Nasional

Waduh! Praktik Curang Rumah Sakit hingga Miliaran Rupiah, Begini Sikap Tegas Dirut BPJS Kesehatan

Channel9.id – Jakarta. Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron mengungkap adanya perbuatan curang (fraud) yang dilakukan rumah sakit terkait klaim pembayaran yang mencapai miliaran rupiah. Setelah dilakukan pengecekan, rumah sakit tersebut tidak memiliki pasien.

“Contoh di sebuah rumah sakit, tagihannya sampai miliaran rupiah, tapi nggak ada pasiennya,” kata Ali Ghufron usai Konferensi Pers Pelayanan JKN Saat Libur Lebaran 2023 di Jakarta, Kamis (6/4/2023), dikutip dari detikcom.

Namun, ia tidak menyampaikan nama maupun domisili rumah sakit yang dimaksud.

Ghufron mengungkapkan hal ini ketika menjawab masih adanya pengelola rumah sakit yang masih melakukan fraud dengan cara memanipulasi tagihan kepada dana JKN.

Kejadian tersebut berhasil diketahui berkat implementasi sistem terbaru yang dikembangkan BPJS Kesehatan dalam memantau potensi fraud di tengah perbaikan situasi keuangan.

“Kami bikin sistem baru, walaupun belum optimal tapi beberapa kami bisa tangkap ada fraud. Sistem anti fraud kami sudah bekerja,” ucapnya.

Terhadap pelaku kecurangan, kata Ghufron, BPJS Kesehatan mengambil sikap tegas dengan memutus kerjasama pelayanan pasien JKN di rumah sakit terkait.

“Kalau berbuat curang, kami tidak perpanjang atau kasih surat peringatan. Kami tidak perpanjang kerja sama melalui koordinasi bersama dinas kesehatan, tim kendali mutu dan biaya, dengan dokter spesialis,” pungkasnya.

Baca juga: Kondisi Sedang Surplus, Tak Usah Khawatir Kerjasama Dengan BPJS

Baca juga: BPJS: Tidak Ada Urgensinya Melebur UU JKN ke Dalam RUU Kesehatan

HT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11  +    =  21