Lifestyle & Sport

Tingkat Konsumtif Masyarakat Indonesia Tinggi

Channel9.id-Jakarta. Ditinjau dari tingkat kepercayaan diri untuk berbelanja, Indonesia berada di urutan ketiga dari 106 negara yang dijadikan sampel penelitian. Ini menunjukkan bahwa tingkat perilaku konsumtif masyarakat terbilang tinggi. Demikian hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 2017 lalu.

Dikutip dari geotimes.com, masyarakat cenderung terdorong untuk menggunakan produk sesuai tren.

Terlebih lagi dengan mudahnya akses informasi produk melalui aplikasi belanja di internet. Transaksi pembayaran bahkan lebih mudah dengan adanya mobile banking.

Budaya konsumerisme di Indonesia merupakan persoalan utama dan serius.

Dosen Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara Karlina Supel pernah menanggapi hal ini (23/10/17). Ia berpendapat, masyarakat menjadi tidak produktif dan cenderung menjadi konsumen. “Dan ini harus mendapat perhatian,” katanya.

Patut kiranya, masyarakat Indonesia hari ini belajar dari budaya minimalis di Jepang. Sebab, semakin mudah akses belanja, semakin besar kemungkinan konsumerisme sulit dibendung.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  17  =  23