Ekbis

Bappenas: 40 Juta Penduduk Indonesia Bergaji di Bawah Rp5 Juta

Channel9.id, Jakarta – Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan ada sekitar 40 juta penduduk Indonesia yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta per bulan. Di sisi lain, ada kurang dari 10 juta pekerja yang memiliki pendapatan di atas Rp23 juta.

“Kita lihat jumlah penduduk/ household yang mendapatkan pendapatan. Pendapatannya semakin besar, [jumlah pekerjanya] semakin kecil. Pendapatan Rp23 juta per keluarga hanya [dimiliki] 10% [<10 juta] pekerja,” ujarnya dalam rapat kerja bersama dengan Komisi XI DPR RI, Kamis (13/6/2024).

Suharso menilai, masyarakat yang berpenghasilan di bawah Rp 5 juta itu layak untuk menerima belanja sosial dari pemerintah. Hal ini untuk menaikkan kelas kelompok masyarakat tersebut.

Dengan data ini, dirinya menyarankan agar pembangunan bisa berdasarkan kelompok pendapatan masyarakat. Sehingga, pembangunan lebih terarah dan lebih menyesuaikan kondisi masyarakat.

“Itu sebenarnya wilayah intervensi kita ke masyarakat. Jadi ini kita sudah lihat di rasio gini [Gini Ratio], plus tingkat pendapatan. Ini sangat tidak merata,” jelasnya.

Menurut Suharso, intervensi khusus diperlukan terutama untuk tiga generasi keluarga miskin, salah satunya melanjutkan program perlindungan sosial bagi semua generasi. Selain itu, dibutuhkan juga dukungan berupa pemberdayaan penduduk produktif, serta pemberdayaan lansia sehingga lebih aktif dan sehat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10  +    =  14