Ini Alasan Jangan Hindari Mandi Malam
Lifestyle & Sport

Ini Alasan Jangan Hindari Mandi Malam

Channel9.id-Jakarta. Banyak orang yang sengaja tak mandi jika pulang kerja di malam hari. Selain karena malas, mandi malam dipercaya bisa menyebabkan masuk angin hingga rematik. Namun demikian, hasil penelitian justru menunjukkan bahwa mandi malam bermanfaat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan kualitas tidur dan menstabilkan tekanan darah.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan manfaat mandi malam berikut ini.

1. Kurangi stres
Setelah beraktivitas seharian, pikiran mungkin lebih rentan stres sehingga tidur pun terganggu. Untuk diketahui, stres merupakan salah satu pengganggu tidur di malam hari. Nah, mandi malam akan merangsang produksi senyawa endorfin dan noradrenalin di dalam tubuh sehingga Kamu cenderung lebih rileks dan tenang. Oleh karena itulah, mandi malam juga membantu menurunkan risiko stress dan cemas.

2. Meningkatkan kualitas tidur
Mandi malam, terutama dengan air hangat, akan membantu meningkatkan kualitas tidur serta membantu tidur lebih cepat dan pulas. Suhu air hangat ini akan membuat otot-otot yang tegang dan kaku akibat aktivitas seharian lebih rileks, sehingga Kamu bisa tidur lebih nyenyak. Mandi malam bahkan termasuk dalam tips tidur sehat.

3. Menurunkan tekanan darah
Mandi malam juga membantu menurunkan tekanan darah, yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Suatu penelitian mengungkap pengaruh mandi malam dengan air hangat pada lansia. Mandi air hangat selama 11-15 menit sebelum tidur rupanya membantu menurunkan tekanan darah hingga 16 mm Hg. Adapun penurunan tekanan darah ini menunjukkan kondisi kardiovaskular yang cenderung rileks, sehingga memungkinkan untuk tidur lebih mudah dan nyenyak. Selain itu, kondisi ini juga membantu meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

4. Membersihkan kotoran dan kuman
Selain itu, mandi di malam hari membantu membersihkan tubuh dari paparan kotoran atau kuman setelah berkegiatan seharian penuh.

Penumpukan keringat, minyak, dan sel-sel kulit mati bisa memicu masalah kulit, seperti bau badan, iritasi kulit, hingga alergi. Belum lagi kuman yang menempel di tubuh, yang jika tak dibersihkan bakal menginfeksi Kamu dan menyebabkan penyakit. Ingat, pandemi COVID-19 berakhir.

Meski mandi malam terbukti bermanfaat, Kamu tetap harus hati-hati kalau ingin melakukannya. Kamu disarankan menggunakan air hangat kalau memang mau mandi malam. Selain itu, untuk merasakan efek positifnya secara maksimal, Kamu dianjurkan mandi 1-2 jam sebelum tidur. Durasi mandi pun sebaiknya tak lebih dari 10-15 menit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  38  =  47