, kecemerlangan Facundo Conte tak ditunjang rekan setimnya. Dia menyumbang 13 poin, tapi rekan-rekannya tak ada yang mampu meraih lebih dari 10 poin.

Partai final bola voli putra Olimpiade Tokyo akan berlangsung Sabtu 7 Agustus, setelah perebutan perunggu usai digelar.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Kalahkan Brasil, Voli Putra ROC Melaju ke Final

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bola voli putra ROC (Komite Olimpiade Rusia) berhasil ke final usai mengalahkan Brasil di babak semi final Olimpiade Tokyo 2020.

Tim asuhan Tuomas Sammelvuo ini mengalahkan Brasil dengan skor 3-1 (18-25, 25-21 26-24, 25-23) waktu dua jam delapan menit.

Berlaga di Ariake Arena, Tokyo, Jepang, Kamis 5 Agustus 2021 siang WIB, Maxim Mikhaylov menjadi bintang kemenangan ROC dengan mencetak 22 poin. Egor Kliuka dan Ivan Iakovlev juga memberi andil besar dengan masing-masing mencetak 15 serta 12 poin.

Bagi Brasil, kekalahan ini membuat Wallace De Souza dan kolega agal mempertahankan medali emas Olimpiade. Namun, tim asuhan Renan Dal Zotto masih berpeluang meraih medali perunggu.

Di Final nanti, ROC akan berhadapan dengan Prancis. Prancis lolos ke final usai mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 (25-22, 25-19, dan 25-22).

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Sprinter Jamaika Hansle Parchment Raih Medali Emas 110m Lari Gawang

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Sprinter Jamaika, Hansle Parchment merebut medali emas pada laga final 110 meter lari gawang putra Olimpiade Tokyo 2020, Kamis 5 Agustus 2021.

Dia berhak meraih medali emas usai mengalahkan juara dunia asal Amerika Serikat, Grant Holloway. Holloway harus puas dengan medali perak. Sedangkan, medali perunggu kembali direbut atlet Jamaika, Ronald Levy.

Parchment mencatat waktu 13,05 detik untuk menjadi juara baru Olimpiade. Holloway yang sebenarnya mengawali lomba sebagai pelari tercepat, terpeleset pada dua rintangan terakhir.

Hal itu membuat Holloway finis urutan kedua dengan catatan waktu 13,09 detik, sedangkan Ronald Levi menyusulnya di belakang dengan membukukan waktu 13,10 detik.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC