Connect with us

Lifestyle & Sport

Sering Terdistraksi Saat Kerja atau Belajar di Rumah? Coba Lakukan Teknik Pomodoro

Published

on

Sering Terdistraksi Saat Kerja atau Belajar di Rumah? Coba Lakukan Teknik Pomodoro

Channel9.id-Jakarta. Kamu yang bekerja atau belajar dari rumah selama pandemi COVID-19 sering kali terdistraksi oleh hal lain. Misalnya saja, ketika sedang fokus-fokusnya, tiba-tiba datang telepon, pesan, atau email dari teman atau siapa pun—yang tidak bisa diabaikan. Kadang kala, meski distraksi ini sudah Kamu “ladeni”, Kamu malah terjebak memainkan gawai hingga akhirnya tugasmu malah jadi “ngaret”. Selain itu, masih ada banyak lagi yang bisa membuat konsentrasimu terpecah.

Kalau Kamu tak bisa mengatasi berbagai tantangan ini, rencana untuk menyelesaikan tugas jadi terulur dan tak tepat waktu. Tentu Kamu tak mau hal ini terjadi. Sebab nantinya waktumu malah habis untuk hal yang tidak esensial.

Untuk mengatasi hal itu, Kamu bisa mencoba teknik Pomodoro, lo. Teknik ini merupakan manajemen waktu di mana Kamu harus fokus melakukan suatu pekerjaan secara maksimal, dalam jangka waktu yang disediakan. Adapun teknik ini diperkenalkan pertama kali oleh Francesco Cirillo pada awal 90-an.

Dengan menerapkannya, akan membantu Kamu menyelesaikan tugas lebih cepat. Selain itu, mentalmu tak akan terlalu terbebani—yang kerap jadi masalah selama pandemi. Selain itu, teknik ini juga membantumu meningkatkan produktivitas. Kamu jadi bisa terhindar dari distraksi, lebih sadar saat mengambil keputusan, membantu mencapai target, hingga mengubah proses kerja dan belajar.

Cara melakukan teknik Pomodoro cukup mudah. Saat Kamu punya tugas—termasuk sulit, bagikan tugas tersebut menjadi beberapa bagian dan beri interval waktu-waktu yang singkat setiap bagiannya. Untuk lebih jelasnya, begini cara melakukan teknik Pomodoro.

1. Pilih tugas yang akan diselesaikan.
2. Bagi tugas menjadi beberapa bagian.
3. Setiap tugas harus dikerjakan masing-masing dalam 25 menit. Kamu harus fokus pada satu tugas ini.
4. Setelah 25 menit, istirahatlah selama 5 menit.
5. Kemudian kerjakan tugas selanjutnya di 25 menit berikutnya.
6. Jika sudah mengerjakan tugas selama 100 menit (4 x 25 menit, termasuk istirahat 4 x 5 menit), Kamu bisa beristirahat lebih lama, sekitar 15—20 menit.

Menargetkan waktu secara konstan seperti itu bisa meminimalisasi kegiatan menunda-nunda. Sekadar saran, jika tak ada pesan dari sekolah atau kantor, sebaiknya waktu istirahat dipakai untuk menyiapkan minuman atau berjalan keliling ruangan, ketimbang bermain media sosial. Dengan begitu, Kamu juga bisa lebih tenang secara mental, karena tak terpapar informasi atau hal-hal yang berisiko meningkatkan stres.

Adapun kunci keberhasilan teknik ini ialah fokus yang tinggi. Sementara, jika Kamu mendapat atau meladeni distraksi, Kamu harus menghentikan pekerjaanmu dan Kamu mesti memulai lagi dari awal. Sebaiknya catat kapan dan apa yang membuat terdistraksi. Hal ini membantumu untuk melakukan evaluasi diri.

Guna mencegah distraksi di masa mendatang selama menjalani teknik Pomodoro, coba beritahu pihak yang mungkin mengganggumu bahwa Kamu harus fokus dalam beberapa menit ke depan. Kamu juga mesti membuat kesepakatan kapan waktu yang tepat untuk menghubungimu. Atau, Kamu juga bisa membuat jadwal kapan Kamu harus merespons balik, misalnya setelah tugasmu beres.

Namun, mesti diingat, tak semua orang cocok menggunakan teknik ini. Kamu bebas mengeksplorasi diri untuk mencari teknik manajemen waktu yang tepat untukmu.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Cara Alami yang Bisa Memperlambat Kemunculan Keriput di Wajah

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Seiring usia bertambah, tanda-tanda penuaan seperti keriput di wajah akan muncul secara perlahan. Perubahan ini memang keniscayaan. Namun, ada kalanya kebiasaan Kamu, yang mungkin tak disadari, malah mempercepat proses pembentukan keriput ini.

Meski begitu, ada sejumlah solusi perawatan wajah yang bisa memperlambat pembentukan keriput di wajah. Bahkan kiat-kiat ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Tentu Kamu bisa mencobanya! Apa saja sih? Ini dia di antaranya.

1. Masker putih telur
Menggunakan putih telur sebagai masker bisa mengencangkan kulit wajah. Ini karena putih telur mengandung astringent yang memberi efek demikian. Efek kencang ini cepat didapat, namun sayangnya bersifat sementara. Untuk itu, kalau Kamu ingin menggunakannya, maskeran ini disarankan dilakukan paling tidak seminggu sekali.

2. Pembersih wajah dari susu segar dan madu
Madu bisa menjaga kelembaban kulit, sehingga bisa meningkatkan elastisitas kulit dan memperlambat munculnya keriput wajah. Sementara itu, susu bisa mengangkat debu pada pori-pori kulit. Adapun kombinasi keduanya membantu wajah memproduksi lebih banyak kolagen secara alami.

Kamu bisa menggunakan kombinasi keduanya untuk membersihkan wajah.

3. Toner air lemon dan gula
Gula bisa membantu meregenerasi kulit yang rusak. Sedangkan lemon bisa mengangkat sel-sel kulit mati, supaya membuat kulit wajah semakin lembut. Selain itu, vitamin C pada lemon juga membantu memicu produksi kolagen.

Kamu bisa membuat campuran gula dan air lemon untuk membuat toner. Penggunaannya bisa membantu mencegah penumpukan sel kulit mati.

4. Pijat wajah
Pijat wajah membantu mengencangkan kulit. Kamu perlu memfokuskan pijatan pada kelenjar getah bening untuk mengangkat kelebihan air dari wajah. Ulangi cara ini secara teratur dan disarankan dilakukan setelah menggunakan produk perawatan kulit, supaya zat-zatnya terserap dengan baik ke kulit. Lakukan paling tidak 1 sampai 2 menit.

Untuk melakukannya, gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat secara melingkar. Mulai dari bawah telinga, lalu ke leher dan tulang selangka. Selanjutnya, ke area bawah dagu, bawah rahang, dan menuju telinga. Pijat kulit dari ujung dalam ke ujung terluar telinga. Bergeraklah ke pelipis dan pijat turun pada bagian sisi wajah.

5. Pantau pola makan
Disadari atau tidak, makanan juga memengaruh percepatan pembentukan keriput di wajah. Salah-salah, malah bikin Kamu cepat keriput. Adapun sejumlah makanan yang bisa membantu memperbaiki kondisi kulit wajah—termasuk memperlambat pembentukan keriput, yaitu makanan yang kaya antioksidan (seperti sayuran hijau), vitamin A-B Kompleks-C-E (seperti telur, daging, buah, dan sayuran), serta omega-3 (seperti salmon dan ikan laut lainnya).

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Liga Italia: Lazio Kalahkan Inter Milan 3-1

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Lazio mengalahkan Inter Milan dengan skor 3-1 dalam lanjutan Liga Italia pekan kedelapan di Stadio Olimpico, Roma pada Sabtu malam WIB.

Inter unggul terlebih dahulu pada menit ke-12 lewat tendangan penalti setelah Nicolo Barella dilanggar Elseid Hysaj di kotak terlarang.

Wasit sempat meninjau tayangan ulang pelanggaran Hysaj di Video Assistant Referee (VAR) sebelum memberikan hadiah penalti.

Ivan Perisic maju sebagai eksekutor dan sukses mengecoh kiper Pepe Reina. Nerazzurri unggul 1-0.

Baca juga: Gol Bunuh Diri Thomas Strakosha, Petaka Bagi Lazio

Lazio berupaya mengejar ketertinggalan pada menit ke-24 lewat upaya Toma Basic, tetapi bola masih bisa dihentikan penjaga gawang Inter Samir Handanovic.

Keunggulan 1-0 Inter bertahan hingga babak pertama berakhir.

Enam menit selepas jeda istirahat, Inter Milan mendapat kans menggandakan keunggulan melalui sundulan Matteo Darmian di kotak penalti yang masih bisa diselamatkan Reina.

Lazio memperoleh kesempatan emas menyamakan kedudukan melalui titik putih. Bek Inter, Alessandro Bastoni melakukan handball saat berusaha menghalau sundulan Patric di depan gawang.

Ciro Immobile sukses mengeksekusi penalti dan mengecoh Handanovic hingga kedudukan berubah menjadi 1-1 pada menit ke-64.

Pada menit ke-81, Lazio berbalik unggul berkat tembakan Felipe Anderson setelah menerima bola muntah dari Handanovic. Kedudukan menjadi 2-1 untuk tuan rumah.

Lazio mencetak gol ketiga di injury time lewat sundulan Milinkovic-Savic setelah meneruskan tendangan bebas Luis Alberto yang gagal dihentikan Handanovic. Laga tuntas dengan kemenangan 3-1 untuk Elang Ibu kota.

Kemenangan ini membawa Lazio naik ke posisi lima klasemen sementara Serie A dengan 14 poin. Sedangkan Inter harus tertahan di urutan ketiga dengan 17 poin.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Chelsea Menang 1-0 Lawan Brentford,  The Blues Geser Posisi Liverpool

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Chelsea menang melawan Brentford dengan skor 1-0 dalam lanjutan pekan kedelapan Liga Inggris di Community Stadium pada Minggu WIB.

Satu-satunya gol dicetak oleh bek kiri Chelsea Ben Chilwell.

Chelsea mendapatkan dua peluang langsung pada menit ke-16 dan 17, tetapi usaha dari Kante dan Lukaku masih belum berbuah gol.

Pada menit ke-22, Brentford punya peluang emas lewat sepakan kaki kiri Mbeumo yang masih membentur tiang gawang.

Baca juga: Chelsea Gulung 10 Pemain Southampton Dengan Skor 3-1

The Blues mencatatkan peluang emas pada menit ke-37. Berawal dari umpan Lukaku, bola diterima Werner sebelum melepaskan tembakan yang masih melambung.

Chelsea akhirnya mencetak gol menjelang berakhirnya babak pertama. Ben Chilwell melepaskan sepakan voli setelah memanfaatkan kemelut di kotak penalti.

Tim tamu menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas Brentford.

Selepas jeda, Brenford menunjukkan upaya mereka untuk menyamakan kedudukan dan membuat laga berjalan cukup berimbang di awal laga.

Chelsea mencatatkan peluang pada menit ke-70 melalui sambaran Lukaku yang masih melambung dari gawang kawalan Raya.

Memasuki masa injury time, Brentford kembali nyaris bikin gol lewat Norgaard. Namun, tendangan saltonya masih bisa ditepis Mendy.

Skor 1-0 bertahan hingga pertandingan selesai dan Chelsea berhak membawa pulang tiga poin.

Kemenangan ini membuat skuad asuhan Thomas Tuchel kembali ke puncak klasemen Liga Inggris dengan 19 poin, menyalip kembali Liverpool.

Sedangkan Brentford tertahan di peringkat 7 dengan 12 poin.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC