Connect with us

Lifestyle & Sport

Prancis Juara UEFA Nations League 2021

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Prancis menjadi juara UEFA Nations League 2021 usai mengalahkan Spanyol 2-1 dalam laga final di San Siro, Milan, Italia, Senin dini hari WIB.

Spanyol unggul lebih dahulu berkat gol Mikel Oyarzabal. Sedangkan Prancis menyamakan kedudukan lewat gol Benzema dan Kylian Mbappe.

Spanyol mendominasi laga hingga pertengahan babak pertama. Pada menit ke-32, Jules Kounde dianggap melakukan handball di kotak penalti saat berusaha menghalau umpan silang Rodri. Namun, wasit tidak memberikan penalti setelah meninjau VAR.

Pada menit ke-36, La Furia Roja memiliki peluang mencetak gol lewat tendangan bebas Marcos Alonso yang masih melebar dari gawang Hugo Lloris.

Baca juga: UEFA Nations League, Prancis Melenggang ke Final Usai Tekuk Belgia 3-2

Prancis bisa meredam dominasi Spanyol dan skor tetap 0-0 hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, Prancis mulai memberikan tekanan kepada Spanyol. Namun, lini belakang tim asuhan Luis Enrique tersebut tampil solid dan bisa menggagalkan beberapa peluang berbahaya di awal babak kedua.

Setelah itu, Spanyol mulai kembali mendominasi penguasaan bola.

Pada menit ke-63, Prancis nyaris mencuri gol lewat sebuah serangan balik cepat. Karim Benzema melepaskan umpan silang mendatar dari sisi kiri yang mampu disambar oleh Theo Hernandez. Sayang, bola masih menghantam tiang gawang.

Satu menit berselang, Spanyol akhirnya bisa memecahkan kebuntuan. Umpan panjang Sergio Busquets dari tengah lapangan diterima Mikel Oyarzabal, yang memenangi duel dengan Dayot Upamecano dan melaju ke kotak penalti.

Dia kemudian melepaskan tendangan yang tidak bisa dihentikan Lloris. Spanyol unggul 1-0.

Keunggulan Spanyol hanya bertahan sampai menit ke-66 setelah Benzema mencetak gol indah lewat sepakan melengkung dari sisi kiri kotak penalti yang tidak bisa dijangkau Simon. Kedudukan menjadi 1-1.

Laga kemudian berjalan sengit setelah kedua tim saling bertukar serangan.

Pada menit ke-71, Mbappe mendapatkan ruang di kotak penalti untuk membobol gawang Spanyol. Sayang, tembakan pemain PSG itu masih lemah hingga mudah ditangkap Simon.

Mbappe akhirnya membobol gawang Simon pada menit ke-80. Theo Hernandez memberikan umpan terobosan kepada Mbappe yang bebas dari jebakan offside.

Berhadapan satu lawan satu dengan Simon, Mbappe kemudian melakukan satu step-over sebelum melepaskan tembakan yang meluncur ke gawang Spanyol. Prancis berbalik unggul 2-1.

Setelah gol itu, Spanyol menekan Prancis demi mencetak gol penyama kedudukan.

Oyarzabal mendapat peluang pada menit ke-86 lewat tendangan volinya, tetapi Lloris melakukan penyelamatan yang brilian.

Lloris kembali melakukan penyelamatan penting pada menit-menit akhir. Kiper Tottenham itu dapat membendung sepakan keras Yeremi Pino dari kemelut akibat sepak pojok.

Prancis menutup laga dengan kemenangan 2-1 dan dinobatkan sebagai juara UEFA Nations League 2021.

HY

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Liverpool Bantai Watford 5-0

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Liverpool membantai Watford 5-0 dalam lanjutan Liga Inggris pekan kedelapan di Vicatage Road Stadion pada Sabtu malam WIB.

Lima gol tersebut disumbangkan Roberto Firmino dengan mencetak tiga gol, Sadio Mane serta Mohamed Salah masing-masing membukukan satu gol.

Sementara itu, Mane juga mencatatkan prestasi individu karena golnya tersebut merupakan gol ke-100 yang dicetaknya di Liga Inggris.

Meski bermain sebagai tim tamu, Liverpool langsung memberikan tekanan sejak menit awal pertandingan.

Baca juga: Liverpool Kontra Manchester City Berakhir Imbang 2-2

Pada menit ke-2, The Reds sudah langsung menciptakan peluang lewat tendangan Mohamed Salah. Namun, laju bola masih bisa diblok pemain belakang Watford hingga membuahkan tendangan sudut.

Liverpool membuka keunggulan pada menit ke-9 lewat tendangan kaki kanan Sadio Mane dari jarak dekat setelah menerima umpan Salah. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Pada menit ke-12, Ben Foster melakukan penyelamatan dengan menepis tendangan Salah.

Liverpool akhirnya berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-37. Umpan James Milner berhasil diselesaikan dengan baik oleh Roberto Firmino hingga membuat skor menjadi 2-0.

Pada menit ke-42, Naby Keita melepaskan tendangan jarak jauh berbahaya yang membentur mistar gawang dan cuma berbuah tendangan sudut.

Di babak kedua, Liverpool masih bermain menyerang dan beberapa kali mengancam gawang Watford lewat Trent Alexander-Arnold dan Mohamed Salah.

Salah kembali menjadi teror bagi Watford setelah tendangan kerasnya masih bisa ditepis Foster pada menit ke-49 hingga berujung ke tendangan sudut.

Liverpool sukses mencetak gol ketiganya pada menit ke-52. Berawal dari umpan Andy Robertson yang salah diantisipasi oleh bek Watford, Craig Cathcart sehingga bola mengarah ke gawang sendiri.

Foster bisa menepis bola, tetapi Firmino menyambar bola muntah dan membawa Liverpool unggul 3-0.

Meski sudah unggul tiga gol, Liverpool tetap menyerang pertahanan tuan rumah dan membuahkan hasil. Pada menit ke-54, Salah melakukan aksi individu di dalam kotak penalti Watford sebelum diselesaikan dengan tembakan kaki kiri yang tidak bisa diselamatkan Foster. Skor berubah 4-0.

Pada pengujung laga, Roberto Firmino sukses mencetak trigol di laga ini setelah menyelesaikan bola umpan Neco Williams dari jarak dekat.

Gol tersebut juga menjadi penutup laga, yang dimenangkan Liverpool dengan skor 5-0 di markas Watford.

Kemenangan ini membuat Liverpool untuk sementara memuncaki klasemen Liga Inggris dengan raihan 18 poin. Sementara itu, Watford duduk di posisi ke-15 dengan raihan 7 poin.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Tiga Pemain Sepak Bola PON Papua Diincar Klub Thailand

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Pelatih sepak bola PON Papua Eduard Ivakdalam menyampaikan, ada tiga pemain PON XX Papua yang tampil memukau selama ajang pertandingan PON XX telah diminati klub profesional Liga Thailand.

“Satu dari tiga pemain yang diminta bisa bergabung dengan klub Thailand kapten tim yang juga top skore PON XX Papua Ricky Cawor,” ungkapnya, Jumat.

Eduard Ivakdalam mengakui, tawaran klub luar negeri bagi pemain PON XX Papua merupakan peluang untuk karier masa depan atlet bersangkutan.

Namun sebagai pelatih PON Papua, menurut Eduard, dia hanya bisa mendengar keinginan klub untuk merekrut pemain muda Papua namun apakah atlet mau atau tidak akan diserahkan kepada pemain bersangkutan.

Baca juga: Bungkam Aceh, Tim Sepak Bola Putra Papua Raih Emas PON XX

“Secara pribadi pelatih saya sangat senang jika ada anak asuhnya bermain di klub luar negeri. Ya, ini menyangkut karier maupun kesempatan tampil bersama klub di luar negeri,” ungkap eks kapten Persipura Jayapura itu.

Dia mengakui, selama pertandingan PON XX para pemain muda Papua tampil sangat prima dan konsisten di ajang PON XX sehingga mampu meraih tujuh kemenangan secara beruntun hingga meraih medali emas.

Eduard mengatakan, 29 pemain PON XX Papua berasal dari semua daerah dan punya kemampuan yang sangat bagus dan tampil prima membela tuan rumah Papua,

”Papua punya banyak bakat talenta sepakbola pada ajang PON XX Papua semua bermain bagus dan satu tujuan Papua juara. Ya, ini sudah dibuktikan,”ujarnya.

HY

Continue Reading

Hot Topic

Fajar/Rian Menang, Indonesia ke Babak Final Piala Thomas

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menang melawan wakil Denmark Mathias Christiansen/Frederik dengan skor 21-14, 21-14 dalam laga semifimal Piala Thomas di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu malam WIB.

Kemenangan ini, membawa Tim Indonesia berhak melaju ke babak final Piala Thomas usai menundukkan Denmark dengan kedudukan akhir 3-1.

Pada gim pertama, kedua pasangan itu sempat bersaing ketat. Awalnya, Christiansen/Sogaard mencuri poin-poin pembuka. Fajar/Rian pun harus mengejar dan mampu menyamakan kedudukan 5-5.

Setelah itu, kedua pasangan saling serang dan berebut angka. Untungnya, perlawanan dari pasangan baru Denmark itu tak berarti banyak, sebab setelah imbang 8-8, Fajar/Rian mengambil alih permainan dan memimpin hingga merebut gim pertama dengan skor 21-14.

Baca juga: Jonatan Christie Pastikan Kemenangan Indonesia Atas Denmark 2-1

Di gim kedua, kekuatan Fajar/Rian semakin tak terbendung. Mereka sepertinya sudah bisa membaca pola main lawan dan menemukan celah untuk meraup banyak poin. Terbukti, mereka mampu memperlebar jarak hingga 11-2.

Tak sulit bagi Fajar/Rian untuk merebut poin-poin berikutnya, karena pasangan anyar Denmark itu sering kali membuat kesalahan. Fajar/Rian pun mengakhiri laga tersebut dengan kemenangan 21-14.

Dengan hasil tersebut, maka kedudukan Indonesia unggul 3-1 atas Denmark dan dipastikan melaju ke babak final Piala Thomas.

Sebelumnya pada partai pembuka, pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting gagal menyumbang angka kemenangan pertama setelah ditaklukkan Viktor Axelsen dalam dua gim langsung dengan skor 9-21, 15-21.

Pada partai kedua, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mampu membawa kedudukan Skuad Garuda imbang 1-1 dengan Denmark setelah mereka memetik kemenangan rubber game 21-13, 10-21, 21-15 atas Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Selanjutnya di partai ketiga, tunggal putra Jonatan Christie juga menang tiga gim 25-23, 15-21, 21-16 atas Anders Antonsen.

Indonesia sebetulnya masih menyisakan satu wakil, yakni tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito yang akan bertarung melawan Hans-Kristian Solberg Vittinghus.

Namun dengan kemenangan Indonesia 3-1 atas Denmark, maka partai terakhir itu tidak perlu lagi dimainkan.

Selanjutnya pada babak final Piala Thomas, Indonesia akan berjumpa dengan China, yang mengalahkan Jepang 3-1. Laga final tersebut akan digelar pada Minggu (17/10) pukul 13.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC