Lifestyle & Sport

Shin Tae-yong Bangga Benteng Pertahanan Tim Garuda Kokoh Hadapi Gempuran Vietnam

Channel9.id – Jakarta. Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, tak lagi marah setelah melihat timnya menahan Vietnam 0-0 di matchday ketiga Grup B Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2021). Kali ini, juru taktik asal Korea Selatan itu bangga melihat perjuangan Alfeandra Dewangga dan kawan-kawan dalam menahan gempuran Vietnam racikan Park Hang-seo.

Bermain di Stadion Bishan Singapura, Timnas Indonesia sepanjang laga tampil di bawah tekanan. Ezra Walian dan kawan-kawan bahkan tertahan hingga berkumpul di dalam kotak penalti Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia pun mengakhiri laga dengan penguasaan bola hanya sekitar 30 persen berbanding 70 persen milik Vietnam. Kendati demikian disiplinnya para pemain membuat laga tetap imbang tanpa gol 0-0.

Baca juga: Indonesia Tahan Imbang Vietnam Tanpa Gol

Tercatat, skuad asuhan Park Hang-seo membuat 21 tembakan sepanjang laga! Uniknya dari 21 tembakan itu, hanya satu di antaranya yang mengarah tepat ke gawang Timnas Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata.

Hal ini menunjukan Shin Tae-yong cerdas dalam membentuk benteng kukuh di depan Nadeo. Dalam laga yang baru saja berakhir itu, Shin Tae-yong mengandalkan pola 5-4-1. Dalam pola ini, ada tiga bek tengah yang turun yakni Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga dan Fachrudin Aryanto. Mereka tampil kompak dalam menggalang pertahanan.

Shin Tae-yong mengatakan ini merupakan hasil dari apa yang telah disiapkannya sejak pertama kali melatih Timnas Indonesia pada 2019. Sejumlah pemain pilihannya dinilai semakin padu.

Dilihat dari susunan pemain pada laga malam ini, beberapa di antaranya merupakan skuad yang bermain pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada medio Juni 2021, atau ketika Timnas Indonesia dibantai Vietnam 0-4.

Beberapa di antaranya, Evan Dimas, Witan Sulaeman, Nadeo Argawinata, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.Terkhusus kepada pemain-pemain itu, Shin Tae-yong menyampaikan apresiasi.

“Skuad kita masih tergolong baru, ketika saya mulai melatih Timnas 2019, satu tugas saya yang dipersiapkan adalah mencari pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan berharap kita lolos. Namun, sayangnya tidak,” ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

“Ketika saya menyiapkan 20-an pemain, 6 sampai 7 pemain di antaranya merupakan bagian dari skuad saat itu. Mereka bermain sangat baik di laga kali ini,” lanjut pelatih yang memimpin skuad Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

“Saya bangga dengan mereka. Kemampuan para pemain pun semakin meningkat, dan para pemain berusaha memahami taktik dari saya, saya bangga kepada mental dari para pemain,” ucapnya.

Satu hal yang pasti, hasil 0-0 kontra Vietnam merupakan hasil positif bagi Timnas Indonesia. Setelah melewati tiga pertandingan, Timnas Indonesia duduk di puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020 dengan tujuh poin, sama persis dengan Vietnam di tempat kedua.

Untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020, Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang. Hal itu saat Timnas Indonesia menghadapi Malaysia di laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 pada Minggu, 19 Desember 2021 malam WIB.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

81  +    =  82