Connect with us

Lifestyle & Sport

Varian Delta Jadi Varian COVID-19 Terkuat

Published

on

Varian Delta Jadi Varian COVID-19 Terkuat

Channel9.id-Jakarta. Beberapa waktu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengumumkan bahwa virus Corona varian Delta (sebelumnya disebut B1617.2) merupakan varian yang sangat menular dan terkuat. Oleh karenanya, WHO mengklasifikasikannya sebagai ‘Variant of Concern’ atau VoC, yang harus diwaspadai di dunia.

Baca juga: Anies: Ada Kemungkinan Anak-Anak Jakarta Terinfeksi Varian Baru Covid-19

Dr Mike Ryan, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO mengatakan pada Selasa (22/6) bahwa varian itu lebih mematikan karena lebih efisien menulari manusia. Varian ini akan menginfeksi individu yang rentan. “(Varian Delta) akan menemukan individu-individu yang rentan, yang akan menjadi sakit parah, harus dirawat di rumah sakit dan berpotensi meninggal,” sambungnya.

“Oleh karena itu jika ada orang yang dibiarkan tanpa vaksinasi, mereka tetap berada pada risiko lebih buruk,” tandasnya.

Berangkat dari kekhawatiran itu, Dr Mike mengimbau para pemimpin dunia dan pejabat kesehatan masyarakat untuk segera melakukan donasi dan pendistribusian vaksin.

Pejabat teknis WHO untuk COVID-19, Maria Van Kerkhove menmabahkan bahwa varian Delta kini sudah menyebar di 92 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Indonesia.

Ia mengatakan bahwa varian ini bisa menyebabkan gejala yang lebih parah, pun bisa memicu gejala yang berbeda dari varian lainnya. Mengenai hal ini, lanjutnya, mesti dilakukan penelitian lebih lanjut.

“Tidak ada varian yang benar-benar menemukan kombinasi penularan dan kematian yang tinggi. Tetapi, varian Delta adalah virus yang paling mampu, tercepat, dan terkuat dari virus-virus itu,” kata Maria.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Tumbangkan Argentina, Voli Putra Prancis Hadapi ROC di Final

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bola voli putra Prancis berhasil mengalahkan Argentina pada babak semi final Olimpiade Tokyo 2020, Kamis 5 Agustus 2021.

Dengan kemenangan ini, Prancis berhak melaju ke babak final. Prancis akan berhadapan dengan ROC (Komite Olimpiade Rusia) untuk merebut medali emas.

ROC lebih dahulu lolos ke babak final usai mengalahkan Brasil dengan skor 3-1 (18-25, 25-21 26-24, 25-23).

Adapun Prancis melaju ke partai puncak setelah mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 (25-22, 25-19, dan 25-22) dalam pertandingan di Ariake Arena, Tokyo.

Prancis, yang hanya menempati peringkat kesembilan di Olimpiade Rio 2016, tampil meyakinkan di babak semifinal.

Jean Patri tampil menonjol di antara pemain Prancis lain. Dia menyumbang 15 poin, termasuk 11 dari smash dan 2 dari block. Pemain lain yang juga berperan besar adalah Trevor Clevenot yang menyumbang 14 poin.

Di kubu Argentina, kecemerlangan Facundo Conte tak ditunjang rekan setimnya. Dia menyumbang 13 poin, tapi rekan-rekannya tak ada yang mampu meraih lebih dari 10 poin.

Partai final bola voli putra Olimpiade Tokyo akan berlangsung Sabtu 7 Agustus, setelah perebutan perunggu usai digelar.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Kalahkan Brasil, Voli Putra ROC Melaju ke Final

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bola voli putra ROC (Komite Olimpiade Rusia) berhasil ke final usai mengalahkan Brasil di babak semi final Olimpiade Tokyo 2020.

Tim asuhan Tuomas Sammelvuo ini mengalahkan Brasil dengan skor 3-1 (18-25, 25-21 26-24, 25-23) waktu dua jam delapan menit.

Berlaga di Ariake Arena, Tokyo, Jepang, Kamis 5 Agustus 2021 siang WIB, Maxim Mikhaylov menjadi bintang kemenangan ROC dengan mencetak 22 poin. Egor Kliuka dan Ivan Iakovlev juga memberi andil besar dengan masing-masing mencetak 15 serta 12 poin.

Bagi Brasil, kekalahan ini membuat Wallace De Souza dan kolega agal mempertahankan medali emas Olimpiade. Namun, tim asuhan Renan Dal Zotto masih berpeluang meraih medali perunggu.

Di Final nanti, ROC akan berhadapan dengan Prancis. Prancis lolos ke final usai mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 (25-22, 25-19, dan 25-22).

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Sprinter Jamaika Hansle Parchment Raih Medali Emas 110m Lari Gawang

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Sprinter Jamaika, Hansle Parchment merebut medali emas pada laga final 110 meter lari gawang putra Olimpiade Tokyo 2020, Kamis 5 Agustus 2021.

Dia berhak meraih medali emas usai mengalahkan juara dunia asal Amerika Serikat, Grant Holloway. Holloway harus puas dengan medali perak. Sedangkan, medali perunggu kembali direbut atlet Jamaika, Ronald Levy.

Parchment mencatat waktu 13,05 detik untuk menjadi juara baru Olimpiade. Holloway yang sebenarnya mengawali lomba sebagai pelari tercepat, terpeleset pada dua rintangan terakhir.

Hal itu membuat Holloway finis urutan kedua dengan catatan waktu 13,09 detik, sedangkan Ronald Levi menyusulnya di belakang dengan membukukan waktu 13,10 detik.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC