Lifestyle & Sport

Suka Rebahan Setelah Makan? Hati-Hati, Bahaya Ini Mengintai

Channel9.id-Jakarta. Apakah Kamu punya kebiasaan rebahan atau berbaring setelah kekenyangan makan?

Jika ya, sebetulnya kebiasaan ini tak baik untukmu. Meski membuatmu nyaman, rupanya kebiasaan ini bisa membuatmu diintai sejumlah bahaya, lho. Jadi, sebaiknya Kamu hindari kebiasaan ini.

Setelah makan, Kamu disarankan untuk memberi jeda antara jam makan dengan jam tidur. Berilah jeda minimal 2-3 jam setelah makan, barulah tidur, dilansir dari Very Well Health.

Perlu Kamu ketahui, makanan harus dicerna di lambung terlebih dahulu, lalu ke usus halus. Jika tak ada jeda, ada bahaya yang mesti Kamu waspadai.

Adapun bahaya berbaring setelah makan di antaranya berikut ini.

1. Susah tidur
Selain itu, berbaring setelah makan bisa membuatmu kesulitan tidur, dilansir dari Mayo Clinic. Terlebih jika Kamu mengonsumsi makanan berlemak.

Jadi, Kamu sebaiknya menghindari makanan berlemak tinggi dan berporsi besar. Hindari juga alkohol dan kafein. Meski alkohol membuatmu cepat tertidur, tidurmu bisa tak nyenyak karena sering terbangun.

2. Mimpi buruk
Mimpi buruk juga bisa muncul jika Kamu langsung tidur setelah makan. Pasalnya, makan sebelum tidur bisa meningkatkan metabolisme. Sehingga, otak jadi lebih aktif dan berpotensi memunculkan mimpi buruk.

Maka dari itu, kenali waktu makan dan tidurmu. Hindarilah makan apa pun sebelum tidur, apalagi makanan berat dalam porsi besar.

3. Kenaikan berat badan
Menurut ahli gizi, makan kenyang tepat sebelum tidur bisa mengakibatkan heartburn, kenaikan berat badan, mengganggu tidur, hingga memengaruhi kesehatan jantung.

Kamu disarankan untuk makan dengan porsi kecil dengan pilihan makan rendah kalori dan berprotein, seperti buah segar, sayuran, kacang-kacangan atau biji-bijian.

4. Penyakit asam lambung (GERD)
Berbaring bisa membuat makanan yang dicerna di perutmu naik. Demikian pula asam lambung. Kondisi ini disebut GERD (gastroesophageal reflux disease) atau refluks asam.

GERD akan memberi efek terbakar di tengah dada dan di tulang belakang.

5. Stroke
Stroke bisa mengintai Kamu yang punya kebiasaan berbaring setelah makan. Pasalnya, menurut sebuah studi, berbaring setelah makan bisa meningkatkan risiko stroke. Sementara, orang-orang yang memberi jeda panjang untuk tidur setelah makan cenderung tak terkena stroke.

Meski begitu, hal tersebut harus diteliti lebih lanjut. Sebab 250 dari 500 partisipan dari studi terakhir, memiliki riwayat keluarga dengan stroke.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10  +    =  13