AS Izinkan Warganya Kumpul Keluarga, Namun Tak Boleh Hadiri Pesta
Internasional

AS Izinkan Warganya Kumpul Keluarga, Namun Tak Boleh Hadiri Pesta

Channel9.id-Amerika serikat. Warga Amerika yang sudah divaksin dan mendapatkan dosis tambahan dapat berkumpul dengan keluarganya saat libur panjang, namun masih belum aman untuk menghadiri pesta besar, ungkap seorang ahli penyakit menular terkemuka dari AS, Anthony Fauci, Kamis (23/12/2021).

Amerika Serikat saat ini sedang menghadapi peningkatan kasus Covid-19 yang disebabkan oleh varian Omicron, hal ini menyebabkan banyak orang membatalkan penerbangannya, memikirkan kembali rencana kunjungan keluarga, dan juga menghadiri pesta Natal.

“Banyak pesta-pesta dihadiri oleh 30, 40, 50 orang yang mana kita tak tahu apakah mereka terkena Covid-19 atau tidak. Itu adalah situasi yang tak ingin kita alami, terutama saat adanya Omicron ini,” ujar Fauci saat menghadiri pertemuan di Gedung Putih.

Temuan awal mengindikasikan kalau Omicron tidak separah varian Delta, ujar Fauci yang mengutip studi daeri Afrika Selatan dan Skotlandia, namun ia tetap memperingatkan warga Amerika untuk terus waspada.

“Ini adalah berita baik tentunya. Namun, kita masih harus menunggu apa yang akan terjadi terhadap masyarakat kita yang memiliki pertimbangan demografisnya sendiri,” ujarnya.

Direktur Rochelle Walensky dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengungkapkan rata-rata kasus Covid-19 dalam seminggu naik 25% dari minggu sebelumnya, yaitu mencapai 149,300 per harinya. Selain itu, rata-rata kematian naik 3.5% sebanyak 1,200.

Omicron mencakup sekitar 73% kasus Covid-19 di AS dan bahkan di beberapa daerah ada yang mencapai 90% ujar Walensky.

“Peningkatan kasus Omicron ini adalah yang kita antisipasi dan kita siapkan saat ini,” jelasnya.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  82  =  84