Connect with us

Hot Topic

11 Sektor yang Boleh Dibuka Selama PSBB DKI

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai Senin (14/9) besok. PSBB akan diberlakukan selama dua pekan mulai 14 hingga 27 September 2020.

Adapun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewajibkan perkantoran menerapkan work from home (WFH), kecuali 11 sektor usaha.

“11 sektor itu buka dengan max 50% kapasitas dan mengikuti protokol kesehatan,” berdasarkan surat resmi yang dikeluarkan Pemrov DKI, Minggu (13/9).

Berikut 11 usaha yang masih diperkenankan bekerja di kantor:

1. Kesehatan

2. Bahan pangan

3. Energi

4. Komunikasi dan teknologi informasi

5. Keuangan

6. Logistik

7. Perhotelan

8. Konstruksi

9. Industri strategis

10. Pelayanan dasar, utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu

11. Kebutuhan sehari-hari

Penerapan PSBB pengetatan mengacu pada Pergub Nomor 88 tahun 2020 terkait perubahan Pergub Nomor 33 tahun 2020 tentang PSBB. Pergub Nomor 88 tahun 2020 diterbitkan tanggal 13 September 2020.

(HY)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Menko Ekonomi: BLT 1,8 Juta Guru Honorer Segera Cair

Published

on

By

1,8 Juta Guru Honorer Dapat BLT

Channel9.id-Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 1,8 juta guru honorer.

Nantinya, BLT tersebut akan dikoordinasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah komando Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Baca juga: Kabar Gembira: Para Guru Honorer Bakal Terima BLT 600 Ribu

“Disampaikan juga, ada program untuk guru honorer sejumlah 1,8 juta yang nanti akan dilaksanakan Kemendikbud,” ujarnya dalam Konferensi Pers Komite Penanganan Covid-19 dan PEN, Jumat (18/09).

Airlangga menuturkan skema BLT tersebut serupa dengan BLT pekerja bergaji di bawah Rp5 juta yang disalurkan melalui Kementerian Ketenagakerjaan. Itu berarti, setiap guru honorer akan mendapatkan insentif sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan, atau totalnya Rp2,4 juta.

“Kebijakan sama dengan subsidi gaji,” ucapnya.

Sebelumnya, satuan tugas (satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi (PEN) mengklaim telah BLT kepada 398.637 guru honorer dan tenaga pendidik per 14 September 2020. BLT kepada pegawai honorer di sektor pendidikan merupakan bagian dari program BLT pekerja bergaji di bawah Rp5 juta.

“Hingga 14 September 2020, subsidi gaji telah disalurkan kepada 398.637 pegawai honorer di sektor pendidikan,” ujar Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin.

Ia melanjutkan tenaga honorer pendidik yang mendapatkan bantuan adalah mereka yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Satgas PEN

mencatat program BLT pekerja bergaji di bawah Rp5 juta telah tersalurkan sebesar Rp7 Triliun per 14 September. Jumlah itu, setara 17,43 persen dari pagu anggaran Rp37,87 triliun.

Hingga akhir tahun, 15,72 juta pekerja ditargetkan dapat menerima subsidi ini. Saat ini, Kementerian Ketenagakerjaan tengah menyalurkan bantuan gelombang ketiga kepada 3,5 juta pekerja.

IG

Continue Reading

Hot Topic

Ketua KPU Arief Budiman Positif Covid-19

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Ketua KPU RI Arief Budiman menyampaikan dirinya positif Covid-19. Itu diketahui usai Arief melakukan tes swab sebagai syarat mengikuti rapat tatap muka di Istana Kepresidenan hari ini.

“Tanggal 17 September malam hari saya melakukan tes swab untuk digunakan sebagai syarat menghadiri rapat di Istana Bogor tanggal 18 September (hari ini) dengan hasil positif (COVID-19),” kata Arief, Jumat (18/9).

Arief mengaku bingung. Lantaran, dia melakukan rapid test yang kesekian kali dan hasilnya nonreaktif.

Terkait rapat di Istana Presiden, Arief akan menunjuk anggota KPU.

“Kehadiran dalam rapat (selanjutnya diwakili oleh anggota KPU,” katanya.

Arief kini menjalani isolasi mandiri di rumah. Arief tak menyebut ada gejala yang menyertai virus di dalam tubuhnya, termasuk tidak mengetahui sumber penularannya.

“Saat ini saya sedang menjalani karantina mandiri di rumah,” ujarnya.

(HY)

Continue Reading

Hot Topic

Pembakaran Kejagung, Komjak Dukung Polri Segera Ungkap Tersangka

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Komisi Kejaksaan (Komjak) berharap Bareskrim Polri bisa bekerja secara transparan mengungkap tersangka pembakaran Gedung Kejagung.

Terlebih, dalam konferensi pers Kamis (17/9) kemarin, Polri menyebut ada unsur pidana di balik insiden kebakaran itu.

“Kita harapkan Mabes Polri bisa menyidik tuntas kasus ini secara cepat. Sebab proses penyidikan sudah dimulai dan kalau ditemukan bukti-bukti awal adanya dugaan sumber api dan dugaan pasal yang dilanggar maka tentu saja siapa calon tersangkanya juga sudah ada di tangan Polri,” kata Ketua Komjak Barita Simanjuntak, Jumat (18/9).

Barita menilai, transparansi merupakan hal yang penting. Hal ini supaya publik tidak berspekulasi jauh mengenai insiden terbakarnya gedung utama Kejagung. Komjak sepenuhnya mendukung Polri mengusut tuntas pelaku pembakaran.

“Penting agar kepastian tentang kebakaran ini tuntas dan tidak berkembang menjadi spekulasi,” pungkasnya.

(HY)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC