Connect with us

video

(Video) Myanmar Semakin Mencekam

Published

on

Myanmar semakin mencekam

Channel9.id-Myanmar. Seorang perempuan berumur 19 tahun, salah satu dari dua orang yang tertembak mati di Mandalay, menunjukkan ia mengenakan baju bertuliskan “Everything will be OK” sempat viral di sosial media yang menggambarkan semakin kelamnya keadaan di Myanmar.

Aktivis pro-demokrasi berjanji akan ada lebih banyak lagi unjuk rasa pada hari Kamis setelah PBB melaporkan 38 orang meninggal pada unjuk rasa paling berdarah pada hari Rabu (3/3/2021) di Myanmar sejak terjadinya kudeta pada 1 Februari lalu. Menurut para saksi, polisi dan militer menembakkan peluru tajam tanpa adanya peringatan.

Kejadian berdarah itu terjadi setelah negara-negara tetangga Myanmar menyerukan untuk menahan tindak kekerasan setelah makin banyaknya korban berjatuhan.

“Kami tahu bahwa kapanpun kita bisa saja tertembak dan terbunuh oleh peluru tajam namun tidak ada artinya hidup dibawah kediktatoran junta militer, jadi kita memilih jalan berbahaya ini untuk mendapatkan kembali kebebasan kami,” kata aktivis Maung Saungkha kepada wartawan reuters.

“Kita akan terus melawan junta militer dengan apapun yang kami bisa lakukan. Tujuan utama kita adalah menghapuskan sistem junta dari akarnya,” tambahnya.

Postingan-postingan sosial media dari para aktivis lainnya mangatakan setidaknya akan ada dua unjuk rasa lagi di beberapa titik kota Yangon.

Utusan PBB di Myanmar, Christine Schraner Burgener, mengatakan bahwa hari Rabu merupakan hari paling berdarah di Myanmar sejak terjadinya kudeta pada 1 Februari dengan 38 orang meninggal di hari itu, menjadikan total korban menjadi lebih dari 50 orang.

Beberapa kelompok HAM dan media lainnya melaporkan jumlah korban meninggal dan luka-luka yang berbeda setelah terjadinya penumpasan oleh militer pada hari Rabu. Media lokal melaporkan ratusan pengunjuk rasa telah ditangkap.

Save the Children mengatakan empat anak kecil meninggal termasuk anak berumur 14 tahun yang, dikutip dari Radio Free Asia, ditembak mati oleh para tentara di truk konvoy. Para tentara langsung mengangkutnya ke truk dan pergi.

Juru bicara junta militer sampai saat ini masih belum memberikan responnya.

Di Yangon, para saksi mengatakan setidaknya delapan orang meninggal pada hari Rabu, sedangkan media lokal melaporkan enam orang meninggal di kota Monywa.

“Saya mendengarkan banyak sekali bunyi tembakan, langsung saya tiarap. Mereka menembakkan banyak sekali,” kata seorang pengunjuk rasa, Kaung Pyae Sone Tun, 23, kepada wartawan reuters.

Pasukan pengaman yang membubarkan pengunjuk rasa di Yangon telah menangkap sekitar 300 pengunjuk rasa, lapor berita Myanmar Now.

Partai Aung San Suu Kyi, National League for Democracy, mengatakan akan mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormati para pengunjuk rasa yang gugur.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

video

(Video) Gempa Susulan,Tempat Ibadah Rusak Parah

Published

on

By

Gempa Susulan,Tempat Ibadah Rusak Parah

Channel9.id-Malang. Gempa Bumi Susulan Berkekuatan 6,1 Magnitude Yang Mengguncang Wilayah Jawa Timur Mengakibatkan Sejumlah Bangunan Di Lumajang, Jawa Timur Rusak Parah, Tak Terkecuali Tempat Ibadah, Padahal. Di Desa Ini Saja Misalnya, Terdapat Dua Masjid Dan Tiga Mushollah Rusak Parah.

Masjid Yang Rusak Ini Berada Di Dusun Ibu Raja, Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Lumajang. Bangunan Masjid Yang Baru Dibangun Sejak Tiga Bulan Hancur Lalu Ini Harus Luluh Lantah Akibat Guncangan Gempa Bumi Berkekuatan 6,1 Magnitude.

Lihat juga : (Video) Gempa Berkekuatan 6,7 Magnitudo Guncang Lumajang

Tidak Hanya Masjid Nurul Hidayah, Masjid Al Huda Di Dusun Yang Sama Juga Rata Dengan Tanah.
Akibatnya, Ratusan Warga Di Dusun Ini Pun Kesulitan Melakukan Ibadah Berjamaah, Apalagi, Bulan Ramadhan Sebentar Lagi Tiba.

Susanto Takmir Masjid Warga Bersama Berencana Akan Mendirikan Masjid Darurat Dari Tenda Dan Alas Seadanya, Untuk Persiapan Sholat Tarawih Mendatang, ungkapnya.

Data Terkini Dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB Gempa Sabtu Lalu Menyebabkan 915 Bangunan Di Lumajang Rusak, 85 Diantaranya Rusak Berat. Kerusakan Juga Dialami Fasilitas Umum Termasuk Tempat Ibadah.

Continue Reading

video

(Video) Gempa Berkekuatan 6,7 Magnitudo Guncang Lumajang

Published

on

By

(Video) Gempa Berkekuatan 6,7 Magnitudo Guncang Lumajang

Channel9.id-Lumajang. Gempa berkekuatan 6,7 magnitudo yang terjadi di laut selatan, barat daya Malang, mengakibatkan sejumlah rumah di empat kecamatan dilaporkan roboh. Bahkan, selain rumah, gempa juga mengakibatkan longsor di jalur perbukitan piket nol. kini tim reaksi cepat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, atau (BPBD) Lumajang diterjunkan untuk memastikan dampak gempa ini, sabtu siang (10/04/2021).

Terjadi kepanikan warga Lumajang di salah satu pusat perbelanjaan saat terjadi gempa bumi berkekuatan 6,7 Skala Ricter, di laut selatan barat daya Malang – Lumajang.

Data dari laman badan Meteorology, Klimatologi dan Geofisika atau (BMKG) menyatakan pusat gempa ini berada laut selatan, barat daya malang, dengan kedalaman 25 kilo meter, 8,95 lintang selatan dan 112,48 bujur timur, pada pukul 14.00. 15 detik.

Akibatnya, sejumlah rumah warga di empat kecamatan di Lumajang rusak parah, bahkan, sebagian lagi rata dengan tanah. yakni di kecamatan Pronojiwo, kecamatan Candipuro, kecamatan Pasrujambe dan kecamatan Tempursari.

Selain berdampak pada rumah, tebing setinggi lebih dari lima meter di jalur perbukitan piket nol, desa Sumberwuluh, kecamatan Candipuro Lumajang, longsor.

Wawan hadi siswoyo, Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang

Kini tim reaksi cepat dari badan penanggulangan bencana daerah atau BPBD Lumajang diterjunkan untuk melakukan asesment soal dampak material dan korban jiwa ungkapnya.

Continue Reading

video

(Video) Ayo Wisata Bahari di Pulau Putri, Kepulauan Seribu

Published

on

By

Ayo Wisata Bahari di Pulau Putri (Kepulauan Seribu

Channel9.id-Jakarta. Tak perlu jauh untuk melepas kepenataan kota Jakarta. Pulau Putri Kepulauan Seribu bisa jadi pilihan.

Sabtu pagi kami sudah bersiap perjalanan sekitar satu setengah jam saat laut perairan teluk Jakarta sedang bersahabat. Kapal  boat melaju dari Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara, segera aroma laut dengan pemandangan pulau-pulau menghiasi tiap sudut pandang.

Tujuan kami, Pulau Putri Kabupaten Kepulauan Seribu. Perlahan boat kami mendekat dermaga, kami berombongan bersama Tim Master Selam kali ini membawa peserta training untuk advanced open water diver.

Di Pulau Putri, semua peralatan selam cukup dan snorkling tersedia. Beberapa spot scuba diving berada tak jauh dari Pulau Putri, seperti di Matahari Island dan Papateo Rec Island. Jika hanya snorkling pemandangan bawah laut yang jernih dengan karang dan tarian ikan warna-warni di sekitar dermaga cukup memanjakan mata.

Jika tak ikut menyelam, istirahat di resort yang asri dapat mengusir kepenataan Jakarta. Suara merdu burung liar seperti jalak, kepodang, juga ada biawak besar yang jinak.

Jika sore rombongan bisa keliling kepulauan. Dari atas dek King Fisher anda bisa menikmati sunset nan menawan. Selamat menikmati akhir pekan, tak perlu jauh-jauh dengan ongkos masih terjangkau, apalagi membawa serta keluarga.

Continue Reading

HOT TOPIC