Atasi Burnout dengan Rekomendasi Makanan Ini
Lifestyle & Sport

Atasi Burnout dengan Rekomendasi Makanan Ini

Channel9.id-Jakarta. Kalau Kamu berhadapan dengan pemicu stres, tubuh meresponsnya dengan mekanisme fight-or-flight. Ini mencakup meningkatnya detak jantung, pernafasan, tekanan darah, dan serum kolesterol. Selain itu, kelenjar adrenal pun mengeluarkan hormon stres. Nah, gejala stres ini dibiarkan dan diabaikan, ini bisa berujung pada burnout, lo. Kondisi ini ditandai dengan kelelahan, perasaan negatif terhadap pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, yang pada akhirnya bisa bikin produktivitas menurun.

Oleh karena itu, saat dilanda stres, sebaiknya Kamu beristirahat atau memberi jarak dari segala kepenatan. Selain istirahat, salah satu strategi mengelola burnout terbaik ialah dengan memperbaiki nutrisi. Berikut ini sejumlah makanan yang bisa mengatasi burnout.

1. Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau atau berwarna gelap, seperti bayam dan kangkung, tinggi akan asam folat. Kandungan ini bisa membantu tubuh memproduksi serotonin—yaitu senyawa yang bertanggung jawab dalam mengatur suasana hati, tidur, memori, dan banyak lagi. Sementara itu, kekurangan serotonin berisiko mengalami depresi, ngidam makanan manis, kurang tidur, rendah diri, hingga serangan panik.

2. Makanan kaya serat
Serat juga membantu menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan mikrobiota usus. Adapun kesehatan usus berperan besar pada kondisi emosional dan mental. John Hopkins Medicine melaporkan bahwa masalah gastrointestinal dan iritasi di pencernaan bisa mengirimkan sinyal ke sistem saraf pusat dan memicu perubahan suasana hati, salah satu gejala burnout.

3. Makanan ber-omega-3
Salah satu cara meningkatkan kesehatan otak ialah dengan mengonsumsi lemak sehat seperti omega-3. Lemak ini, menurut sejumlah penelitian, bisa membantu mengurangi gejala depresi, kecemasan, meningkatkan suasana hati, dan meningkatan kesehatan jantung.

Itu dia makanan yang bisa membantumu mengatasi burnout. Saat hal ini terjadi, coba beristirahatlah. Selain itu, perbaiki juga pola makan dan cobalah mengonsumsi makanan di atas untuk membantu menstabilkan suasana hati dan menjaga fisik tetap kuat.

4. Teh herbal hangat
Sejumlah tanaman herbal diyakini punya efek menenangkan. Misalnya kamomil. Menurut penelitian, kamomil punya sifat antiinflamasi dan antioksidan yang bisa mengurangi gejala burnout. Selain kamomil, lavender, peppermint, dan kunyit juga bisa meningkatkan relaksasi dan fokus.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19  +    =  21