Connect with us

Lifestyle & Sport

Tips Supaya Kamu Tak Mudah Pikun

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Kamu gampang lupa? Jika iya, ada sejumlah faktor yang membikin ingatanmu menurun. Misalnya kurang tidur, kondisi medis tertentu, konsumsi obat tertentu, gangguan emosi, terlalu banyak minum alkohol, dan kekurangan vitamin B12.

Selain itu, ada faktor lain yang menjadi keniscayaan bagi semua orang, yaitu menua.

Seiring bertambahnya usia, ingatanmu juga akan menurun karena otakmu membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses dan mempelajari informasi baru. Bahkan Kamu juga jadi kesulitan untuk mengingat. Namun, jangan khawatir, sebab ada cara untuk memperkuat ingatan dan mempelambat efek penuaan terhadap ingatan, lho.

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk mengantisipasi pelupa akibat proses penuaan.

1. Amati dengan seksama
Tumbuhkan minat terhadap apa yang mau Kamu ingat, lalu pikirkan terus. Libatkan semua inderamu saat memproses informasi. Pelajari setiap detailnya dengan lebih dekat, mencium, menyentuh, dan mendengarkan dengan seksama. Di sisi lain, otak harus memilih apa yang harus diingat. Lantas perhatikan apa atau siapa yang ingin Kamu ingat.

2. Hubungkan informasi baru dengan yang lama
Hubungkan sesuatu yang ingin Kamu ingat dengan hal yang sudah Kamu ketahui. Cara menghubungkan informasi lam dengan yang baru akan membuatnya jadi lebih bermakna. Sehingga Kamu jadi lebih mudah mengingatnya.

3. Gunakan imajinasi
Visualisasikan gambaran dalam pikiran Kamu tentang apa yang ingin Kamu ingat. Dengan menggunakan imajinasi—yang mengada-ada atau fantastis, ingatanmu bisa lebih kuat. Namun bagi kebanyakan orang, cara ini memerlukan latihan karena kita cenderung bersikap sangat logis dan serius.

4. Pikirkan terus
Pikirkan dan jabarkan setiap detail yang ingin Kamu ingat. Semakin banyak rincian atau informasi yang bisa Kamu dapatkan—dengan melibatkan indera atau mengajukan pertanyaan, Kamu akan menambah makna dan mengingatknya.

5. Konsentrasi
Kemampuan Kamu untuk berkonsentrasi pada saat ini bisa meningkatkan kemampuanmu untuk belajar dan mengingat informasi baru.

Perlu Kamu ingat, ingatan jangka pendek itu rapuh. Jika pikiranmu terganggu, maka Kamu bisa lupa seketika. Jadi, Kamu disarankan untuk tenang, misalnya, dengan tak memikirkan apa yang ingin Kamu lakukan besok, atau khawatir soal yang terjadi kemarin.

6. Ucapkan berulang informasi yang mau diingat atau tuliskan
Jika ada info, nama, atau nomor yang ingin Kamu pelajari, ulangi beberapa kali baik dengan suara keras atau bicara pada diri sendiri. Cara sederhana seperti ini akan membantumu mengingat informasinya.

Atau, Kamu juga bisa menulis di jurnal atau kertas. Cara ini membutuhkan konsentrasi dan bisa membantumu mengingat, lho. Menulis dengan tangan membantumua mengingat lebih baik daripada mengetikkan informasi ke gawaimu.

Nah, itu dia beberapa upaya yang bisa Kamu lakukan untuk memperkuat ingatanmu. Selain itu, Kamu juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan—seperti buah berry, pisang, apel, dan sayuran hijau—dan omega-3. Menurut para ilmuwan, antioksidan mampu membunuh radikal bebas yang bisa membunuh sel otak. Sementara, omega-3 akan membantu otak memperbaiki dirinya sendiri.

Kamu juga harus tidur cukup. Pasalnya, melewatkan jam tidur malam akan menyebabkan ingatanmu tercampur aduk atau hilang, dan akan sangat sulit untuk dikembalikan.

Upaya lainnya yaitu dengan berolahraga. Jalan kaki, misalnya. Menurut penelitian, orang dewasa yang rutin jalan kaki akan memperoleh tambahan volume pusat memori otak atau hippocampus. Artinya, seseorang yang sudah tua pun masih punya kesempatan memiliki slot ingatan lebih luas.
(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Warga Blitar Berinovasi Ciptakan Mie Berbahan Ikan Patin

Published

on

By

Warga Blitar Berinovasi Ciptakan Mie Berbahan Ikan Patin

Channel9.id-Blitar. Pandemi corona tidak selalu membawa keterpurukan terutama bagi para pelaku usaha, selagi masih ada usaha untuk berinovasi dan berkreatif pasti ada jalan untuk keberhasilan.

Seperti yang dilakukan oleh Siti Purwanti, seorang warga Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar Jawa Timur. Berawal dari banyaknya budidaya ikan patin yang tak laku dijual, perempuan berusia 31 tahun tersebut justru sukses mengkreasikan ikan patin menjadi olahan mie instan yang sehat. Rasanya yang gurih serta tingginya kandungan protein membuat makanan sehat ini banyak diburu warga.

Baca juga : Tips Atasi Kecanduan Mie Instan

Mi ikan patin ini berbahan dasar ikan patin yang tinggi kandungan lemak jenuh, protein dan asam Omega 3. Proses pembuatannya, ikan yang sudah dibersihkan dikukus dalam dandang. Air kaldu yang dihasilkan, kemudian dicampur dengan tepung dan telur. Adonan ini lalu dicetak menjadi mi.

“Saya tertarik membuat mi ikan, karena masyarakat kita itu sangat suka mi. Kedua, di saat pandemi, makanan instan banyak diminati sehingga mi bikinan saya ini juga saya kemas seperti mi instan yang praktis memasaknya,” tutur ibu satu putri ini, Minggu (24/1/21).

Proses pengeringan mi membutuhkan waktu sehari jika panas terik. Namun di musim hujan, Siti memasukkan mi itu ke dalam oven hingga benar-benar kering. Sedangkan daging ikan patin yang telah matang dibersihkan dari tulang dan duri kemudian dicampur beragam bumbu untuk marinasi. Istilah untuk bumbu yang dimasukkan sachet di mi instan.

“Daging ikan patin dikasih bumbu kemudian disangrai sampai kering. Baru diratakan di loyang dan dioven hingga benar-benar kering dan renyah. Disinilah keistimewaan kuah kaldu mi ikan bikinan saya. Karena marinasinya benar-benar dari daging ikan murni,” jelasnya.

Mie yang telah kering di-packing dalam kardus beserta bumbu marinasinya. Tak lupa, Siti juga menyertakan cabai untuk menambah rasa pedas sesuai selera konsumennya. Satu kardus mi ikan ini, dijual seharga Rp 10 ribu. Siti mengaku, pemasaran secara online membuat produknya justru lebih dikenal di luar wilayah Blitar.

“Pesanan justru mengalir dari luar Blitar. Seperti Kediri, Madiun, Solo dan Tangerang. Mi ikan ini tahan sampai tiga bulan walaupun tanpa bahan pengawet,” imbuhnya.

Selain mie, kini Siti Purwanti juga mengolah berbagai kuliner seperti kerupuk dan sambal yang terbuat dari ikan air tawar. Dengan kreasi kuliner ini, Siti Purwanti mendapatkan omzet jutaan rupiah setiap bulannya.

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Jangan Ragu Minum Kopi Sebelum Olahraga

Published

on

By

Channel9. Id-Jakarta. Kamu mungkin pernah berencana minum kopi sebelum olahraga, namun urung niat lantaran khawatir dampaknya. Nah, sebetulnya boleh tidak sih minum kopi sebelum olahraga?

Menurut sejumlah penelitian, Kamu rupanya bisa mendapat manfaat sehat jika minum kopi sebelum mulai olahraga. Bukan cuma itu, kafein dalam kopi bisa membuat sesi olahraga menjadi maksimal.

Ingat, sebelum olahraga, bukan sesudahnya. Pasalnya, Kamu akan membutuhkan nutrisi yang bisa membantu memulihkan tubuh.

Lantas, apa saja sih manfaat minum kopi sebelum olahraga?

1. Mencegah nyeri otot
Menurut penelitian, minum kopi kira-kira satu jam sebelum berolahraga bisa mencegah nyeri otot. Penelitian lain pun menambahkan bahwa cara ini bisa mengurangi rasa nyeri hingga 48%.

Dengan demikian, Kamu bisa lebih nyaman berolahraga. Terlebih jika sedang menjalani latihan dengan intensitas tinggi atau berdurasi lama.

2. Melancarkan sirkulasi darah
Para ahli di Jepang membuktikan bahwa minum kopi bisa melancarkan sirkulasi darah hingga 30%.

Semakin aliran darah lancar, jaringan-jaringan otot dan tulang akan mendapat suplai oksigen dan sel darah putih yang cukup. Dengan begitu, kerja otot dan tulangmu akan terbantukan saat aktif bergerak atau berolahraga.

3. Meningkatkan ketahanan fisik
Penelitian lainnya mendapati bahwa minum kopi sebelum berolahraga bisa membantu meningkatkan ketahanan fisik. Kamu jadi tak mudah lelah dan bisa lebih menikmati latihan fisikumu setiap hari. Hal ini berkat efek kafein dalam kopi yang mampu menyegarkan pikiran serta membuatmu merasa lebih bertenaga.

Itu dia manfaat yang bisa Kamu dapat jika minum kopi sebelum olahraga. Namun, ada hal yang mesti Kamu ingat, jika ingin mendapat manfaatnya semaksimal mungkin.

Pertama, minumlah kopi satu jam sebelum olahraga. Usahakan jangan beri tambahan susu sapi atau gula. Jangan lupa pula untuk tetap minum air putih. Jika mampu, minumlah kopi lalu diiringi olahraga secara rutin guna mempermudah tubuh menyesuaikan diri.

(LH)

 

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Bertahun-tahun Dilakukan, Ini Kebiasaan Mandi yang Buruk Bagimu

Published

on

By

Kebiasaan Mandi yang Buruk Bagimu

Channel9.id-Jakarta. Sudah berapa lama Kamu hidup di dunia ini? Sepanjang umurmu itu, ada satu ritual harian yang mestinya tak Kamu lewatkan—kecuali ada masalah medis, yaitu mandi.

Hakikatnya, mandi bertujuan untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Kamu pastinya sudah hapal betul bagaimana gerakan mandi, yang menurut sebagian orang monoton dan membosankan karena itu-itu saja. Meski sudah terbiasa mandi, apakah Kamu yakin cara dan teknik mandimu sudah benar? Jangan-jangan cara atau teknik mandimu salah dan ini bisa buruk bagimu, lho. Ingat, cara mandi juga akan memengaruhi kesehatan dan kebersihan kulit.

Baca juga : Risiko Terlalu Sering Mandi Air Panas

Nah, memangnya apa saja sih kebiasaan mandi yang ternyata salah dan buruk? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak pembahasan berikut ini.

1. Terlalu lama di kamar mandi
Perlu Kamu sadari, kelamaan di kamar mandi membuat kulitmu kering. Apalagi jika Kamu mandi dengan air panas. Terlalu lama mandi dengan air panas bisa membuka pembuluh darah terbuka, lebih sensitif, dan dehidrasi, yang di kemudian hari bisa menyebabkan ruam dan bercak pada kulit.

Untuk itu, ahli dermatologi menyarankan untuk membatasi waktu mandi maksimal 10 menit. Tujuannya untuk mencegah dehidrasi kulit, sebab air panas bisa menghilangkan minyak alami kulit.

2. Rutin berkeramas dengan air panas
Bukannya memperpanjang rambut dengan cepat, menurut penelitian, keramas setiap hari justru bisa menyebabkan kulit kepala rapuh. Kondisi ini membuat rambut tak tumbuh dengan sempurna. Apalagi jika Kamu keramas menggunakan air panas, ini bisa membuat rambut mengusam.

Perlu Kamu ketahui, keramas air panas bisa membuka kultikula rambut terbuka dan membuat molekul warna rambut hilang.

Maka dari itu, keramaslah dengan air biasa. Selain itu, jika Kamu memang terpaksa keramas setiap hari karena rambut berminyak, gunakanlah dry shampoo selain sampo biasa sebagai alternatif.

3. Membiarkan shower puff kotor dan basah
Ingat, shower puff bisa menjadi sarang bakteri jika tidak dikeringkan dan dibersihkan dengan baik. Pasalnya, bakteri akan berkembang biak dengan mudah jika shower puff dibiarkan basah. Karenanya, pastikanlah untuk membersihkan shower puff sehabis mandi. Lalu, jangan lupa untuk segera mengeringkannya.

4. Tubuh belum terbilas
Hal penting lain, Kamu harus pastikan tubuhmu sudah dibilas bersih sehingga tak ada sabun yang tersisa di kulit. Jika tidak, akan terjadi iritasi kulit dan penyumbatan pori-pori, sehingga menimbulkan jerawat.

5. Handukan terlalu keras
Daripada handukan dengan keras, lebih baik kamu menepuk-nepuk handuk ke tubuh. Demikian saran ahli dermatologis. Pasalnya, menggosok handuk—apalagi terlalu kuat, akan membuat kulit semakin kering dan rusak.

6. Melilitkan rambut dengan handuk
Melilitkan handuk ke rambut sebaiknya Kamu hindari, ya. Pasalnya, kebiasaan ini akan membuat rambut stres dan memperparah kerusakan rambut. Selain itu, menggosok-gosok handuk ke rambut atau memeras rambut pun bisa membuat rambut jadi pecah-pecah dan rusak.

Maka dari itu, Kamu sebaiknya membiarkan rambut kering secara alami.

(LH)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC