Lifestyle & Sport

Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Kesemutan

Channel9.id-Jakarta. Kesemutan sering terjadi di area tangan dan area kaki. Hal ini tentu mengganggu jika sedang beraktivitas. Sebetulnya ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang mungkin tak disadari yang menjadi penyebab kesemutan.

Lantaran sudah menjadi kebiasaan, Anda cenderung abai pada fakta bahwa hal itu memicu kesemutan.  Berikut ini kegiatan sehari-hari yang bisa memicu kesemutan.

A. Di Area Tangan

1. Membunyikan leher
Alih-alih berharap merasa lega, membunyikan leher justru buruk bagi kesehatan. Pasalnya, kebiasaan ini bisa menimbulkan tekanan pada saraf karena bantalan tulang belakang bergeser. Aktivitas yang menimbulkan tekanan saraf ini bisa memicu kesemutan, menjalar dari bahu menuju ke lengan atas, lengan bawah, hingga tangan.

2. Terlalu lama menunduk
Biasanya orang menundukkan kepala terlalu lama saat membaca buku dan bermain gadget. Jika menunduk terlalu lama, leher bisa menjadi kaku. Jika demikian, pergeseran di tulang belakang bisa terjadi. Ini membuat saraf di area leher menjadi terjepit. Kondisi ini bisa menyebabkan kesemutan, dari leher, bahu, menjalar hingga tangan.

3. Menggunakan bantal bertumpuk
Bantal bertumpuk dinilai membuat nyaman saat membaca dan bermain gadget. Namun, sebaiknya jangan dilakukan terus-menerus. Karena bisa membuat leher pegal, otot leher pun menjadi kaku dan kekakuan otot leher juga memicu timbulnya kesemutan.

B. Di Area Kaki

1. Kebiasaan berjongkok
Banyak kegiatan yang mengharuskan Anda jongkok. Misalnya, buang air, mungkin mencuci pakaian, mengepel dan lainnya. Jika dilakukan dalam waktu lama, kesemutan pada area kaki bisa muncul karena terlalu lama menopang berat tubuh.

Disarankan duduk di bangku pendek saat beraktivitas agar beban tubuh ditopang bangku. Sehingga tidak menghambat aliran darah ke kaki dan menyebabkan kesemutan.

2. Lupa mengeluarkan benda di saku celana belakang
Tak sedikit yang lupa mengeluarkan benda di saku belakang sebelum duduk. Padahal kebiasaan ini bisa membuat saraf iskiadikus di bokong menjadi tertekan. Jika saraf ini tertekan, kaki bisa kesemutan.

3. Memakai sepatu hak tinggi
Model sepatu ini membuat Anda harus menumpukan beban tubuh ke jari kaki. Karena terlalu lama menopang berat tubuh, otot-otot pada kaki akan menjadi kaku. Ini bisa memicu timbulnya kesemutan pada area kaki.

Tak hanya itu, kaki pun bisa kram lantaran betis mengalami tekanan dan membuatnya terasa kaku. Dalam waktu lama, kaki akan mengalami kram otot sehingga sakit dan susah digerakkan.

Baca juga : Alasan Badan Mudah Pegal dan Nyeri

Jika sudah mengganggu aktivitas, disarankan untuk mengonsultasikannya dengan ahli kesehatan. Sebelum itu, Anda bisa mencoba melakukan peregangan otot sesering mungkin.

Namun, perlu diingat sejatinya bukan hanya kebiasaan seseorang yang bisa memicu kesemutan. Kondisi kesehatan tertentu pun bisa menjadi penyebabnya, misalnya Carpal tunnel syndrome (CTS), dabetes, dan mengonsumsi obat tertentu.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7  +  2  =