Belakangan Ini Tubuh Sering Pegal dan Nyeri? Mungkin Ini Penyebabnya
Lifestyle & Sport

Belakangan Ini Tubuh Sering Pegal dan Nyeri? Mungkin Ini Penyebabnya

Channel9.id-Jakarta. Belakangan ini, Kamu mungkin merasa tubuhmu kerap merasa pegal dan nyeri. Kamu pikir, ini adalah efek dari kegiatan di hari-hari sebelumnya—termasuk mudik, banyak berpergian mengunjungi kerabat, hingga akhirnya kembali ke tempat tinggal untuk melanjutkan aktivitas seperti biasa. Mungkin memang berbagai kegiatan itu—yang bikin capek—menjadi penyebab tubuhmu pegal-pegal dan nyeri.

Meski begitu, tak jarang penyebab tubuh pegal dan nyeri yang sesungguhnya diketahui pasti. Bukan cuma karena kecapekan, ada hal lain yang bisa jadi penyebab kondisi tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak penyebab umum tubuh pegal dan nyeri berikut ini.

1. Demam
Tubuh akan menghasilkan zat prostaglandin saat demam. Zat ini membuat tubuh bereaksi terhadap inflamasi atau peradangan di tubuh. Sehingga bisa membuat badan mudah pegal dan nyeri.

2. Stres
Gangguan kesehatan mental bisa membuat tubuh rentan pegal dan nyeri. Ini karena seseorang yang memiliki banyak beban pikiran biasanya merasa tegang lantaran menghadapi masalah yang membuat panik, pusing, dan stres. Tak ayal, bila sedang tegang, otot-otot pun ikut menegang. Sehingga, lama-kelamaan tubuh menjadi pegal.

3. Penumpukan asam laktat
Asam ini bisa menumpuk di dalam otot seseorang saat membutuhkan banyak energi. Kondisi ini biasanya terjadi setelah berolahraga atau beraktivitas berat. Ini bisa menyebabkan badan mudah pegal dan nyeri.

4. Kelainan otot
Pegal dan nyeri tubuh bisa disebabkan oleh kelainan otot, seperti kram, keseleo, dan fibromyalgia atau gangguan otak menerima sinyal rasa sakit yang ditandai dengan nyeri muskoskeletal (tulang dan otot) serta peradangan otot.

5. Mengonsumsi obat
Obat antikolesterol seperti statin (atorvastatin, fluvastatin, lovastatin, pravastatin, rosuvastatin, dan simvastatin) misalnya, memiliki efek samping yang membuat badan pegal.

Kalau Kamu merasa pegal atau nyeri tubuh, ada sejumlah hal yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasinya. Kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri, melakukan stretching, berenang, dan pijat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2  +  7  =