Channel9.id-Jakarta. Instagram tak mau kalah dari TikTok. Anak usaha Meta baru saja menambahkan fitur text-to-speech dan efek suara ke Reels-nya, yang murip dengan fitur TikTok.
Diketahui, dua fitur TikTok itu begitu populer. Adapun hal penting dari fitur text-to-speech ini ialah fitur aksesibilitas yang memungkinkan orang yang tak bisa melihat atau buta bisa mendengar versi lisan suatu teks tertulis.
Dilansir dari The Verge, untuk menggunakan text-to-speech di Reels, buka aplikasi Instagram dan buka kamera Reels, rekam atau unggah video, dan tambahkan teks ke video menggunakan alat teksnya. Ketuk gelembung teks untuk membuka menu tiga titik, dan pilih “text-to-speech”, lalu pilih opsi suara yang diinginkan. Kemudian unggah Reel seperti biasa.
Jika ingin menambahkan efek suara ke Reel—yang memungkinkan pengguna memodifikasi audio termasuk voice-over, setelah merekam Reel, ketuk catatan musik untuk membuka mixer audio, ketuk “efek” dan pilih efek suara yang diinginkan. Adapun pilihannya termasuk “helium,” “raksasa,” dan “robot.”
Reels sudah dirilis pada 2020 lalu. Fitur ini menjadikan Instagram sebagai pesaing langsung TikTok, yang sangat populer. Pada Juli lalu, Instagram meluncurkan program bonus untuk konten kreator—yang merupakan rencana perusahaan induknya, Facebook (sekarang Meta). Mereka menjanjikan akan membayar $1 miliar (atau Rp14 triliun) kepada konten kreator hingga 2022, pun menawarkan mereka yang jumlah pengikut yang tinggi sebesa $35.000 (atau Rp496 juta) bonus untuk membuat Reel.
(LH)