Techno

TikTok Tetap Jadi Primadona, Unduhannya Makin Meningkat

Channel9.id-Jakarta. TikTok diakui sebagai salah satu platform media sosial yang pertumbuhannya paling cepat di dunia. Menurut laporan Sensor Tower “Q1 2022: Store Intelligence Data Digest”, TikTok menjadi aplikasi teratas dengan unduhan di seluruh dunia pada Q1 2022. Tercatat bahwa unduhan TikTok melebih 3,5 miliar kali di sepanjang Q1 2021, dilansir dari TechCrunch.

Sejak awal 2022, TikTok telah diunduh lebih dari 175 juta kali. Dengan demikian, TikTok telah melampaui 10 juta unduhan di sembilan kuartal terakhir. Tak ada aplikasi yang unduhannya lebih banyak daripada TikTok sejak awal 2018.

Secara keseluruhan, TikTok begitu dominan lantaran tren yang diciptakannya, algoritmenya yang unik, dan beragam komunitas yang menggandrunginya.

Perihal unduhan secara global di iPhone dan iPad, urutan lima aplikasi teratas tak berubah dari tiga kuartal terakhir. TikTok melampaui 70 juta unduhan App Store sebanyak tiga kali di sepanjang Q1 2022, didorong oleh pertumbuhan kuartal-ke-kuartal sebesar 11% di Asia. Kendati dilarang di India, yang merupakan salah satu pasar terbesarnya, TikTok tetap menempati peringkat ketiga secara keseluruhan di Asia. TikTok ada di peringkat pertama di App Store, namun di peringkat ketujuh untuk Google Play di Asia.

Sementara itu, di AS secara keseluruhan, TikTok selalu menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada setiap kuartal sejak Q1 2021. Selain itu, sejak Q1 2021, TikTok dan YouTube menjadi dua aplikasi teratas di App Store AS pada setiap kuartal. TikTok juga menjadi aplikasi nomor satu di Google Play di Q3 2021, dengan jumlah unduhan naik 19% dari tahun ke tahun.

Di Eropa, lima aplikasi yang sama menempati posisi teratas di empat kuartal terakhir. TikTok dan WhatsApp menjadi yang teratas, sementara Instagram turun peringkat ke posisi nomor empat. Meskipun WhatsApp menjadi yang teratas di App Store Eropa pada tujuh kuartal terakhir, TikTok pun bertahan di posisi teratas di Google Play pada periode yang sama.

Perkiraan yang dibuat oleh Sensor Tower ini mencakup unduhan di seluruh dunia untuk iPhone, iPad, dan Google Play untuk 1 Januari hingga 31 Maret 2022. Ini tak termasuk aplikasi pre-installed. Perusahaan hanya melaporkan penginstallan unik dan perkiraan Android tidak termasuk toko pihak ketiga. Angka tersebut mewakili pemasangan agregat dari semua versi aplikasi.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  67  =  68