Connect with us

Lifestyle & Sport

Belajar Online Melulu, Berikut Cara Agar Anak Tak Kecanduan Gawai

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Masih banyak sekolah yang menerapkan pembelajaran jarak jauh (PPJ) hingga saat ini. Alasan utama penerapan sistem ini ialah untuk mencegah penularan Covid-19.

Situasi pandemi ini memang memaksa anak-anak untuk lebih banyak tinggal di rumah dan mengikuti PJJ. Namun, kemudian muncul kekhawatiran soal penggunaan gawai atau ponsel yang tidak terkontrol.

Pasalnya, durasi waktu menatap layar saat ini meningkat dibanding masa sebelumnya. Oleh karenanya, Sekretaris Bidang Hubungan Masyarakat dan Kesejahteraan Anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dr Catharine Mayung Sambo, SpA(K) mengatakan anak-anak harus mendapat perhatian khusus dari orang tua, demi menjaga keseimbangan antara aktivitas fisik dan gawai.

IDAI pun menyarankan sejumlah hal berikut ini agar anak tidak terlalu terikat dengan gawai.

1. Gunakan gawai sesuai usia
Untuk anak sekolah penggunaannya sesuai keperluan sekolah. Sedangkan, adik-adik yang lebih kecil tidak usah pakai gawai dulu.

2. Beri waktu dan ruang khusus
Orang tua mesti menyiapkan ruangan khusus untuk anak belajar di rumah. Tujuannya agar anak belajar di rumah dengan efektif dan orang tua bisa mengawasi penggunaan gawainya.

“Kalau sudah selesai waktunya (belajar), keluarlah dari ruangan tersebut dan tinggalkan gawainya di situ,” ujar dr Mayung, Senin (3/8).

3. Variasikan kegiatan
Orang tua sebaiknya selalu mendampingi anak dan mendiskusikan aktivitas selanjutnya yang akan mereka lakukan, setelah menggunakan gawai. Terlebih lagi jika anak masih di usia pra-sekolah.

4. Atur jadwal istirahat
Perhatikan jadwal istirahat anak. Setelah lelah menatap gawai, berikan anak waktu untuk istirahat. Misalnya dengan melakukan aktivitas fisik atau bermain.

Misalnya, setelah 45 menit hingga 1 jam menggunakan gawai, anak diajak bermain interaktif, makan, dan melakukan aktivitas fisik.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Makanan Kaya Kalsium yang Mudah Didapat

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Mengonsumsi susu dan olahannya diketahui baik untuk kesehatan tulang. Sebab makanan asupan jenis ini kaya akan kalsium, yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan vitamin D.

Tak hanya itu, masih ada makanan asupan lain yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Bahkan di antara makanan yang mudah di temukan, di antaranya berikut ini.

1. Telur
Vitamin D ada pada bagian kuningnya. Memang kandungan vitamin D pada telur tidak terlalu tinggi, namun makanan ini mudah diperoleh dan bisa diolah.

2. Tahu
Kandungan kalsium pada 60 gram tahu terdapat sekitar 200 miligram. Tentu saja, tahu mudah didapat dan diolah.

Baca juga : Berlama-lama di Rumah Saat PSBB, Waspada Cabin Fever

3. Jeruk
Umumnya, buah ini diketahui kaya akan vitamin C. Namun, jeruk juga mengandung vitamin D dan mengandung kalsium yang cukup tinggi. Asam askorbat pada Jeruk bermanfaat untuk penyerapan kalsium. Sayangnya, kandungan ini bisa hilang bila diolah dengan diperas atau dijus.

4. Ikan
Ikan sarden dan salmon mengandung kalsium dan vitamin D yang tinggi. Lalu pada 3 ons ikan tuna mengandung 154 IU, yang bisa memenuhi sekitar 39% manfaat sinar matahari yang bagus untuk tulang.

5. Sayuran hijau
Sayuran hijau diketahui mengandung kalsium yang tinggi. Pada seporsi kangkung terdapat 245mg kalsium. Lalu, secangkir bayam matang mengandung hampir 25% kalsium harian, ditambah serat, zat besi, dan vitamin A. Pada secangkir sawi juga mengandung sekitar 25% kalsium harian yang dibutuhkan.

Itulah makanan asupan yang mudah didapat yang memiliki kandungan kalsium yang sehat untuk tulang. Diketahui, kebutuhan kalsium harian yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Sebagau referensi, orang dewasa membutuhkan sekitar 700-1200 miligram.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Luis Suarez Resmi ke Atletico Madrid

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Atletico Madrid secara resmi mengumumkan kesepakatan transfer Luis Suarez dari Barcelona. Kini Atletico tinggal menuntaskan detail-detail kepindahan.

Suarez tinggal selangkah lagi resmi jadi milik Atletico Madrid. Setelah melalui sejumlah situasi pelik, termasuk kegagalan pindah ke Juventus yang turut membuatnya terjerat kasus tes paspor, Suarez menemui kejelasan pada masa depannya.

Baca juga: Catatan Kepelatihannya tak Cemerlang, Ronald Koeman Resmi Melatih Barcelona

Atletico mengumumkan telah menyepakati transfer dengan Barcelona, seperti yang telah diperkirakan sebelumnya. Los Colchoneros sudah lebih dulu memberikan sinyal kuat dengan melepaskan Alvaro Morata ke Juventus, demi memberikan tempat untuk Suarez.

“Atletico de Madrid dan FC Barcelona telah mencapai kesepakatan untuk transfer Luis Suarez,” tulis pernyataan resmi Atletico.

Selanjutnya Suarez tinggal menuntaskan tes medis, sementara klub membereskan urusan kontrak. Penyerang 33 tahun itu akan resmi jadi milik Atletico setelah meneken kontraknya.

Barcelona mengumumkan bahwa transfer Suarez bernilai 6 juta euro. Blaugrana telah mengucapkan perpisahan dan menyiapkan acara pelepasan untuk sang pemain pada Kamis (24/9/2020) ini.

Ini berarti pula bahwa kebersamaan Suarez dengan Barcelona akan berakhir setelah enam musim. Pemain asal Uruguay itu menjadi korban proyek baru Barcelona yang dipimpin Ronald Koeman, yang baru datang musim panas tahun ini.

Kepindahannya ke Atletico kabarnya sempat ditentang oleh Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu. Tapi Bartomeu pada prosesnya melunak dan membiarkan Suarez pergi.

IG

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Situs Candi Patakan Lamongan, Unik dan Penuh Misteri

Published

on

By

Channel9.id-Lamongan. Baru pertama ditemukan di Jawa Timu, Arsitektur di Situs Candi Patakan dinilai unik dan penuh misteri. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim juga belum bisa memastikan jenis bangunan di situs itu.

Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, keunikan arsitektur di situs yang terletak di Dusun Montor, Desa Patakan, Kecamatan Sambeng, Lamongan tersebut, mulai terlihat ketika proses ekskavasi memasuki hari ke tiga.

“Sampai hari ini, kita mendapati banyak keunikan, salah satu keunikannya adalah arsitektur bangunan. Apakah ini sebuah bangunan candi atau semacam altar yang cukup besar,” kata Wicaksono pada wartawan, Rabu (23/9/20).

Jika dilihat dari bahan pembuatan candi yang berasal dari batu putih atau batu kumbung, terang Wicaksono, ada kesamaan dengan Candi Jawi yang ada di Prigen Pasuruan. Namun, dari bentuk arsitektur jelas berbeda dan tidak ada kesamaan dengan bangunan lain di Jatim.

Wicaksono menambahkan, dari ekskavasi tahap 4 yang masih berjalan ini diketahui, ternyata arsitektur bangunan kuno ini tidak ada kesamaan dengan bangunan lain yang sezaman.

“Hipotesis awal kami, bangunan sisi utara yang bangunan utama itu adalah vihara dan bangunan sisi selatan adalah stupa,” terang Wicaksono.

Wicaksono pun belum bisa menyimpulkan apakah Situs Candi Patakan itu merupakan bangunan semacam candi atau yang lain. Sebab di bagian atas bangunan berbentuk seperti altar, dengan arsitektur yang cukup besar. Panjang 24 meter dan lebar 16 meter. Semuanya tersusun dari batu putih atau batu kumbung.

“Kita perlu melihat lagi secara hati-hati, bentuk arsitektur apa yang ada di bangunan utama ini dan ini belum kita temukan di tinggalan-tinggalan masa Hindu, Budha di Jawa Timur,” imbuhnya.
Setelah membuka beberapa bagian dari bangunan, lanjut Wicaksono, terlihat relief serta guratan-guratan pada bangunan utama. Selain itu, juga terlihat bingkai meski sudah aus termakan usia.

“Ada relief tapi sudah aus, ada guratan-guratan dan juga bingkai tapi juga sudah aus,” tambah Wicaksono.

Bangunan sisi selatan juga sudah dibuka oleh BPCB Jatim. Bangunan itu diduga stupa. Hal ini, kata Wicaksono, dikuatkan dengan bentuk bangunan yang bersegi di bagian bawah dan melingkar di bagian atas.

“Bangunan yang sisi selatan sudah berhasil kita buka, nanti juga akan kita pasang atap,” tambahnya.
Situs Candi Patakan ini memiliki luas 72 meter x 71 meter, dengan pagar keliling dan pintu gerbang. Proses ekskavasi tahap 4 akan berlangsung hingga 27 September mendatang.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC