Badan Masih Keringatan, Bolehkah Langsung Mandi?
Lifestyle & Sport

Badan Masih Keringatan, Bolehkah Langsung Mandi?

Channel9.id-Jakarta. Belakangan ini, cuaca panas mendominasi keseharian Kamu. Kamu jadi lebih mungkin berkeringat lebih deras. Apalagi kalau Kamu ada di luar ruangan dan terpapar matahari. Bukan cuma berkeringat, kulit Kamu pun bakal terasa lengket dan memungkinkan debu serta kotoran menempel di kulit. Pada ujungnya bisa bikin Kamu bau badan. Nah, kalau sudah begini, biasanya orang tak tahan untuk langsung mandi setibanya di rumah.

Namun, lalu muncul pertanyaan: apakah boleh langsung mandi saat tubuh masih berkeringat dan adakah bahayanya?

Baca juga: Ini Alasan Jangan Hindari Mandi Malam

Perihal mandi saat tubuh masih berkeringat, itu adalah pilihan masing-masing orang. Jika dilakukan pun tak menimbulkan bahaya. Justru malah membuat kulit jadi lebih bersih. Sementara itu, kalau tak segera dibersihkan akan membikin kulit lembap, bahkan memicu pertumbuhan jamur atau bakteri di kulit. Nah, tak heran bila banyak ahli yang menyarankan untuk mandi setelah beraktivitas seharian.

Namun, perlu dicatat, Kamu tak bisa sembarangan langsung mandi ketika tubuh masih berkeringat. Coba ikuti tips berikut ini.

1. Istirahat dan atur pernapasan
Kalau Kamu masih bersimbah keringat setelah olahraga atau baru pulang dari berpergian, jangan langsung mandi. Kamu disarankan untuk mengatur pernapasan lebih dulu. Pun biarkan suhu tubuh kembali normal sebelum mandi.

2. Minum
Tips lainnya, yaitu coba minum segelas air minum 15-20 menit sebelum mandi. Hal ini membantu menormalkan suhu tubuh.

3. Lap keringat
Kamu pun disarankan untuk mengelap keringat dengan kain atau handuk kering sebelum mandi. Dengan begitu, sensasi lengket dari tubuh akan hilang dan proses membersihkan tubuh saat mandi pun jadi lebih mudah.

4. Pilih suhu air yang sesuai
Kamu pun disarankan untuk memilih suhu air yang sesuai yang cocok dengan kondisi tubuh. Mandi air dingin atau air hangat, keduanya baik untuk tubuh. Ingat, jangan terlalu panas atau terlalu dingin karena bisa membuat kulit jadi kering atau menggigil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  5  =  11