Connect with us

Lifestyle & Sport

Arbain, Komedian Tiga Zaman Meninggal Dunia

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Dunia seniman Indonesia kembali berduka. Arbain 90 tahun, komedian senior meninggal dunia di Cileungsi, Bogor, Jumat (23/7/2021) malam.

Arbain yang belakangan meramaikan jagad Youtuber dan Tik-tok dengan banyolan yang menyegarkan itu meninggal dunia karena sakit.

Sahabat karibnya Bambang Suud sesama seniman asal Tegal, nampak terpukul dan kaget karena sehari sebelumnya pada Kamis 22 Juli lalu, Almarhum masih bertandang ke rumahnya di Depok, Jawa Barat.

“Memang sudah nampak kurang segar, tetapi saya tidak pernah dengar Almarhum sakit. Beliau datang ke sini biasa dengan motornya,” ujar Bambang Suud yang mengampu siaran radio bahasa ngapak.

Baca juga: Komedian Nunung Sidang Perdana Hari Ini 

Sebagai komedian Arbain cukup dituakan di Persatuan Seniman Komedia (Paski), pelawak Gery, Komeng, sangat menghormati, senior komedi kelahiran Tegal Andong, Slawi ini.

Maklum Arbain, termasuk langka karena temen sezamannya, seperti pelawak Edi Suud, Bing Slamet, Cholik Jaya Karta, sudah tidak ada lagi.

Selain sebagai komedian, Arbain juga pernah bermain di layar lebar. “Arbain pernah main di Film Saur Sepuh Garapan Sutradara Imam Tantowi,” ujar Bambang Suud.

Arbain, dan karya-karyanya termasuk pioner dalam iklan layanan masyarakat yang dikemas dalam bentuk serial drama pendek.

Bagi warga Tegal di Jabodetabek, Arbain juga termasuk senior yang dihormati. Walaupun sudah sepuh, beliau selalu semangat dan menjadi pengurus bidang Seni Budaya, Ikatan Keluarga Besar Tegal di Jabodetabek.

Setelah berkelana di tahun 1950-an di Jakarta, Arbain pernah menjadi staf di kantor Dewan Pertimbangan Agung (DPA) sekarang Dewan Pertimbangan Presiden di masa Orde Baru. Tak betah di birokrasi, Arbain kembali ke dunia seni dan meneruskan sebagai komedian. Selamat jalan Arbain, doa kami menyertai.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Suka Ngupil? Tak Masalah, Tapi Ini Risikonya

Published

on

By

Suka Ngupil? Tak Masalah, Tapi Ini Risikonya

Channel9.id-Jakarta. Banyak orang yang punya kebiasaan ngupil atau mengorek kotoran hidung dengan jari. Hal ini dilakukan dengan harapan bisa bernapas lebih lega, mengingat kotoran hidung sudah menghalangi lubang hidung. Atau, sekadar iseng.

Kebiasaan itu sebetulnya tak berbahaya. Namun, kalau dilakukan terlalu sering dan tak memerhatikan kebersihan tangan, justru bisa berisiko bagi kesehatan, lo. Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, di mana virus penyebabnya, Corona, bisa bertahan beberapa jam bahkan hari di permukaan benda.

Bisa saja, tanpa Kamu sadari Kamu menyentuh benda yang terkontaminasi virus tersebut. Hal ini memungkinkan perpindahan virus tanganmu. Nah, kalau Kamu ngupil tanpa membersihkan tangan, nyaris pasti virus juga bakal berpindah dari jari ke hidung. Ini tentunya meningkatkan risiko terinfeksi COVID-19. Bahkan, ini juga berlaku untuk beberapa penyakit tertentu, lo.

Nah, selain itu, berikut ini dampak buruk lainnya dari kebiasaan mengupil. Mari disimak.

1. Infeksi
Kebanyakan orang mengupil dengan jari. Kamu mungkin salah satunya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika jari yang digunakan untuk mengupil tak bersih, maka kemungkinan besar bakteri dari jari berpindah ke hidung. Nah, ini meningkatkan risiko infeksi hidung, lo, mengingat bagian atas di dalam hidung cukup sensitif.

Selain infeksi hidung, bukankah mengupil dengan jari yang kotor, tanpa mempertimbangan COVID-19-yang saat ini masih jadi pandemi—merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan? Bahkan, bukan cuma COVID-19. Bisa saja Kamu berisiko terkena penyakit lain, mengingat Kita tak tahu bakteri atau virus apa yang menempel di jari. Maka dari itu, pastikan tanganmu harus bersih sebelum mengupil. Cucilah tangan!

2. Muncul jerawat atau bisul dalam hidung
Menggunakan jari yang kotor saat ngupil memungkinkan munculnya jerawat atau bisul di dalam hidung. Ini terjadi akibat bakteri Staphylococcus Aureus, yang umumnya ditemukan di dalam hidung orang yang suka ngupil. Jika jerawat atau bisul ini muncul, hidungmu jadi tersumbat dan bahkan bisa mempengaruhi sistem pernapasan.

3. Mimisan
Kebiasaan ngupil juga bisa membikin mimisan, lo. Hal ini sering terjadi pada anak-anak. Saat mengupil dengan jari, kuku jari mereka melukai bagian dalam hidung dan bisa menyebabkan perdarahan. Jika ini terjadi, maka peluang terkena infeksi jadi lebih besar.

4. Perforasi septum
Jika Kamu terlalu sering mengupil terlalu dalam, risiko mengalami perforasi septum semakin besar. Adapun perforasi septum ialah kondisi di mana sekat antara lubang hidung sebelah kanan dan kiri terbuka atau mengalami luka. Nah, kondisi ini bisa menyebabkan mimisan, bahkan pada kasus tertentu memerlukan operasi untuk mengobatinya.

Nah, itulah beberapa risiko ngupil. Meski kadang banyak orang merasa perlu ngupil, paling tidak, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan kembali membersihkan tangan setelah ngupil. Kamu juga jangan terlalu sering melakukannya dan, saat melakukannya, pastikan tidak terlalu dalam. Lalu upil pun mestinya tak dibuang sembarangan, misalnya ditaruh di tisu kemudian langsung dibuang ke tong sampah.

Selain itu, di masyarakat, perilaku ngupil dianggap jorok. Untuk itu, jika ingin ngupil, pastikan Kamu di tempat yang aman dari penghakiman orang lain. Kamu bisa memilih kamar mandi sebagai tempat yang aman untuk ngupil.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Gol Diaz dan Hernandez Kerek AC Milan ke Posisi 2 Seri A

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Brahim Diaz dan Theo Hernandez mencetak gol dan membawa AC Milan menang 2-0 atas Venezia, Rabu (Kamis dinihari WIB). Hasil ini juga mengangkat peringkat AC Milan ke urutan kedua klasemen sementara Liga Italia Seri A.

Milan yang menjadi tuan rumah malam itu memulai pertandingan tanpa striker utama karena belum pulihnya pemain veteran Zlatan Ibrahimovic dan Olivier Giroud dari cedera.

Berjuang sejak awal laga untuk mengatasi tim promosi tersebut, Rossoneri akhirnya dapat mencetak gol pada menit ke-68 melalui Diaz setelah mendapat umpan dari Hernandez.

Hernandez yang baru masuk di menit ke-59, menggandakan keunggulan Milan delapan menit menjelang waktu normal babak kedua usai.

Kemenangan tersebut mengantar tim asuhan Stefano Pioli mengumpulkan 13 poin, atau sama dengan yang didapat rival sekota Inter Milan yang bertengger di puncak klasemen, sedangkan Venesia masih terpuruk di urutan 18.

Baca juga: Hasil Liga Champions: Liverpool Menang Atas AC Milan

Usai pertandingan Hernandez, seperti dilansir Reuters, mengakui bertekad membawa AC Milan ke posisi yang lebih baik dibandingkan musim lalu, ketika Rossoneri finis di urutan dua.

“Kami harus memenangkan semua pertandingan,” kata Hernandez kepada Sky Sport Italia. “Pada hari Sabtu melawan Spezia kami membutuhkan tiga poin lagi. Kami bermain untuk sesuatu yang lebih, untuk memenangkan Scudetto,” lanjutnya.

Pelatih Milan Pioli memberikan pujian khusus untuk Diaz, yang kini telah mencetak tiga gol musim ini di semua kompetisi.

“Dia adalah pemain yang selalu sangat percaya pada kualitasnya sendiri, tetapi dia membutuhkan sedikit aklimatisasi di liga yang berbeda dari biasanya,” kata Pioli.

“Dia adalah gelandang serang murni, dengan kualitas nyata. Dia harus terus seperti ini. Saya sangat senang karena dia memiliki keinginan besar untuk bekerja dengan kami dan dia pantas mendapatkan pujian,” kata sang pelatih.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Real Madrid Bantai Real Mallorca 6-1

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Real Madrid membantai Real Mallorca 6-1 dalam lanjutan La Liga pekan keenam di Santiago Bernabeu pada Kamis dini hari WIB, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Marco Asensio menjadi protagonis dalam kemenangan El Real setelah mencetak tiga gol dalam pertandingan tersebut, dengan dua gol dicetak Karim Benzema dan satu gol ditorehkan oleh Isco. Sedangkan, satu gol tim tamu dicetak oleh Lee Kang-In.

Madrid sudah tancap gas sejak pertandingan dimulai. Mereka sudah berhasil mencetak gol saat laga baru berjalan tiga menit.

Bola yang dikuasai Josep Gaya mampu direbut Benzema dan langsung menuju gawang sebelum menaklukkan Manolo Reina lewat tendangan jarak dekat. Skor 1-0 untuk tim tuan rumah.

Setelah kebobolan, Mallorca merapatkan barisan pertahanan dan membuat Madrid sempat sulit menambah gol. Tim tamu bahkan bisa beberapa kali mengancam gawang Madrid melalui serangan balik.

Baca juga: Real Madrid Keluarkan 30 Juta Euro untuk Dapatkan Eduardo Camavinga

Namun, Madrid mampu mencetak gol kedua pada menit ke-24 melalui upaya Asensio setelah menyambar bola muntah hasil umpan silang Rodrygo yang gagal diamankan dengan baik oleh Reina. Kedudukan menjadi 2-0.

Semenit kemudian Mallorca berhasil memperkecil skor lewat tembakan Lee Kang-In ke tiang jauh gawang Thibaut Courtois setelah melewati hadangan tiga pemain Madrid. Skor menjadi 2-1.

Pada menit ke-29, Madrid mengembalikan keunggulan mereka menjadi dua gol lewat sepakan kaki kiri Asensio yang memaksimalkan umpan terobosan Karim Benzema. El Real unggul 3-1.

Asensio nyaris bikin ketiganya di laga ini pada menit ke-36 andai saja bola sundulannya tidak diblok Martin Valjent di depan gawang.

Babak pertama usai dengan keunggulan 3-1 untuk Real Madrid. Selepas turun minum, Madrid tidak mengendurkan serangan mereka.

Madrid sempat memperlebar jarak mereka setelah Benzema mencetak gol pada menit ke-49, tetapi wasit menganulirnya karena sudah terlebih dulu melanggar pemain Mallorca.

Asensio akhirnya mencetak gol ketiganya pada menit ke-55. Bermula dari akselerasi Rodrygo ke area pertahanan lawan dan memberikan bola kepada Benzema.

Penyerang asal Prancis itu kemudian mengoper lagi ke Asensio yang berada bebas di depan kotak penalti dan melepaskan sepakan melengkung ke gawang Reina. Skor sekarang menjadi 4-1.

Unggul tiga gol membuat Madrid sedikit menurunkan intensitas mereka dan baru bisa mencetak gol kelimanya pada menit ke-78.

Kini giliran Benzema yang kembali mencetak gol ketika umpan panjang Alaba diteruskannya ke gawang setelah membentur dua bek Mallorca. Madrid semakin menjauh dengan skor 5-1.

Isco menutup penampilan gemilang Madrid dengan gol pada menit ke-84. Vinicius menusuk dari sisi kiri dan mengirimkan umpan ke Asensio yang langsung mengarahkannya ke pojok kiri gawang.

Real Madrid menang 6-1 sekaligus balik ke puncak La Liga dengan 16 poin dari enam laga, unggul dua angka dari Atletico Madrid.

Sementara itu Mallorca berada di posisi ke-10 dengan raihan delapan poin.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC