Ekbis

ADB Pinjamkan USD 500 Juta Bagi Pemulihan Pascabencana di Indonesia

Channel9.id, Jakarta Asian Development Bank (ADB) menyetujui pinjaman bantuan darurat senilai USD 500 juta bagi Indonesia. Pinjaman ini diberikan untuk pembangunan kembali wilayah Lombok dan Sulawesi Tengah pasca bencana alam beberapa waktu lalu.

Direktur ADB untuk Divisi Manajemen Publik, Sektor Finansial dan Perdagangan Asia Tenggara, Sona Shrestha mengatakan pinjaman ini akan menyediakan pendanaan sesegera mungkin bagi rencana aksi pemulihan dan rehabilitasi pemerintah yang diarahkan pada kebutuhan penting.

Ini diantaranya tempat tinggal sementara, perlindungan sosial dan pelayanan sosial, serta pemulihan ekonomi melalui bantuan dana, skema perkreditan, dan program-program peningkatan keahlian.

“Paket bantuan komprehensif dari ADB akan menyediakan dukungan pembiayaan yang cepat dan fleksibel bagi pemerintah agar dapat memitigasi dampak buruk akibat bencana alam ini,” kata Sona melalui keterangan resminya, Selasa (20/11/2018).

“Dengan modalitas pinjaman yang disalurkan lebih cepat akan memastikan bahwa pemulihan pasca-bencana dan pembiayaan rehabilitasi dapat dipenuhi tanpa mengganggu pengeluaran pembangunan ekonomi dan sosial yang lain dalam anggaran negara,” tambah dia.

Sona mengatakan, pinjaman ini merupakan bagian dari serangkaian upaya tanggap bencana ADB. Pada bulan Oktober, ADB menyetujui hibah darurat senilai USD 3 juta yang berasal dari Dana Tanggap Bencana Asia Pasifik (Asia Pacific Disaster Response Fund) guna mendukung upaya pemerintah untuk memberi bantuan segera di Sulawesi Tengah.  

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  22  =  25