Bangun Jalur Kereta, Tanzania Tanda Tangani Kesepakatan dengan Turki
Internasional

Bangun Jalur Kereta, Tanzania Tanda Tangani Kesepakatan dengan Turki

Channel9.id-Tanzania. Tanzania telah menandatangani kontrak dengan perusahaan Yapi Merkezi dari Turki pada hari Selasa untuk membangun jalur kereta api standar sepanjang 368 km senilai sekitar 1.9 miliar dolar, Rabu (29/12/2021).

Jalur kereta itu merupakan bagian dari jalur kereta sepanjang 1,219 yang Tanzania bangun untuk meningkatkan sistem perdangangan dengan negara-negara tetangganya. Dua sektor lainnya yang sedang dibangun oleh Yapi Merkezi dilaporkan sudah hampir selesai.

Sektor terbaru yang diumumkan itu akan menghubungkan Makutopora dengan Tabora, dua kota di daerah pusat negara, ujar direktur jenderal Korporasi Kereta Api Tanzania (TRC) Masanja Kadogosa dalam sebuah upacara yang ditayangkan di televisi.

Jalur kereta api penuh itu nantinya akan menghubungkan pelabuhan Laut Hindia dan ibu kota Dar es Salaam dengan Mwanza, sebuah kota pelabuhan di pantai Lake Victoria yang menjadi daerah perbatasan antara Tanzania, Uganda dan Kenya.

Presiden Samia Suluhu Hassan dalam upacara itu mengatakan kalau Tanzania akan meminjam dana dalam menjalankan proyek tersebut.

“Kita akan mencari layanan pinjaman yang bersahabat dan langkah-langkah terbaik untuk mendapatkan pinjaman . Kita tak akan mengambil dana dari dana retribusi atau pajak umum,” ujarnya. Presiden Hassan juga menambahkan kalau ia memprioritaskan proyek ini karena ini akan menghubungkan Tanzania dengan negara-negara tetangganya.

Negara Afrika timur itu saat ini sedang melakukan proyek infrastruktur besar-besaran untuk mendukung rencana industrialisasinya. Pembangunan besar-besaran itu juga termasuk proyek kontroversial bendungan hidroelektrik 2,115 megawatt di situs warisan UNESCO.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9  +    =  11