Techno

Spotify Mulai Merambah ke Metaverse

Channel9.id-Jakarta. Sudah ada sejumlah perusahaan yang merambah ke metaverse. Kini giliran Spotify yang melakukannya.

Spotify mengumumkan bahwa langkahnya ke dunia virtual akan dilakukan melalui ruang interaktif Roblox yang disebut Spotify Island, dilansir dari Engadget. Ruang ini bakal menjadi tempat di mana pengguna bisa membuat musik, bersantai, dan mendapat akses ke merchandise virtual eksklusif.

Spotify menghadirkan Spotify Island di Roblox dengan desain yang sesuai dengan brand-nya: banyak warna hijau dengan bentuk, warna, dan ikon seperti saat ini.

Pengguna bisa mengumpulkan ikon “Suka” berbentuk hati untuk mendapat merchandise gratis, misalnya. Berbicara tentang barang digital, Spotify mengatakan barang dagangan virtual eksklusif dalam game akan memberi kesempatan kepada artis untuk terhubung dengan penggemar dan mendapat uang. Spotify menjelaskan bahwa sebagian dari penjualan akan diberikan kepada artis, namun tak merinci persentasenya. Perusahaan juga mengatakan telah berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk membuat koleksi item yang “benar-benar mencerminkan siapa mereka.”

Tugas utama di Spotify Island adalah bergaul dengan artis, menyelesaikan misi, dan mengakses “konten eksklusif”. Perusahaan mengatakan pihaknya telah menebar telur Paskah di dunia virtual agar bisa ditemukan pengguna di sepanjang jalan. Pengguna juga bisa membuat musik dan suara melalui stasiun pembuat beat yang didukung oleh Soundtrap, yakni platform rekaman online Spotify yang diakuisisi pada 2017 lalu.

Spotify mengatakan “pengalaman dengan tema” pertamanya akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang. K-Park, mengacu pada K-Pop, akan memberi kemampuan kepada pengguna untuk berinteraksi dengan artis Stray Kids dan SUNMI. Pengguna juga tak harus menunggu sampai K-Park hadir untuk membeli merchandise, sebab merchandise SUNMI sudah bisa dibeli. Sementara itu, merchandise Stray Kids akan segera hadir.
(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

9  +  1  =