Twitter Buka Pendaftaran untuk Uji Coba Ticketed Spaces dan Super Follows
Techno

Twitter Buka Pendaftaran untuk Uji Coba Ticketed Spaces dan Super Follows

Channel9.id-Jakarta. Twitter membuka pendaftaran Super Follows dan Ticketed Spaces untuk uji coba terbatas. Pengguna yang berbasis di Amerika Serikat bisa mendaftar melalui aplikasi Twitter seluler. Adapun uji coba Super Follows dibatasi untuk iOS, sementara Ticketed Spaces bisa untuk iOS dan Android.

Twitter akan memilih sekelompok kecil pengguna untuk menguji fitur monetisasi tersebut. Fitur Super Follows memungkinkan pengguna mengenakan biaya kepada pengguna lain sebesar $2,99 (atau Rp43 ribu), $4,99 (atau Rp72 ribu), atau $9,99 (atau 144 ribu) per bulan, untuk mendapat konten eksklusif.

Baca juga: Twitter Akan Hadirkan Fitur Un-Mention

Sementara, Ticketed Spaces memungkinkan pengguna mengenakan biaya antara $1 (atau Rp14 ribu) dan $999 (Rp14,4 juta) agar pengguna lain bisa mengakses ke ruang audio Spaces-nya, dan menawarkan fitur tambahan seperti mengatur batas peserta.

Pengguna bisa melihat apakah mereka memenuhi syarat untuk mendaftar dengan mencentang opsi “Monetisasi” baru di side bar aplikasi seluler.

Peserta uji coba itu akan menyimpan 97% uang yang mereka dapat dari Ticketed Spaces atau Super Follows, setelah iOS dan Android mengenakan biaya. Twitter akan meningkatkan pemotongannya dari 3% menjadi 20% jika pengguna menghasilkan total $50.000 (atau Rp722 juta) dari kedua fitur.

Untuk diketahui, pembagian komisi itu telah diumumkan sejak pratinjau Ticketed Spaces pada bulan lalu.

“Kami ingin memastikan bahwa fitur audio itu bisa menghasilkan uang, itulah sebabnya mereka (perusahaan) berhak mendapat bagian yang besar… Menghasilkan $50K+ dari Super Follows dan Ticketed Spaces menunjukkan bahwa Anda mendapatkan nilai dari fitur-fitur ini dan mereka (perusahaan) membantu Anda mewujudkannya,” jelas Manajer Produk Senior di Twitter Esther Crawford, Selasa (22/6).

Untuk diketahui, komisi 20% Twitter lebih rendah daripada platform berlangganan lainnya. Layanan video milik Amazon, Twitch, mengambil potongan 50% dari layanan berlangganan, dan YouTube mengambil 30% dari biaya keanggotaan. Namun, biaya langganannya juga sepadan dengan 20% OnlyFans.

Tapi komisi itu jauh lebih tinggi dari komisi 10% platform buletin Substack atau tarif dasar 5% dari platform keanggotaan Patreon, meskipun kedua layanan tersebut perlu biaya tambahan. Sementara itu, Facebook memperkenalkan layanan berlangganan pada 2018, dikatakan tak akan mengambil komisi apa pun hingga 2023, selain biaya pembelian dalam aplikasi Apple dan Google.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

42  +    =  45