Connect with us

Hot Topic

Bawaslu: Paslon Kurang Kreatif Berkampanye

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja menyebutkan, pasangan calon kepala daerah Pilkada 2020 tak kreatif. Sebab, hingga satu bulan masa kampanye, pertemuan tatap muka terbatas masih menjadi metode kampanye yang paling banyak dilakukan.

“Apa yang terjadi sekarang tatap muka yang paling diminati. Jadi ini enggak kreatif juga pasangan calon,” kata Bagja dalam sebuah diskusi daring, Rabu (28/10).

“Ini perlu disentil sedikit, kreatif sedikit, lah, jangan hanya tatap muka doang. Perlu kreativitas lah untuk berkampanye di tengah Pilkada,” lanjutnya.

Baca juga: Bawaslu: Kampanye Daring Masih Minim Dilakukan di Pilkada

Menurut Bagja, ada banyak cara yang bisa digunakan pasangan calon kepala daerah untuk berkampanye kreatif, khususnya secara virtual.

Misalnya, iklan kampanye dalam bentuk sandiwara radio atau memanfaatkan media sosial seperti TikTok.

Ia mengatakan, kini TikTok mulai banyak digunakan kepala daerah untuk membuat konten kreatif. Cara tersebut bisa ditiru oleh paslon yang berkompetisi di Pilkada 2020. Kampanye secara virtual, kata Bagja, juga dapat mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Kampanye metode ini juga yang didorong pelaksanaannya selama masa pandemi.

“Kalau kemudian terjadi penularan kan Bawaslu disebut sebagai lembaga yang mendukung penyebaran Covid-19, kan nggak boleh juga, bahkan ada klaster pilkada nanti bisa jadi masalah itu,” ujar dia.

Bagja pun mendorong agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat memperpanjang masa iklan kampanye, bukan hanya 14 hari jelang masa tenang Pilkada.

Menurut Bagja, dengan dibatasinya kegiatan tatap muka, kampanye dapat dialihkan ke iklan melalui media massa.

Dengan demikian, visi dan misi peserta Pilkada tetap dapat tersampaikan melalui radio, televisi, media cetak atau media daring.

Selain itu, bertambahnya masa iklan kampanye juga diyakini akan meminimalisasi polusi visual yang ditimbulkan akibat pemasangan spanduk atau baliho paslon kepala daerah.

“Supaya gegap gempitanya Pilkada itu tetap ada tapi melalui teknologi informasi, tidak melalui pertemuan fisik lagi,”tandas Bagja.

IG

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Kapolsek dan Wakapolsek Metro Tanah Abang Sembuh Dari Covid-19

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Kapolsek dan Wakapolsek Metro Tanah Abang sudah sembuh dari Covid-19.

Diketahui sebelumnya, keduanya terpapar Covid-19 usai melakukan pengamanan pada kerumunan acara yang dihadiri Rizieq Shihab di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Saat ini Kapolsek dan Wakapolsek Metro Tanah Abang sudah sembuh dari Covid-19,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto, Jumat (27/11).

Saat ini Wakapolsek Tanah Abang Kompol Sri Wahyudi sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan mulai berkegiatan kembali.

Misalnya saja, Wahyudi hadir dalam rapid test yang diselenggarakan oleh Kodim 0501/JP di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sementara untuk Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan akan mulai bertugas esok hari.

“Kemungkinan Kapolsek esok sudah bekerja,” kata Heru.

(HY)

Continue Reading

Hot Topic

Pelanggaran Prokes, Polisi Naikan Kasus Kerumunan Rizieq Shihab ke Penyidikan

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Polda Metro Jaya meningkatkan kasus pelanggaran protokol kesehatan kerumunan acara yang dihadiri Rizieq Shihan dari penyelidikan ke penyidikan.

Terkait hal ini, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyampaikan, polisi belum berencana memanggil Rizieq Shihab untuk dimintai keterangan. Namun, polisi akan mamanggil Rizieq jika memang diperlukan.

“Kalau benang merahnya ke sana, pasti akan dipanggil,” kata Awi saat dihubungi, Juma (27/11).

Karena itu, Awi meminta semua pihak untuk bersabar menunggu hasil penyidikan.

“Sabar saja,” pungkas Awi.

Selain di Polda Metro Jaya, Polda Jabar juga telah menaikan kasus pelanggaran protokol kesehatan kerumunan Rizieq Shihab di Megamendung dari penyelidikan ke penyidikan.

Dalam kasus ini, polisi menduga telah terjadi pelanggaran pada Pasal 14 Ayat 1 UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular. Kemudian Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 216 KUHP.

(HY)

Continue Reading

Hot Topic

KPK Tangkap Wali Kota Cimahi

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna. Ajay ditangkap bersama beberapa orang lainnya Jumat, 27 November 2020 sekitar pukul 10.00 WIB.

Meski demikian, belum dijelaskan dugaan kasus apa yang menjerat Ajay. Adapun Plt juru bicara KPK, Ali Fikri, ketika dikonfirmasi mengenai OTT ini belum menjawab. Namun, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan penangkapan tersebut.

“Benar,” kata Nurul Ghufron, saat dikonfirmasi, dikutip detikcom, Jumat (27/11).

Baca juga : KKP Digeledah Hari Ini, KPK Jamin Barang Bukti Aman

Dia diduga terlibat dalam transaksi suap. Belum diketahui detail penangkapan itu terkait kasus apa.

KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang terjerat OTT.

Diketahui KPK terakhir kali menggelar OTT pada Rabu (25/11). Saat itu, KPK menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, atas dugaan suap ekspor benih lobster.

IG

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC