Connect with us

Lifestyle & Sport

Selebrasi Gol Riyad Mahrez untuk Mendiang Presiden Leicester City

Published

on

Channel9.id, Manchester – Winger Manchester City, Riyad Mahrez, mencetak gol semata wayang saat berhadapan dengan tuan rumah Tottenham Hotspur dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris dini hari tadi WIB. Mahrez mempersembahkan gol itu untuk mendiang Presiden Leicester City, Vichai Srivaddhanaprabha.

Vichai tewas dalam kecelakaan helikopter yang terjadi di area Stadion King Power, yang merupakan markas Leicester City. Mahrez melakukan selebrasi gol untuk mengenang pengusaha asal Thailand tersebut.

Mahrez menunjukkan gestur kepala menghadap ke atas dan mengangkat kedua telunjuk tangah ke udara sesaat setelah mencetak gol. Mahrez pernah menjadi bagian Leicester City, yang memenangkan Liga Inggris 2015-2016.

“Dia (Vichai) orang yang spesial bagi saya. Saya menghabiskan empat setengah tahun di sana,” kata Mahrez selepas pertandingan sebagaimana dilansir akun Twitter resmi City, @ManCity.

Pemain Aljazair ini memang dikenal dekat dengan Vichai, yang berusia 60 tahun saat meninggal dunia. Dalam sebuah unggahan di Instagram beberapa tahun lalu, Mahrez terlihat sambil bercanda dijewer oleh Vichai.

 

Akhir Kisah Manis Srivaddhanaprabha Bersama Leicester City

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Banyak Manfaat, Amankah Makan Ayam Setiap Hari?

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Dalam menu makan sehari-hari, ayam kerap menjadi pilihan. Saat di acara resmi pun ayam biasanya menjadi menu katering. Tak ayal demikian sebab harga daging ayam lebih murah dari daging lainnya, belum lagi ukurannya yang besar.

Kandungan Daging Ayam
Selain pertimbangan ekonomis, daging ayam pun kaya akan kandungan bergizi. Salah satunya, daging ayam merupakan sumber lemak yang baik untuk tubuh. Kendati daging ini mengandung lemak jenuh, namun jumlahnya lebih sedikit daripada dengan daging merah. Setidaknya, dengan memilih ayam, risiko tubuh terkena penyakit jantung menurun karena tingkat kolesterol jahat tidak sebanyak daging lain.

Daging ayam juga kaya akan asam amino atau protein. Kandungan ini merupakan sumber pembangun tubuh dalam membentuk otot. Bahkan kandungan ini bisa memecah racun.

Selain itu, mengonsumsi daging ayam pun menurunkan risiko kanker. Sebab ayam menjadi salah satu sumber selenium yang baik–yaitu antioksidan yang mempengaruhi kinerja vitamin C dan E dalam melawan radikal bebas yang memicu kanker.

Kemudian ayam pun mengandung B6 yang membantu proses metabolisme protein dan karbohidrat. Tanpa kandungan ini, sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan sistem saraf pusat tak bisa berfungsi dengan baik. Bahkan, vitamin B3 atau niacin yang tinggi pada ayam juga bisa menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan menurunkan kolesterol.

Baca juga : Pola Makan yang Bikin Bebas Stres

Menimbang kandungannya yang begitu baik bagi kesehatan, sejatinya bolehkah mengonsumsi ayam setiap hari? Hal ini sebetulnya bergantung jenis ayam, cara memasak, dan bagian mana yang dikonsumsi. Ayam bisa menjadi sumber nutrisi yang baik jika ketiga faktor ini diperhatikan.

Pertama, perhatikan jenis ayam. Ayam yang paling baik dikonsumsi ialah ayam organik dan ayam probiotik. Sebab makanan dan tempat tinggalnya dijaga dengan baik sehingga kedua ayam ini lebih sehat. Berbeda dengan ayam negeri dan kampung.

Ayam negeri cenderung disuntik hormon dan antibiotik agar membuatnya tetap sehat dan tumbuh besar. Jika terlalu banyak mengonsumsi ayam ini, kesehatan sistem reproduksi bisa terganggu. Bahkan bisa mengacaukan kerja hormon alami tubuh dan meningkatkan berbagai risiko penyakit. Ini tak terlepas dari hormon yang disuntikkan ke ayam–seperti steroid, estrogen, progesteron, dan testosteron, kerap tak sesuai aturan.

Sementara, ayam kampung yang dilepas bebas tanpa disuntik pun berisiko. Sebab, ayam kampung bisa memakan apapun yang ditemukan di jalanan. Hal ini bisa mengancam kesehatan Anda.

Selain jenis ayam, perhatikan pula cara memasaknya. Jika mengonsumsi ayam yang digoreng, kadar lemak dan kolesterol yang dibawa bisa menaikkan risiko penyakit jantung. Anda disarankan untuk mengonsumsi ayam yang dikukus, direbus, atau dipanggang.

Kemudian, bagian ayam yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan. Dada ayam merupakan bagian yang paling menyehatkan di antara bagian lain. Dan, hindari konsumsi kulit dan bagian yang berlemak.

Sebaiknya variasikan menu makanan dengan lauk lain. Jika mengonsumsi makanan yang itu-itu saja, maka tubuh akan mendapat gizi yang juga itu-itu saja. Padahal tubuh membutuhkan zat gizi lainnya agar bisa melaksanakan fungsi tubuh dengan baik, selerti dari ikan yang tinggi omega-3 dan vitamin B12.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Pola Makan yang Bikin Bebas Stres

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Stres disebabkan oleh banyak faktor, dari hubungan dengan orang lain, sekolah, hingga pekerjaan. Selain itu, apa yang dikonsumsi ternyata juga berpengaruh pada suasana hati atau mood.

Diketahui, pola makan harian berperan besar sebagai sumber stres. Pasalnya, zat gizi dari makanan berperan untuk menunjang fungsi otak, kekebalan tubuh, hingga mengeluarkan racun. Bahkan, membantu menurunkan kadar hormon kortisol dan adrenalin yang meningkat saat stres.

Maka dari itu, disarankan untuk disiplin menjaga pola makan guna mengurangi stres, agar tubuh dan pikiran bisa lebih bahagia. Berikut ini pola makan yang dianjurkan.

1. Penuhi kebutuhan cairan
Kurang cairan bisa membuat dehidrasi. Jika dehidrasi terjadi, maka kadar hormon kortisol bisa meningkat. Peningkatan hormon ini disebut juga sebagai cara tubuh merespon ketika sedang kekurangan cairan. Untuk itu, pastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi untuk mencegah dehidrasi dan stres.

2. Konsumsi karbohidrat kompleks
Tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin saat stres. Namun, serotonin yang bertugas untuk memperbaiki suasana hati malah menurun.

Untuk mengembalikan serotonin, Anda disarankan mengonsumsi karbohidrat kompleks setiap makan. Misalnya dari roti gandum, biji-bijian, sayuran, maupun buah-buahan. Hal ini diperkuat oleh hasil penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi sumber karbohidrat kompleks bisa membantu memproduksi lebih banyak serotonin.

Baca juga : Stres Bisa Memperlemah Imun, Berikut Tips Bebas Stres

3. Konsumsi banyak serat
Mengonsumsi makanan berserat tinggi bisa mengurangi stres. Saat mengonsumsi serat, bakteri dalam usus diketahui akan mengubah serat menjadi asam lemak rantai pendek, alias short-chain fatty acids (SCFAs). Selain menjadi sumber gizi utama bagi pencernaan, makanan dengan SCFAs juga bisa membantu menurunkan tingkat stres.

Adapun makanan berserat yang bisa merangsang produksi SCFAs contohnya, apel, kacang kedelai, kacang polong, produk dari gandum, serta aneka ragam sayuran.

4. Kurangi konsumsi lemak
Mengonsumsi makanan berlemak memperparah stres. Pasalnya, pola makan tak sehat, seperti terlalu banyak lemak jenuh dan trans, bisa berefek buruk pada keseimbangan hormon di dalam tubuh. Salah satunya memengaruhi kadar hormon pemicu dan pengendali stres. Maka dari itu, Anda disarankan untuk membatasi mengonsumsinya.

5. Perbanyak asupan vitamin dan mineral
Selain menunjang berbagai fungsi tubuh saja, asupan zat gizi mikro ini membantu mengurangi tingkat stres. Dari vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, magnesium, serta selenium.

Jika kebutuhan zat tersebut tak terpenuhi, maka risiko tekanan psikologis meningkat. Bahkan, bisa mengacaukan keseimbangan hormon pemicu dan pengendali stres pada tubuh.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Menpora: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan jika Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Event olahraga ini sedianya digelar pada Mei dan Juni tahun 2021 mendatang.

“Bapak Presiden mengecek kesiapan kita, baik kesiapan tentang penyelenggaraan, kesiapan infrastruktur, maupun kesiapan timnas. Alhamdulillah kita insyaallah tetap masih dalam koridor yang siap,” ujarnya usai mengikuti Rapat Terbatas, Selasa (20/10), di Jakarta.

Baca juga: Jokowi:  Yakinkan Indonesia Aman Jadi Tempat Penyelenggaraan Piala Dunia U20

Zainudin menjelaskan, persiapan sejumlah  sarana dan prasarana serta infrastruktur pendukung di 6 kota penyelenggaraberjalan sesuai dengan jadwal. Enam kota yang akan jadi tuan rumah ajang kompetisi tingkat dunia ini adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Solo, dan Bali.

“Tinggal kita nanti menunggu kapan inspeksi tentang kelayakan lapangan, khususnya lapangan pertandingan. Itu yang akan menyatakan layak dan tidaknya itu adalah FIFA,” katanya.

Dijelaskan Zainudin, persiapan sarana dan prasarana serta infrastruktur pendukung tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta pemerintah daerah. Persiapan tersebut meliputi lapangan pertandingan/venue utama, lapangan latihan, akses jalan menuju stadion, dan lain sebagainya.

“Kami melihat kesungguhan pemerintah daerah luar biasa, mereka melakukan pekerjaan penyiapan,  baik infrastruktur maupun penyiapan masyarakatnya untuk hospitality-nya,” katanya.

Zainudin berharap, ajang ini tidak hanya menjadi ajang olahraga tetapi juga ajang pariwisata atau sport tourism.

“Kita berharap supaya para pemain atau ofisial dari berbagai negara juga memanfaatkan kesempatan mereka datang ke Indonesia ini untuk menikmati Indonesia dengan berbagai kelengkapan yang bisa disuguhkan oleh pemerintah daerah,” ujarnya.

Terkait detail penyelenggaraan dan kepanitiaan Piala Dunia U-20 Tahun 2021 tersebut, Zainudin mengatakan pihaknya akan berkonsultasi dengan Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA sebagai pemilik kegiatan Piala Dunia U-20.

“FIFA World Cup U-20 atau Piala Dunia U-20 Tahun 2021 ini adalah propertinya FIFA. Jadi segala sesuatunya harus atas approval-nya FIFA,” pungkasnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC