Channel9.id-Jakarta. Setelah diumumkan pada Februari lalu, Twitter akhirnya meluncurkan Super Follows yang memungkinkan pengguna mengenakan biaya untuk konten khusus kepada pelanggan. Kreator bisa mengatur tweet mereka hanya untuk pelanggan Super Follows.
Pelanggan Super Follows bisa diidentifikasi oleh kreator melalui lencana yang muncul di bawah nama mereka saat mereka membalas tweet.
Baca juga: Twitter Akhirnya Luncurkan Ticketed Spaces
Di tahap awal, fitur tersebut baru tersedia di aplikasi iOS Twitter, dan terbatas pada sekelompok orang di Amerika Serikat dan Kanada yang mendaftar untuk ikut uji coba. Ke depannya, Twitter akan meluncurkan fitur tersebut, termasuk dalam versi Android dan web, ke lebih banyak negara dalam beberapa minggu mendatang.
Kreator bisa mengenakan mengenakan biaya $2,99, $4,99, atau $9,99 per bulan kepada pelanggan Super Follows, dengan pembayaran yang diproses melalui Stripe. Twitter mengatakan kreator bisa mendapat hingga 97% dari penghasilan berlangganan setelah dipotong pihak ketiga, jika penghasilan mereka di bawah $50.000 dari semua produk monetisasi Twitter. JIka melebihi batas itu, pengguna akan memperoleh hingga 80% pendapatan setelah dipotong pihak ketiga.
Orang yang tak punya fitur Super Follows bisa mengajukan daftar tunggu di bawah tab monetisasi di aplikasi Twitter. Agar memenuhi syarat, pengguna harus memiliki setidaknya 10.000 pengikut, berusia minimal 18 tahun, telah menge-tweet 25 kali dalam 30 hari terakhir, dan mematuhi kebijakan Super Follows Twitter.
Sebelumnya, Twitter telah menguji coba berbagai strategi monetisasi untuk pembuat konten, seperti fitur Tip Jar, Ticketed Spaces, tempat belanja, dan tombol berlangganan buletin. Twitter mengatakan pihaknya akan menambahkan buletin, langganan beranonim, dan Spaces eksklusif.
(LH)