Channel9.id-Jakarta. Dua perusahaan raksasa olahraga asal Jerman, Puma dan Adidas, memboikot iklan Facebook. Bergabungnya produsen perlengkapan olahraga asal Jerman itu, menambah panjang daftar perusahaan global yang boikot iklan Facebook.
Puma dan Adidas mengambil kebijakan tersebut dengan maksud agar media sosial lebih ketat mengawasi praktik ujaran kebencian dan disinformasi.
“Puma bergabung dengan kampanye #StopHateForProfit sepanjang Juli,” kata seorang Jurubicara-nya sebagaimana dikutip dari AFP, Kamis (02/07).
Puma juga mengutip tagar di media sosial yang diselenggarakan oleh aktivis keadilan sosial, dan diambil oleh beberapa perusahaan.
Sementara Adidas, meski tanpa mengutip tagar, mengaku akan mengembangkan kriteria untuk mempertahankan lingkungan aman yang akan berlaku untuk semua. Kebijakan boikot ini juga akan mencakup anak perusahaan mereka asal Amerika Serikat, Reebok.
“Rasisme, diskriminasi, dan komentar penuh kebencian seharusnya tidak memiliki tempat di perusahaan kami atau di masyarakat kami,” ujar Jurubicara Adidas.
Sebelumnya, sejumlah brand terkenal lainnya sudah mengambil langkah serupa, seperti Levi’s dan Coca-Cola. Lalu Unilever juga menghentikan iklan di Facebook, Instagram, dan Twitter di Amerika Serikat.,
Unilever mengikuti langkah merek terkemuka lainnya seperti Eddie Bauer, The North Face dan Patagonia yang tergabung dalam kampanye boikot iklan Facebook.