Channel9.id-Jakarta. Tahun lalu, YouTube merilis fitur yang memungkinkan penggunanya berbelanja langsung saat menonton live streaming. Kini perusahaan akan memperbarui fitur tersebut. Mulai akhir tahun ini, perusahaan akan memungkinkan kreator konten menjadi co-host untuk dua kanal yang melakukan live streaming. Hal ini diumumkan di acara tahunannya, Brandcast. Selain itu, perusahaan juga merilis fitur “redirect” yang memungkinkan kreator konten bekerja lebih dekat dengan brand.
YouTube mengatakan fitur-fitur tersebut bisa membantu kreator konten dan pengiklan berhubungan dengan audiens mereka secara signifikan.
“Fitur pertama memungkinkan dua kanal untuk ditayangkan dan dihosting bersamaan. Ini menyatukan komunitas masing-masing menjadi satu aliran saat belanja langsung,” jelas YouTube, dikutip dari Engadget.
Fitur lainnya, yang disebut “redirect”, memungkinkan kreator konten mengadakan shopping livestream di kanal mereka sendiri. Lalu mengalihkan ke saluran brand agar audiens bisa tetap menonton.
Dengan fitur-fitur itu, YouTube membawa live shopping ke tingkat yang baru. YouTube sendiri memang berfokus pada live shopping—di samping video pendek dan kreator konten terkenal. Ia juga mencatat bahwa Media Rating Council telah mengakui bahwa YouTube aman bagi brand.
Seperti yang disebutkan, fitur co-hosting akan tiba sekitar 2022 ini. Namun, belum ada kabar kapan fitur “redirect” akan hadir.
(LH)